Supermoon 2013


Tanggal 26 juni kemarin ngga sengaja lihat timeline jam 2 pagi, ternyata semua orang lagi pada ngetweet tentang supermoon. Terakhir saya lihat supermoon adalah tahun 2011 ( supermoon 2011 ) waktu itu kebetulan lagi di Bandung dan benar saja supermoon 2011 di Bandung jauh lebih fenomenal, bulan pada waktu itu jauh lebih bercahaya. Sayangnya hanya sempat foto pakai camera blackberry.

Tiga tahun berselang saya dapat kesempatan lagi untuk melihat supermoon, walaupun kali ini tidak sedasyat supermoon 2011 di Bandung. Tapi saya lebih prepare karena kali ini saya berada di rumah lengkap dengan Olympus SP 810 UZ superzoom, waktu pertama kali supermoon 2011, setahu saya ini kejadian 18 tahun sekali? Kenapa baru tiga tahun bisa muncul kembali?

Tidak sia-sia jam dua pagi bertengger di atap rumah, saya bisa dengan jelas melihat permukaan bulan dengan superzoom olympus. Sekali lagi sama seperti supermoon 2011 nampaknya orang-orang Indonesia memang kurang antusias dengan science, amat sangat menyedihkan padahal dibelahan dunia lain belum tentu bisa melihat bulan sedekat ini. Ya apa mau dikata orang indon memang cuma mikirin kapan kawin bukan kapan ke bulan?.

Supermoon pertama tahun 2011 cuma bisa desperate pake camera blackberry, supermoon kedua tahun 2013 amin bisa dengan jelas lihat pakai camera olympus superzoom. Target saya untuk supermoon berikutnya adalah membeli teleskop, sudah lihat list harganya ternyata affordable. Saya kira harganya selangit tahu begitu dibeli dari dulu dan untuk berikutnya siapa tahu bisa ke bulan. Hey before first step we must dare to dream right!



Baca Juga : Supermoon 2011 
Baca Juga : Supermoon 2012 

2 comments: