Review Komplit HP Mini 210 si Kecil Yang Praktis Tapi Panas

Review Komplit HP Mini 210 si Kecil Yang Praktis Tapi Panas


Berhubung butuh yang ringkas dan praktis makanya saya pilih netbook. Toh kerjaan saya juga mobile banget, nggak bisa  bawa-bawa laptop gede gambreng berat dan rempong. Setelah beberapa lama bertapa akhirnya pilihan jatuh pada HP mini 210 yang baru aja di launching januari 2010 kemaren, so this is the review.


Desain dan dimensi

Walaupun dimensinya kecil tapi keyboardnya lapang banget, tutsnya segede gambreng jadi kalau ngetik enak. Tapi hal ini mengakibatkan pengorbanan beberapa tuts yang biasa ada di keyboard laptop ukuran konvensional dihilangkan. Serta ruang untuk bahu tangan kecil sekali dan yang paling menggangu adalah touchpadnya yang berbentuk melebar. Jadi kalau kita ngetik sering banget kursornya kabur gara-gata tangan kita ngga sengaja nyentuh touchpad, saking sempitnya ruang buat bahu tangan. 


Ini adalah hal yang paling aneh! di HP mini 210 ini terdapat tuts yang tulisannya samar-samar seperti mau di hapus tapi ngga jadi. Yakni tombol F dan Pause yang satu tuts dengan shift kiri, serta tombol Fn yang terletak di antara ctrl dan windows, sama sekali ngga berfungsi. Kalau di laptopkan tombol Fn itu shortcut untuk brightness, volume sambil di pencet icon masing-masing. Nah untuk HP mini brightness, volume dll langsung aja pencet tuts iconnya, terus tombol Fn ini apa dong fungsinya?

Jeroan

Procesornya pake intel atom N475 (1,83 GHz ,1Gb cache) padahal kalo gua cek di blog laen rata-rata masih pake N450 dan cachenya 512 kb, nah lo gua juga bingung dah. Tapi performanya sih gua bilang ok banget cepetlah dengan catatan gua pake windows Xp dan seluruh fiturnya (themes, animated dll) di aktifkan, Suaranya emang standar namanya juga netbooklah kaga pake speaker yang gede kaya laptop, tapi gua tetep bingung di mana letak speakernya. Untuk maen game (standar bukan grafik berat) video dll, masih bisa di andalkan kalau mau lebih cepet tinggal tambah memori aja. Sayang banget kalau HP mini ini kapasitas hardisknya cuma 160 GB padahal netbook lain udah sampe 250 GB, mungkin biar harga jualnya murah. Tapi si penjual di toko bilang ke gua kalau hardisk bisa di tambah sampai 320 GB, tapi kudu bongkar bodi makanya di sarankan nambah pas masa garansi dua tahun udah habis.

Layar

Layarnya udah full LED jadi betah dan enak di mata kalau nonton film dan video, walaupun belon HD tapi lebih dari pada lumayan. HP mini ini juga selain bisa pake OS windows bisa pake linux bahkan di blog lain udah ada yang mengklaim kalau HP mini bisa di instal mac OS karena driver-drivernya terpisah dari sistem OS. Sayangnya HP mungil ini minus bluetooth, jadi kudu beli terpisah tapi hari gini harga bluetooth udah murah banget 30 rebu juga dapet. Asal tahu aja kalau mo beli HP mini bisa lebih mutah dari harga kisaran yakni 2,8 jutaan, kalau lo beli yang bodong aka tanpa OS jadi tinggal pinjem cd windows temen aja terus instal sendiri. dengan begitu bisa hemat sampai 300 ribu loh, so tinggal merogoh kantong sebesar 2,5 juta aja.  



Kelemahan 

Kelemahan terbesar HP mini 210 adalah backcovernya tanpa lubang ventilasi, padahal HP mini 210 cepat sekali panas. Kalau backcover punya lubang ventilasi bisa diakali dengan coolpad ataupun jika berada di ruangan ber ac maka ngga akan terlalu panas. Dari buku petunjukanya bisa diliat kalau backcover ini bisa dicabut supaya gambah nambah memori, dan di tulis jelas bahwa membuka backcover ngga akan bikin garansi resmi angus. Tapi sialnya backcover ini di tempeli dua sticker masa garansi di sudut depan yang udah pasti kalau ngebuka langsung robek, nah loh gua jadi bingung lagi dah.


Tombol on-nya bukan tuts tapi semacam engsel personally gua sih ngga ada masalah, tapi engsel on ini keliatan jadul banget masih lebih keren tuts.

Nah dua buah ventilasi ini fungsinya apa ya? speakerkah atau emang cuma ventilasi aja tapi yang jelas bukan airwall aka tempat pembuangan panas ituloh kalau di laptop yang bunyi hush terus ada anginnya kaya kipas.


Ini dia lobang anginnya tapi hembusannya ngga terlalu kuat, kalau di pegang kerasa banget panasnya. Lebih mirip ventilasi dari pada airwall ataupun kipas. No wonder nih netbook panas banget. Kapsitas baterai bawaan sih 3 cell so bisa berjuang hidup selama 5 jam-an, lagi-lagi gua di buat bingung karena di box penjualan (liat gambar paling bawah) ada stiker putih gede yang jelas banget tulisanya " free upgrade 6 cell battery Penjelasan dimana dan bagaimana upgradenya sama sekali ngga ada...doh??????

Overall

Overall saya nggak berani bilang ini netbook terbaik, sekalipun keluaran HP serta pake procesor intel atom terbaru yang cepet dan hemat energi, tapi gua berani bilang kalau HP mini 210 ini adalah best value. Dengan harga cuma 2,8 juta lo bisa dapetin kualitas netbook terbaik, satu-satunya rival adalah sony viao serta samsung itupun harganya dua kali lipat. Kalau mau cari di kisaran harga yang sama cuma ada pemain lokal kaya Byon serta si cepat rusak Acer One, so pas banget kalau HP mini dapet best value netbook.

Spesifikasi Umum:

  • Intel® Atom™ Processor N450 (1.66 GHz, Cache 512 KB)
  • Chipset Intel NM10
  • Standard Memory 1 GB DDR2 SDRAM PC-6400
  • Max. Memory 2 GB (1 DIMM)
  • Video Type Intel® GMA 3150 256 MB (shared)
  • Display Size 10.1″ WSVGA LED (1024 x 600)
  • Hard Drive Type 160 GB SATA 5400 RPM
  • Network Speed 10/100 Mbps
  • Wireless Network Protocol IEEE 802.11b, IEEE 802.11g
  • Keyboard Type QWERTY 86 keys
  • Card Reader Provided 5-in-1 Reader for SD/MMC/MS/MSPro/xD cards
  • Interface Provided 3x USB 2.0, VGA, LAN, Audio
  • Webcam Yes
  • O/S Provided None
  • Battery 3-cell
  • Dimension (WHD) 26.8 x 2.83 x 17.8 cm
  • Weight 1.22 kg




Reactions

Post a Comment

13 Comments

  1. tombol fn itu buat ngaktifin f1,f2,f3,dll
    FYI dua lubang itu speakernya gan, di hp ane speakernya kenceng amir gAN . . .

    ReplyDelete
  2. tombol fn itu buat ngaktifin f1,f2,f3,dll
    FYI dua lubang itu speakernya gan, di hp ane speakernya kenceng amir gAN . . .

    ReplyDelete
  3. Saya baru beli laptop mini hp tp battery dah rusak ..kira kira klo ganti baru berapa ya harganya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buset barang ampir 10 tahun lalu masih dibeli? Klo baterainya banyak di toko online kek tokopedia murah kok yang kw.

      Delete
  4. Bg notebook gwa yg 110 ram bawaan cmn 1gb, klok di upgrd kira" bisa nambah brapa bg

    ReplyDelete
  5. Postingan lama tapi pas bngt gw butuhin krn lagi buka netbook ini.btw baterei nya emang bisa diganti ya?dijual di pasaran?ini kan oake windows 7,enakan mana XP atau windows 7.gw beli th 2010 hehehe tapi masih ok selain batereinya.mau gw pake buat ponakan sekolah daring pake google meet atau micrisoft teams gitu,masih compatible ga sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baterai bisa dilepas, jadi bisa diganti cuma mentok di win 7. Google meet masih bisa kalau instal apps microsoft teams di win 7 gak yakin lancar, paling aman kudu buka via web.

      Delete
  6. Hello,gw beli netbook ini 2010.tapi masih ok sih selain batereinya.mau dipake buat ponakan daring pake google meet,ms teams,masih compatible ga sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya sih masih bisa karena, itu semua online cuma ngandelin jaringan wifi aja.

      Delete
  7. Bagian dalam itu ada slot yg kosong dekat slot wifi itu slot apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anjrit ini tulisan tahun 2012, barangnya aja udah gak tahu kemana?

      Delete
    2. nih gan ane ada dapet rongsokan dr konter hp temen, tinggal tancap hdd n ganti lcd jg dapet dr tempat sampah sepupu nih udah bisa angetin ruangan yg dingin dah

      Delete