Facebook Me

Pengalaman Kucing Kena Feline Lower Urinary Tract Disase (FLUTD)

Kalau hidup di lingkungan kampungan ya begini, satu orang rumahnya cat hijau tiba-tiba tetangga banyak yang ikut cat rumah hijau. Termasuk pas ada orang pelihara kucing, pada latah orang-orang kampung belakang komplek rumah saya ikutan pelihara kucing. Parahnya, orang-orang kampung ini gak adopt atau rescue, melainkan beli kucing ras macam medium persia. Saya udah sering banget nemu kucing ras punya orang kampung belakang yang masuk rumah, setelah diperhatikan kucingnya dalam keadaan gak bagus. Kurus, bulu rotok dan tipis, jamuran serta kutuan.

pengalaman kena Feline Lower Urinary Tract Disase (FLUTD)

Dua minggu lalu ada kucing ras medium persia marble masuk rumah, pas diperhatikan ini kucing kok dalam keadaan amat sangat parah! Kurus banget, bulunya tipis, jamuran dan kutuan, di telapak kakinya banyak luka seperti terbelah? Saya selipin note di kalungnya, ditulis "ini kucing jamuran dan kutuan!" Selang seminggu kucing ini datang lagi minta makan, note di kalungnya udah gak ada? Tapi, keadaan kucing tetap sama! Saya gak pake mikir panjang, kucing yang dikalungkan dengan nama Milo ini langsung di rescue. Saya kasih makan, dimandikan, dikasih obat kutu dan jamur sama obat cacing. 

Baca Juga : Pengalaman pakai Animal Communicator

Selang dua minggu, lebih tepatnya kemarin malam si Milo ini muntah-muntah. Berlendir seperti dahak, saya pikir Milo masih cacingan, jadinya saya kembali kasih obat cacing dan dipipet wet food tapi, gak lama semuanya dimuntahkan kembali? Otomatis saya panik dan langsung ke vet.

Setelah diperiksa ternyata kena, Feline Lower Urinary Tract Disase (FLUTD) Milo gak bisa kencing karena kantung kemihnya penuh sama kristal. Ternyata orang kampung belakang yang pelihara Milo, demen banget kasih makanan murah yang tinggi fosfor, curiga makanan kucing kiloan yang murah banget. Terus ngapain lo miara persia kalau gak mampu beli pakan bagus? Parahnya, umur Milo baru dua tahun, jadi sedari kecil si Milo ini udah dicekokin makanan kucing murahan. Padahal kalau mau aman masih bisa beli ikan, tinggal di rebus mudah dan sehat.  jelaskan orang-orang kampung belakang komplek ini, emang gak ada otaknya!

Milo akhirnya harus dipasangin kateter dan saya kudu bawa dia buat berobat jalan selama empat hari sampai kateternya bisa dilepas. Selain itu, karena dari awalnya udah dikasih makanan murahan sampai kantung kemihnya penuh kristal, ginjal Milo juga rusak! Dengan kata lain mengalami penurunan fungsi dan ini sama sekali gak bisa disembuhkan cuma bisa dijaga. 

Baca Juga : Benci Kucing Ternyata Pengguna Ilmu Pengasihan

Berapa lama berobat?

Setelah dipasang kateter paling cuma seminggu seminggu, abis itu harus dateng lagi buat infus sama check up. Nah, infus sama check up ini rutin bolak-balik selama satu bulan. Kalau dalam jangka waktu satu bulan, gak ada apa-apa maka, check up jadi dua mingguan dan dalam jangka waktu dua mingguan tetap sehat kondisinya maka, langkah terakhir cek darah full bulan depan. Total lama berobat adalah dua bulanan. 

Berapa biaya berobat Feline Lower Urinary Tract Disase (FLUTD)

Awal check up, tes darah dan pasang kateter sampai keluarin semua kristal di kantung kemih si Milo kena 1,4 juta ini udah termasuk obat seminggu. Selanjutnya, rutin check up dan infus. Ini kadang kena 250 kadang juga 100 semakin sehat semakin sedikit obatnya dan makin murah juga. Nah, check up terakhir setelah dua bulan rutin datang itu, termasuk full check darah buat mastiin semua aman kena 600an. Kalau di total sih mungkin udah habis 2 juta sekian.  

Makanya kalau mau pelihara kucing ras tuh, pakai otak! Jangan cuma mau lucunya aja tapi, gak mikirin budget makan, budget berobat etc. Orang kampung belakang komplek juga gak ada yang cariin, padahal saya udah nunggu ada orang yang cari si Milo ini. Biar bisa diedukasi sama dikasih bill vet sebesar dua juta sekian. Pengen saya tempel itu semua bill ke muka owner si Milo btw waktu check up dokter hewan curiga getuh kalau si Milo ini mix sama Maine coon karena, ciri-ciri maine coon ada di si Milo. Saya langsung heran, gimana caranya orang kampung belakang komplek bisa punya mix Maine Coon? Gak heran umur dua tahun ginjal si Milo ini udah rusak, turunan Maine Coon dikasih makanan murah asal-asalan. 

Related Post

No comments:

Post a Comment

download untuk Gramedia digital best romance novel

Facebook

Blog Archive

Popular Artikel

Total Pageviews

VIVA ID

Ini Baru Loh

Dari mana Energi Negatif di Rumah Kamu Berasal?

  Disclaimer Kali ini saya mau bikin rangkaian artikel tentang energi negatif di rumah sebab, punya pengalaman tentang hal ini dan ini ada...

Powered by Blogger.

.

.
Protected by Copyscape Online Plagiarism Scanner

Subscribe Us

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *