Review Samsung Tab A7 Lite Setelah 1 Tahun Pemakaian

Review Samsung Tab A7 Lite Setelah 1 Tahun Pemakaian

Review  Samsung Tab A 7 Lite/ RAM 2-4GB/ OS Android 13/ Kamera 8MP+VGA/Harga Rp 2.600,000 Dari awal tahun lalu, saya udah beli Samsung Tab A7 Lite ini buat kerja dan harganya lumayan banget. Sekitar 2,8 atau 2,6 lupa dah pokoknya awal-awal keluar. Keperluannya memang buat kerja, sebagai alternatif pengganti laptop yang ribet di bawa kemana-mana. Nah, setelah satu tahun pake Samsung Tab A7 Lite ini, begini kesannya atau reviewnya.


Design dan layar

Soal build in kualitas jangan diragukan dah, designnya simpel tapi elegan. Kelihatan Samsung banget dan gak murahan. Layar selebar 8 inch TFT LCD bening banget buat dipake nonton pelem dan Netflix, suaranya stereo mantap dah. Pokoknya untuk urusan entertaiment Samsung Tab A7 Lite ini juara. 

Gak support stylus

Sayangnya layar TFT capasitive ini gak suppot stylus, mau beli stylus apapun itu beneran gak worth it. Beli yang palm rejection pun tetep aja ngak enak, responnya selalu delay. Beli yang karet buat layar capasitive sama aja, tetep respon delay. Nulis aja gak enak apa lagi dipaksa buat gambar.

Baca Juga : Review Advan Vandroid i Lite i7U Tab Murah

Performa

Terus buat kerja gimana? Terus terang saya rada kecewa karena, Samsung Tab A7 Lite ini lemot banget, perpindahan antara aplikasi lama beud! Belum lagi sering force close. Apalagi waktu saya beli awal-awal itu masih UI 4 yang mana gak intuitif buat Tab A7 Lite ini. Ngerjain di Google Slide sering force close juga, hadeuh ini Tab padahal brand Samsung dan tergolong mahal.

Rada syedih sih dari 4Gb Ram plus dalam kondisi stanby aja udah kepake 1,9Gb dan nyisa 824 Mb. Masih rada bingung kenapa UI sama OS di tab ini makan Ram gede banget sementara di handphone Ram 4Gb tuh aman banget, gak nyisa cuma segini?

Lemot dan sering crash

Awal-awal dipake kerja dengan UI 4 sumpah gak enak banget, bayangan aja UI buat satu tangan dipaksa di tab 8 inch, plus UI ver 4 ini sering crash! Pokoknya belajar sabar dah pake Tab A7 Lite ini. Sampai itu akun Samsung international dan Samsung Indo, setiap hari saya mention gegara kelemotan Samsung Tab A7 Lite ini.  

Harus upgrade dan aktifin ram plus

Gak lama Samsung Tab A7 Lite ini dapet upgrade ke android 13 dan Samsung UI 5. tadinya gak ngarep banyak sih, paling juga tampilan aja. Tapi, ternyata UI 5 di Samsung Tab A7 Lite ini beda sama di handphone, dia dibuat khusus untuk Tab. Tombol home yang tadinya seperti di tengah seperti handphone, bergeser ke kanan terus, tampilan setting disesuaikan supaya bisa nampil dalam satu layar. Pokoknya UI 5 di Tab ini beda sama versi handphonenya.

Baca Juga : Review TREQ Basic 2K, Tablet Kitkat 400 Ribuan

Waktu otak-atik UI 5 di Samsung Tab 7A Lite ini saya sadar kalau selama ini, ram yang dipake cuma 2Gb jadi Ram plus gak diaktifkan. Pantes aja lemot dan sering force close! Ternyata Samsung Tab A7 Lite ini bisa Ram plus sampai 4Gb. 

Kinerja UI 5 dan Ram 4Gb bisa dibilang jauh lebih baik, perpindahan antar apps sekarang lancar walau gak cepet dan force close gak ada. Namun, pernah UI yang force close itu cuma sekali sih. Emang Ram yang pas buat android dan UI di tab itu, minimal 4-6Gb. Sekarang enak banget dipake kerja walaupun Samsung Tab A7 Lite ini gak punya fitur Samsung Dex tapi, masih bisa diakali dengan menginstal apps taskbar.  

Baca Juga : Kenapa Foto Terhapus Sendiri di Samsung Seri A?

Emang sih  baru enak kepakai setelah beberapa lama dapet upgrade UI 5 tapi, masih worth it lah. Jadi kalau beli Samsung Tab A7 Lite 4G ini jangan lupa buru-buru di upgrade ke UI 5 dan aktifkan fitur Ram plus ke 4Gb. Baru-baru ini keluar versi wifi only dengan chipset yang lebih rendah dan harga yang terpaut lumayan jauh sekitar 1,7 saja.  


 


Reactions

Post a Comment

0 Comments