Pengalaman Steril Subsidi Untuk Kucing Betina

Empat bulan lalu pas PSBB tiba-tiba ada kucing betina calico yang masuk kamar, kucingnya sendiri kelihatan gak takut sama orang, malah santai minta makan. Akhirnya, saya bilang “besok datang lagi, soalnya gak punya makanan kucing nanti beli dulu.” Dan bener aja, besoknya kucing calico betina ini datang lagi dan semenjak hari itu, kucing ini udah resmi saya pelihara. Sialnya, ternyata kucing calico betina ini, dalam keadaan hamil dan lagi cari tempat beranak rupanya. Saya gak bisa ngapa-ngapain kecuali nunggu sampai kucing yang dikasih nama Memeng ini lahiran, mana pas lahiran brojol empat ekor pula kittennya.    

Kenapa harus steril?

Setelah nunggu empat bulan, sampai kitten si Memeng ini udah gak nyusu saya putuskan untuk langsung steril kucing. Kenapa? Karena udah ada dua pejantan yang ribut banget pengen kawin datang ke rumah, siang malem merong-merong ngeong kek orang gila.    

Terus, kalau si Memeng kawin lagi, anak-anaknya mau dikemanakan? Ini aja empat anaknya di rumah udah bingung, siapa yang mau nerima kucing kampung? Padahal anak-anaknya bagus banget gemuk dan lucu, makan ori cat, meo sama minyak ikan plus bersih dari kutu karena rajin dimandikan.  Soal budget makan sama urusan tokai lima ekor kucing jangan Tanya, gak ada orang rumah yang mau ngurus selain tentunya saya sendiri.

Steril dimana?

Saya memutuskan steril kucing subsidi di rumah steril malabar bogor yang mumer, dari lama sudah follow akun instagramnya. Untuk kucing betina lokal cuma 250 ribu tapi, karena saya mau beres saja alias antar-jemput, totalnya adalah 320 ribu dan itu masih jauh lebih murah dari pada ke pet clinic yang bisa 600-1 juta. Selain murah, steril kucing subsidi ini juga cepat banget. Si Memeng dijemput jam 6 pagi dan jam 1 siang sudah diantar pulang.  

Setelah disteril


Ini Memeng waktu balik dari rumah steril malabar bogor, gak bisa gerak, masih dalam efek bius. Kasihan sih tapi, malemnya udah bisa gerak walau goyang dan jatuh. 

Sebelum operasi steril subsidi kucing, dokternya pasti kasih beberapa syarat seperti, harus dipastikan dalam keadaan sehat, wajib di ear tip dan harus dipuasakan sebelum operasi.  Pastikan kamu memenuhi semua syarat tersebut karena, kalau gak bisa-bisa kucingnya bakal gak survive pasca operasi steril subsidi kucing.

Memeng dikembalikan dalam keadaan lunglai alias terbius, pertama kali lihat sih kasihan banget dan emang dasar kucing kampung yang barbar, dalam satu jam langsung bangkit dan jalan-jalan walaupun goyang dan jatuh terus, bener-bener gak bisa diem dan kasihan lihatnya. Selain itu, saya langsung pakein baju buat nutupin jahitan operasi steril subsidi kucing di perut, biar gak dilijat.

Malamnya udah bisa makan tapi, harus wet food yah bukan dry food dan, baru bisa pipis sama pup setelah dua hari. Selama tiga hari, ditaruh dalam kamar dan cuma makan wet food. Selain itu ada obat yang harus diminum sehari dua kali, selama satu minggu ini untuk kantung kemihnya.

Ini adaobat yang wajib diminum, sehari dua kali dan untuk satu minggu. Kalau dibaca sih untuk urusan kantung kemih.

Setelah tiga hari setelah steril subsidi kucing, udah normal lagi, bisa jalan-jalan dan pup seperti biasa dan memang ada yang beda. Memeng terlihat lebih kalem, dia gak aktif dan lebih banyak  tidur, selain itu makannya malah nambah terus, padahal dulu dikasih ori cat ogah-ogahan, malemnya suka ngalong dan balik bawa paha ayam entah dari mana? Sekarang lahap banget makan ori catnya.

Anehnya, empat hari setelah steril kucing subsidi, Memeng masih bisa produksi air susu? Empat kittennya masih bisa nyusu? Sampai bengong saya itu gimana bisa?  

Jahitan di perut Memeng setelah empat hari masih ada, katanya sih nanti copot sendiri makanya, saya masih pakein baju walaupun itu baju sekarang udah hancur lebur compang-camping, kena jilat, garuk dan dimainin kittennya yang penting jahitan aman gak copot.

Jangan takut steril kucing

Operasi steril untuk kucing betina jatuhnya operasi besar, jadi pastikan diperhatikan pasca steril. Usahakan senyaman mungkin untuk kucingnya sampai efek biusnya menghilang.

Jadi jangan takut buat steril kucing subsidi karena aman tapi, mohon diperhatikan kalau kucingnya betina sebab, operasi untuk kucing betina beda dengan jantan, untuk kucing jantan masuk operasi kecil sementara betina masuk operasi besar makanya kucing betina lebih mahal. Dan recovery untuk kucing betina juga lebih sulit dan beresiko, beruntung sekarang WFH makanya saya bisa urus Memenk secara maksimal sampai sembuh. 

Kalau sampai dua hari, kelihatan tetap lemas dan gak mau makan,  patut diwaspadai selain itu perhatikan pipis dan pupnya, apakah sudah normal? 

Baca Juga : Pentingnya Mensterilkan Hewan Peliharaan

Related Post

No comments:

Post a Comment

Follow by Email Untuk Ebook Novel Gratis

download untuk Gramedia digital best romance novel

Facebook Me

Join 1000+ subscribers

Blog Archive

VIVA ID

Tentang Energi Negatif di Rumah

Dari mana Energi Negatif di Rumah Kamu Berasal?

  Disclaimer Kali ini saya mau bikin rangkaian artikel tentang energi negatif di rumah sebab, punya pengalaman tentang hal ini dan ini ada...

Popular Artikel

Total Pageviews

Powered by Blogger.

.

.

Search This Blog