Kenapa CPC Adsense Di Tahun 2017 Terjun Bebas?

Buat para publisher adsense pastinya tahu jika cpc atau bpk adsense selalu fluktuatif, kadang dapat cpc tinggi, tidak jarang pula mendapatkan cpc adsense rendah. Biasanya fluktuatif cpc adsense bisa dilihat dengan mudah, ketika semua pengiklan tutup buku pada akhir tahun dan awal tahun, bisa dipastikan saat itu cpc adsense akan berada di posisi terendah. Tapi di tahun 2017 ini terjadi sebuah anomali, sebab dari awal tahun cpc adsense mengalami penurunan, sampai bulan september ini cpc adsense tidak mengalami kenaikan, bahkan sudah 5 bulan saya mendapatkan cpc adsense berkisar dari 0,06 sampai dengan 0,01. Ini adalah cpc adsense terendah dan terlama yang pernah saya alami, biasanya cpc adsense rendah hanya beberapa hari saja, tidak pernah sampai berbulan-bulan. 

 Pasif income ini yang biasa payout setiap bulan pun, sekarang hanya kenangan saja, sebab dalam satu bulan, saya hanya mampu meraup $10! Kalau begini, dalam satu tahun dengan $10 belum tentu bisa payout. Berbekal hal ini saya pun melakukan riset dan menyambangi semua forum publisher, dan ternyata benar, bukan hanya di Indonesia namun, di seluruh dunia termasuk Amerika. Hanya saja penurunan cpc adsense di luar sana, tidak separah Indonesia yang bisa sampai 0,01! Hanya beberapa niche dengan keyword tinggi seperti asuransi dan investasi yang mampu mempertahankan cpc adsense, selebihnya jeblok ke lantai dasar.

Penyebab CPC Adsense Rendah Di Tahun 2017
Lalu apa yang menyebabkan cpc adsense terjun bebas sampai titik terendah di tahun 2017 ini? Ada banyak spekulasi, yang membuat Google memangkas harga iklan mereka dengan amat sangat afgan. Beberapa forum lokal menyebutkan jika salah satu penyebab utama mengapa cpc adsense terjun bebas adalah karena : 

1.Google tercyduk oleh dirjen pajak. Berkat maha dewi Sri Mulyani, google Indonesia terpaksa membayar pajak. Maka jangan heran sikap afgan google pada publihser Indonesia, ketika negara lain hanya mengalami penurun yang tidak signifikan, publisher Indonesia justru dihukum habis-habisan.

2.Terlalu banyak publisher licik. Konon katanya, google sudah gerah dengan para publisher Indonesia yang kerap main curang, mulai dari agc sampai arisan klik iklan.

3.Sistem baru. Kalau ini dari forum luar, katanya sih, google sedang merombak sistem iklan terbaru mereka, sehingga belum menemukan formulasi untuk menentukan cpc adsense yang pas. Hal ini pun diperkuat dengan munculnya native ads. Native ads sendiri bukan hanya iklan yang membaur dengan konten namun, iklan yang juga berasal dari pengiklan lokal. Makanya jangan heran kalau native ads isinya, krim pemutif, obat kuat sampai  obat penumbuh rambut.

4.Adsense Lab. Fitur baru ini sampai sekarang, tidak bisa digunakan oleh publisher Indonesia. Konon adsense lab, merupakan salah satu fitur untuk mengontrol dan membuat harga cpc adsense bersaing di blog kita. Adsense lab sendiri, menurut forum publisher luar, merupakan bagian dari sistem iklan baru yang sedang digagas google.

Ada satu hal yang semakin membuktikan semua hal di atas kemungkinan besar, betul adanya. Sebab saya sudah mencoba cara-cara umum untuk menaikan cpc adsense. Mulai dari, saluran khusus, blokir iklan ber-cpc rendah, pasang satu iklan sampai mengijinkan iklan berkonten dewasa, hasilnya nihil! Tidak ada satupun yang mampu menaikan cpc adsense. Hanya blog-blog berniche tertentu yang menunjukan respon, jika cara-cara ini berpengaruh pada cpc adsense.

cpc adsense terjun bebas

Adsense lab, sebagai salah satu bagian dari sistem iklan baru google selama berbulan-bulan tidak bisa diakses dan hanya menunjukan gambar "under maintenance" namun ketika tadi saya coba kembali, sudah terdapat menu "enable lab" dan "avialable lab" tapi belum bisa dipakai. Sehingga menurut saya, salah satu indikator cpc adsense akan segera membaik adalah, bisa dipergunakan fitur adsense lab ini.

Jadi kalau bingung dengan cpc rendah ini, padahal semua cara sudah ditempuh. Harap bersabar, menurut saya, google sedang menggodok sistem baru untuk adsense, walaupun waktu perencanaannya terlalu lama sampai banyak publisher gulung tikar. Rajin-rajinlah membuka dashboard adsense dan mengecek apakah adsense lab sudah bisa dipakai. Sembari menunggu google selesai berbenah, saya mencoba memperbaiki template, backlink dan kualitas konten. Sehingga ketika cpc adsense sudah kembali normal, blog ini siap tempur untuk mendapatkan earning semaksimal mungkin. Semoga saja google cepat menyelesaikan sistem iklan baru ini, sehingga saya tidak perlu tampil di bigo live (just kidding, kek ada yang bisa ditampilin aja)

3 comments:

  1. Sambil menunggu cpc adsense naik ada baiknya agan follow bigo saya juga user : awieyang hahahaha

    ReplyDelete
  2. Memang menyebalkan, apalagi CPC blog indo -_-

    ReplyDelete
  3. Agen Poker
    gara2 ini proyek kontes SEO jadi turun drastis

    ReplyDelete