Pilih Mana Samsung Galaxy S6 Atau S6 Edge? Review Android 12 Juta Rupiah!

Review Samsung Galaxy S6 Dan S6 Edge/16 MP Camera/Layar Full HD/  Samsung Galaxy S6 Rp 12.000.000 -Samsung kembali mengeluarkan flagship terbaru dari varian smartphone galaxy. Namun, kali ini samsung mengeluarkan flagship highend galaxy, nggak tanggung-tanggung harga galaxy terbaru yang diberi nama S6 dan S6 Edge ini seharga satu buah motor, atau Rp 12 jutaan! Ini menandakan era baru seri galaxy high class setelah sebelumnya galaxy high end dipegang oleh seri galaxy note. Terus buat apa samsung mengeluarkan dua seri sekaligus? copy paste kah dengan apple yang mengeluarkan apple 6 ukuran 5 dan 6 inch? Terus apa hebatnya sih smartphone android seharga motor ini? Beruntung gue sempet icip-icip kedua seri S6 selama tiga hari, lumayan bisa pegang handphone mahal sebentar. Mari kita cek kedua seri galaxy ini:

Design

Samsung galaxy S6 Edge dan S6 saja! Ini punya bentuk yang hampir mirip cuma pembedanya terletak pada pinggiran galaxy S6 Edge yang melengkung sementara S6 saja tidak. Terus terang gue rada bingung dengan fungsi pinggiran kanan dan kiri yang melengkung ini untuk apa? Cuma untuk sensasi semata sajakah? Namun, galaxy S6 Edge lebih enak digenggam dari pada S6 saja.

Material kedua smartphone yang cuma bisa dibeli orang tajir ini adalah metal, bukan plastik! Sayang warna kedua seri ini metalik, supaya siapa pun yang make bisa eye catching dan out standing in the crowd. Lebih disayangkan metal kedua seri S6 ini super sangat licin dan gampang meninggalkan sidik jari, plus bahan metalik ini dirancang agar punya fungsi lain menjadi cermin, yang ada malah mantulin semua cahaya dan bikin ngilu mata. Mungkin hal ini yang bikin S6 dilirik semua orang di kerumunan.

Kendati begitu seri galaxy S6 super ramping bahkan sama langsing dengan motorolla vraz yang legendaris. Hebatnya walau langsing galaxy S6 dan S6 Edge sudah unibody, artinya baterai dan segala rupa menempel menjadi satu bagian seperti macbook aka nggak bisa dibuka bagian belakangnya. Untuk urusan simcard  dengan terpaksa kudu membuka di bagian pinggir dengan mencolok pakai jarum, ribet sih tapi apa daya.

Baterai dan Layar

Untuk urusan layar baik S6 maupun S6 Edge sama-sama amoled dengan 5,1 inches dan 16 juta warna, bikin mata betah liat apapun yang nampil di layar. Tapi anehnya pas gue bandingkan galaxy S6 Edge jauh lebih terang dari pada S6 saja? Padahal kontras kedua layar sudah diset maksimum loh. Jadi berdasarkan ini, menurut gue layar S6 Edge jauh lebih baik.

Untuk urusan baterai galaxy S6 Edge dipersenjatai dengan 2600 mAh sementara S6 saja 2550 mAh, lagi-lagi ada yang aneh, karena setelah seharian diuji dengan intensitas yang sama. Galaxy S6 Edge yang punya kapasitas baterai lebih besar, justru yang paling cepat habis sementara S6 saja malah awet! Gue nggak ngerti dimana salahnya? dan untuk klaim di iklan yang bilang fast charging terbukti hanya isapan jempol, karena S6 Edge justru lama banget chargingnya sementara S6 saja malah jauh lebih cepat. Lagi-lagi gue nggak ngerti dimana salahnya?

OS and Hardware

Kaga ada yang beda baik S6 Edge maupun S6 saja, keduanya sama-sama lolipop 5.0.2 dengan chipset exynos 7420, CPU quad core, GPU mali- T60MP8. Soal kinerja dan multi tasking bak pinang dibelah dua, sama-sama gesit dan mampu membuka apapun, bahkan game HD serta film bluray lancar jaya. 


Nah, lagi-lagi ada keanehan pas atutu benchmarking. Dengan jeroan yang sama kenapa hasilnya berbeda? Hasil untuk S6 Edge 70842 lebih tinggi dari pada S6 saja 68030, bahkan gue tes dua kali hasilnya sama S6 Edge lebih tinggi. Bahkan ketika gue compare di atutu, samsung galaxy S6 Edge adalah yang tertinggi di antara semua smartphone android dengan S6 saja di posisi dua! Gile ini smartphone paling kenceng brooooo!!! 

Camera

Lagi-lagi nggak ada perbedaan dari segi kamera, dengan 16 MP serta segudang fitur canggih S6 Edge dan S6 saja menghasilkan foto dengan detail yang sangat baik. Foto di atas menggunakan auto HDR, mampu mengubah saturasi dan exposure secara otomatis hingga menghasilkan foto terbaik. Sedang kamera depannya sudah 5 MP, bikin selfie tambah puas tuh. Sedangkan video sudah HD dengan 2160@30fps!

Overall

Kalau ditanya pilih mana? Justru gue bingung karena cuma beda di layar sama baterai saja. Sementara bentuk S6 Edge yang melengkung, gue rasa bukan kelebihan cuma cari sensasi doang. Kalau kata gue sih, S6 Edge ini dibuat untuk profesional om-om sementara S6 saja untuk anak muda gaul. Atau S6 Edge untuk perempuan karena lebih feminim dengan lengkunganya sementara S6 saja untuk pria.  Ujungnya ya, tergantung selera sih.

Satu lagi yang bikin gue mikir, apakah samsung galaxy S6 Edge dan S6 ini mampu jadi saingan iphone 6? Karena rentan harga yang nggak terlalu beda. Jawabanya secara kinerja adalah iya banget! Samsung galaxy S6 Edge dan S6 ini bisa apple to apple cuma kalau dari segi design sih, samsung S6 Edge dan S6 dengan pinggiran melengkung dan metal ngejreng metalik ini alay mampus! Masih lebih elegan design iphone 6. 

Tapi overall samsung galaxy S6 Edge dan S6 saja adalah smartphone terbaik saat ini dipasaran dan harga Rp 12 jutaan is worth it! 


4 comments:

  1. Aku dah nyoba nih di gerai samsung dN entah mengapa aku kurang suka yang S6 edge...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sis, tergantung selera ujungnya.

      Delete
  2. Hardware totalnya gak berbeda, yang bedain cuma pinggiran, kan udah ditegasin di namanya, yang satu 'edge' yang satu 'polos' :D

    ReplyDelete
  3. Saya lebih selera ke samsung galaxy S6 Edge hehe

    ReplyDelete