Lensa Nikon D3100 Tidak Bisa Auto Fokus

Waktu pertama kali beli nikon D3100 pasti dikasih starter kit yakni body dan lensa 18-55 AF-S DX NIKKOR. Nggak berapa lama setelah membeli, gua menemukan kejanggalan pada lensa NIKKOR 18-55 ini karena lensa tidak mau fokus tiap kali mau bikin foto dengan background blur. Kalau dipindah dari viewfinder ke lcd, tetap saja tidak mau ngelock fokus, selalu berwarna merah nggak bisa hijau. Padahal automatic fokus udah diklik begitu juga dengan VR. Sampai direstrat ulang pun tetap NIKKOR 18-55 AF-S ini nggak bisa auto fokus. Kebetulan yang beli bokap jadi waktu itu sepertinya memang tidak dicoba dahulu.  Dan setelah dikroscek ke beberapa orang, makin pastilah gua kalau NIKKOR ini memang tidak bisa auto fokus.


Untungnya nikon D3100 ini masih garansi jadi begitu dibawa ke counter dan dicek positif rusak, langsung dikirim kembali ke nikon pusat untuk diperbaiki. Kata counternya sih, "NIKKORnya rusak karena ngebukanya nggak rapi." Maksudnya waktu lepas lensa nggak ngerti getuh cara bukanya, jadinya berimbas pada rusaknya auto fokus.

Proses service NIKKOR nggak lama kok, cuma makan waktu seminggu kemudian lensa kembali berfungsi seperti semula dan bisa auto  fokus. Susahnya kalau pakai nikon, adalah lensanya yang rawan banget. Sebab nggak seperti canon yang motornya ada dibody, nikon malah kebalikan, body nggak ada motornya tapi ada dilensa. Imbasnya setiap lensa nikon lebih mahal dari pada canon, juga kalau service NIKKOR udah pasti lebih mahal.

Makanya buat beginner kalau mau buka lensa nikon itu harus hati-hati, salah sedikit berimbas pada kerusakan di dalam yang nggak terditeksi sampai pada memfoto dan tahu-tahu hasilnya nggak bisa maksimal.

2 comments:

  1. Hai kak, mau tanya nih dulu benerinnya kena biaya berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan dulu masih garansi, jadi gratis.

      Delete