Kenapa Foto dan Video Terhapus Sendiri di Samsung Seri A?

Kenapa Foto dan Video Terhapus Sendiri di Samsung Seri A?

Saya sudah dua kali mengalami foto-foto yang disimpan dalam memori internal tiba-tiba saja terhapus? Dan dua-duanya dari handphone Samsung. Yang pertama saat pakai Samsung A11 tiba-tiba semua foto di mempri internal hilang? Nggak ada di trash dan nggak di hidden, belum lagi ada masalah ketika foto nggak bisa disave dalam memori internal? Dan yang kedua saat pakai Samsung A23 tiba-tiba saja charging mentok di 41% dan ketika dicek foto-foto di galeri yang tersimpan dalam memori interhal sudah terhapus.

foto hilang di galeri samsung

Foto hilang di galeri A11

Saya sempat kesal saat tahu Samsung A11 ini mengalami kendala nggak bisa save foto di internal dan pas dicek, ternyata semua foto-foto yang tersimpan dalam dalam berbagai folder sudah hilang! Tadinya saya pikir ada yang breach ke dalam Samsung A11 ini karena handphone seharga satu juta ini dibeli second dari toko oren. Setelah diperiksa dengan seksama ternyata penyebabnya adalah card holder magnetic yang saya pakai di belakang case. Begitu card holder magnetic ini dilepas, bisa save foto dalam memori internal namun, semua foto yang terhapus nggak bisa dikembalikan!

Baca Juga : Cara Hapus Bloatware Redmi

Foto hilang di galeri A23

Samsung A23 ini dibeli gress seharga 3,6 juta dari era phone waktu pertama kali keluar tahun 2022. Setelah hampir setahun tiba-tiba saja kemarin Samsung A23 ini mentok charging di 41% direstart berkali-kali pun tetap sama, cek device care sama sekali ngga ngaruh! Lalu saya coba copot case dan berhasil charging di atas 41% namun saat kembali dipasangkan case kembali mentok nggak bisa nambah! 

Lumayan bikin frustasi, mana ini handphone baru yang tergolong mahal! Masa belum setahun udah ada masalah charging! Akhirnya saya perhatikan case siapa tahu bikin panas? Ternyata sama sekali nggak dan case ini sudah lama dipakai, pas mau dipasang sim injector yang selalu tersimpan dibalik case jatuh dan nggak ikut terpasang. Ternyata Samsung A23 kembali normal! Bisa charging di atas 41% dong. 

Baca Juga : Kesan Pertama Pakai Galaxy S6 Edge

Udah happy aja tuh, bisa ngecharge lagi namun pas saya lihat galeri ternyata semua foto-foto yang tersimpan di dalam memori internal sudah terhapus bersih. Tinggal foto-foto yang tersimpan di sd card saja? Saya cek trash dan hidden album sama sekali nggak ada. Ternyata semua foto dalam memori internal langsung terhapus, folder screenshots, folder lightroom bahkan berbagai gambar serta video yang disave dari sosial media juga terhapus.

Gak boleh ada besi nempel di belakang Samsung?

Kalau kasus A11 saya masih bisa memaklumi karena, pakai card holder magnetic yang nempel di belakang sudah pasti unsur magnetnya bakalan berimbas langsung ke dalam mesin handphone. Tapi, untuk kasus A23 kok bisa besi sim injector sekecil itu berimbas sama charging dan penyimpanan? Apa karena tersimpan rapat dalam case sehingga pas rada panas, ada efek tertentu pada mesin handphone?

 Seri A pakai memori eMMC 5.1      

Setelah saya share di forum Samsung ada yang berpendapat kalau ini karena, seri A pakai memori eMMC 5.1 walaupun nggak jelas apa hubungan  eMMC 5.1 sama magnet dan besi. Tapi kalau dilihat dari bentuknya yang mirip sama MMC emang rawan banget kalau sampe deket magnet. Tapi, sekali lagi kalau deket logam nggak ngerti dah. 

baca Juga : Beli Amazfit Band 7 Gegara Fomo

Kalau sudah terhapus apa bisa dikembalikan? Jawabnya sama sekali nggak! Bener-bener full erase dan nggak ada jejaknya sama sekali. Satu-satunya solusi adalah dengan selalu save di sd card atau mengaktifkan auto back up ke google photos. Saya pilih  auto backup saja ke google foto dengan membayar 26,900 rupiah perbulan. Ini jauh lebih aman ketimbang simpan di SD card lagi pula dengan memori 128Gb buat apa lagi punya sd card?

Reactions

Post a Comment

0 Comments