Review komplit HP mini 210 si kecil yang praktis tapi panas


Dua hari yang lalu gua baru aja membanting Acer timeline 4810T gua, tuh laptop murahan sering banget crash. Tambah sialnya ternyata gua baru tahu kalau Acer itu adalah singkatan dari Awas CEpet Rusak!, setelah layar timeline keparat retak. Mau ngga mau kudu beli baru dan pastinya ogah beli merk Acer lagi cuh....., berhubung gua butuh yang ringkas dan praktis makanya gu pilih netbook. Toh kerjaan gua juga mobile banget, ngga bisa gua bawa-bawa laptop gede gambreng berat dan rempong. Setelah beberapa lama bertapa akhirnya pilihan gua jatuh pada HP mini 210 yang baru aja di launching januari 2010 kemaren, so this is the review.

Paket penjualannya boleh di bilang ok banget dengan harga 2,8 juta aja packeging boxnya menawan eh dikasih laptop case juga loh.


Nah selain free laptop case, kita juga dikasih dua colokan kabel yang berbeda. Tapi sialnya ngga satupun yang bisa di solok ke colokan listrik di Indonesia, jadi lo kudu beli sambungannya lagi. Tapi murah ko cuma 10.000 aja.


bentuknya elegan dengan sayangnya cuma satu warna yakni hitam, coba kalau ada warna lain tambah laris dah. Ukurannya sendiri ngga beda jauh dari buku, hello namanya juga netbook.


Tebalnya cuma 4 cm dan beratnya hanya 1,2 kg gile entengkan.

Walaupun dimensinya kecil tapi keyboardnya lapang banget, tutsnya segede gambreng jadi kalau ngetik enak. Tapi hal ini mengakibatkan pengorbanan beberapa tuts yang biasa ada di keyboard laptop ukuran konvensional dihilangkan. Serta ruang untuk bahu tangan kecil sekali dan yang paling menggangu adalah touchpadnya yang berbentuk melebar. Jadi kalau kita ngetik sering banget kursornya kabur gara-gata tangan kita ngga sengaja nyentuh touchpad, saking sempitnya ruang buat bahu tangan.

Ini adalah hal yang paling aneh! di HP mini 210 ini terdapat tuts yang tulisannya samar-samar seperti mau di hapus tapi ngga jadi. Yakni tombol F dan Pause yang satu tuts dengan shift kiri, serta tombol Fn yang terletak di antara ctrl dan windows, sama sekali ngga berfungsi. Kalau di laptopkan tombol Fn itu shortcut untuk brightness, volume sambil di pencet icon masing-masing. Nah untuk HP mini brightness, volume dll langsung aja pencet tuts iconnya, terus tombol Fn ini apa dong fungsinya?

Procesornya pake intel atom N475 (1,83 GHz ,1Gb cache) padahal kalo gua cek di blog laen rata-rata masih pake N450 dan cachenya 512 kb, nah lo gua juga bingung dah. Tapi performanya sih gua bilang ok banget cepetlah dengan catatan gua pake windows Xp dan seluruh fiturnya (themes, animated dll) di aktifkan, Suaranya emang standar namanya juga netbooklah kaga pake speaker yang gede kaya laptop, tapi gua tetep bingung di mana letak speakernya. Untuk maen game (standar bukan grafik berat) video dll, masih bisa di andalkan kalau mau lebih cepet tinggal tambah memori aja. Sayang banget kalau HP mini ini kapasitas hardisknya cuma 160 GB padahal netbook lain udah sampe 250 GB, mungkin biar harga jualnya murah. Tapi si penjual di toko bilang ke gua kalau hardisk bisa di tambah sampai 320 GB, tapi kudu bongkar bodi makanya di sarankan nambah pas masa garansi dua tahun udah habis.

Layarnya udah full LED jadi betah dan enak di mata kalau nonton film dan video, walaupun belon HD tapi lebih dari pada lumayan. HP mini ini juga selain bisa pake OS windows bisa pake linux bahkan di blog lain udah ada yang mengklaim kalau HP mini bisa di instal mac OS karena driver-drivernya terpisah dari sistem OS. Sayangnya HP mungil ini minus bluetooth, jadi kudu beli terpisah tapi hari gini harga bluetooth udah murah banget 30 rebu juga dapet. Asal tahu aja kalau mo beli HP mini bisa lebih mutah dari harga kisaran yakni 2,8 jutaan, kalau lo beli yang bodong aka tanpa OS jadi tinggal pinjem cd windows temen aja terus instal sendiri. dengan begitu bisa hemat sampai 300 ribu loh, so tinggal merogoh kantong sebesar 2,5 juta aja.  

Kelemahan terbesar HP mini 210 adalah backcovernya tanpa lubang ventilasi, padahal HP mini 210 cepat sekali panas. Kalau backcover punya lubang ventilasi bisa diakali dengan coolpad ataupun jika berada di ruangan ber ac maka ngga akan terlalu panas. Dari buku petunjukanya bisa diliat kalau backcover ini bisa dicabut supaya gambah nambah memori, dan di tulis jelas bahwa membuka backcover ngga akan bikin garansi resmi angus. Tapi sialnya backcover ini di tempeli dua sticker masa garansi di sudut depan yang udah pasti kalau ngebuka langsung robek, nah loh gua jadi bingung lagi dah.
Tombol on-nya bukan tuts tapi semacam engsel personally gua sih ngga ada masalah, tapi engsel on ini keliatan jadul banget masih lebih keren tuts. 
Nah dua buah ventilasi ini fungsinya apa ya? speakerkah atau emang cuma ventilasi aja tapi yang jelas bukan airwall aka tempat pembuangan panas ituloh kalau di laptop yang bunyi hush terus ada anginnya kaya kipas.

Ini dia lobang anginnya tapi hembusannya ngga terlalu kuat, kalau di pegang kerasa banget panasnya. Lebih mirip ventilasi dari pada airwall ataupun kipas. No wonder nih netbook panas banget. Kapsitas baterai bawaan sih 3 cell so bisa berjuang hidup selama 5 jam-an, lagi-lagi gua di buat bingung karena di box penjualan (liat gambar paling bawah) ada stiker putih gede yang jelas banget tulisanya " free upgrade 6 cell battery Penjelasan dimana dan bagaimana upgradenya sama sekali ngga ada...doh??????



Overall gua ngga berani bilang ini netbook terbaik, sekalipun keluaran HP serta pake procesor intel atom terbaru yang cepet dan hemat energi, tapi gua berani bilang kalau HP mini 210 ini adalah best value. Dengan harga cuma 2,8 juta lo bisa dapetin kualitas netbook terbaik, satu-satunya rival adalah sony viao serta samsung itupun harganya dua kali lipat. Kalau mau cari di kisaran harga yang sama cuma ada pemain lokal kaya Byon serta si cepat rusak Acer One, so pas banget kalau HP mini dapet best value netbook.


Spesifikasi Umum:

  • Intel® Atom™ Processor N450 (1.66 GHz, Cache 512 KB)
  • Chipset Intel NM10
  • Standard Memory 1 GB DDR2 SDRAM PC-6400
  • Max. Memory 2 GB (1 DIMM)
  • Video Type Intel® GMA 3150 256 MB (shared)
  • Display Size 10.1″ WSVGA LED (1024 x 600)
  • Hard Drive Type 160 GB SATA 5400 RPM
  • Network Speed 10/100 Mbps
  • Wireless Network Protocol IEEE 802.11b, IEEE 802.11g
  • Keyboard Type QWERTY 86 keys
  • Card Reader Provided 5-in-1 Reader for SD/MMC/MS/MSPro/xD cards
  • Interface Provided 3x USB 2.0, VGA, LAN, Audio
  • Webcam Yes
  • O/S Provided None
  • Battery 3-cell
  • Dimension (WHD) 26.8 x 2.83 x 17.8 cm
  • Weight 1.22 kg






2 comments:

  1. tombol fn itu buat ngaktifin f1,f2,f3,dll
    FYI dua lubang itu speakernya gan, di hp ane speakernya kenceng amir gAN . . .

    ReplyDelete
  2. tombol fn itu buat ngaktifin f1,f2,f3,dll
    FYI dua lubang itu speakernya gan, di hp ane speakernya kenceng amir gAN . . .

    ReplyDelete