Menguak Kandungan Teh Manis Botolan

Minum teh manis seperti sudah menjadi budaya orang Indonesia dan itu termasuk saya yang rada-rada maniak dalam mengkonsumsi teh manis botolan, biasanya sih saya pilih varian teh hijau dan yang low sugar. Dalam memilih teh manis botolan ini saya punya kecenderungan untuk membaca informasi nilai gizi pada bagian belakang, kalau produk teh manis botolan tersebut sudah mengandung banyak campuran yang saya sendiri dan tidak tahu apa itu, pasti langsung skip. Nah, berbekal hal tersebut saya, mencoba riset sendiri mengenai bahan-bahan yang biasa terkandung dalam beberapa produk teh botolan. Tiga produk teh botolan ini merupakan merk yang biasa saya beli.  



Berapa Kandungan Gula Dalam Teh Botolan

Sebelum menghitung kandungan gula dalam teh manis botolan ada perlunya kita mengetahui bahwa dalam setiap 4gram = satu sentok teh. Ini berdasarkan takaran berat yang biasa dilakukan untuk membuat kue, kalau pabrikan mempunyai bentuk takaran lain saya tidak tahu dan itu mungkin saja. (sumber ukuran sendok teh)


Nu green Tea
Nu green tea mempunyai kandungan gula (sugar) sebesar 20gram dan ini merupakan yang terbesar diantara ketiga merk yang biasa saya cicipi. Sebenarnya 20gram itu berapa sendok teh? Kalau per 4gram = 1 sendok teh, maka 20gram = 5 sendok teh untuk takaran saji 250ml.


Bahan-bahan campuran lainnya natrium 15mg, perisa jasmine, vitamin c antioksidan.



Teh Pucuk Harum

Teh pucuk harum mempunyai kandungan gula (sugar) sebesar 18gram, jika dikonversikan berdasarkan 4gram = 1 sendok teh maka, teh pucuk harum mengandung 4 setengah sendok teh gula untuk takaran 350ml.

Baca juga :gaul sambil ngopi di Stomp Ground.

Selain itu bahan-bahan campuran adalah, natrium 10gram, perasa bunga melati dan penstabil. Untuk penstabil ini sayangnya nggak disebutin bahannya apa saja, karena saya paling anti kalau ada makanan pake bahan penstabil terlebih itu sebuah minuman sederhana seperti teh, ini sebabnya merk teh pucuk harum paling jarang saya beli, sekalipun harganya yang paling murah.

Teh Botol Sosro 

Merk terlama dan brand holder untuk teh dalam kemasan ini tergolong cukup telat memasuki ranah botolan plastik. Dalam satu teh botol sosro mengandung 16gram gula (sugar) dan merupakan yang terrendah, jika dikonversikan 4gram = 1 sendok teh maka, teh botol sosro mengandung 4 sendok teh gula untuk takaran 450ml.

Bahan-bahan lain yang dipakai adalah,  ekstrak melati dan asam askorbat (antioksidan)

Note:

Natrium Itu Apa?
Dari ketiga merk teh manis botolan tersebut semuanya mengandung Natrium, sebenarnya apa sih Natrium itu? Natrium itu sebenarnya adalah sebuah mineral yang berfungsi mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh. Ini sebabnya kalau kita minum teh manis dalam botolan maka tubuh akan langsung terasa segar dan haus cepat hilang.


Lebih Sehat Dari Es Teh Manis Kantin?
Untuk kadar gula maka bisa disimpulkan bahwa, minuman teh dalam botolan ini tidak mengandung gula berlebih seperti halnya es teh manis di kantin, yang gulanya suka-suka hati bahkan sampai mengendap di dasar gelas. Secara takaran memang betul, namun kita nggak pernah tahu jenis gula yang dipakai oleh pabrikan apa? Bisa jadi bukan gula murni seperti sakarin, sukralosa yang memang kerap digunakan oleh industri besar karena berumur panjang dan rendah kalori. Makanya amat disayangkan pabrikan hanya menulis gula saja bukan jenisnya. Sekalipun ada varian yang mengusung penggunaan gula batu, kalau begitu varian yang lain gula apa?

Penggunaan gula yang masih misteri ini juga terbukti, ketika teh botol sosro dengan isi 450ml sudah terasa manis hanya dengan 16gram atau 4 sendok teh gula, tapi nu green tea dengan  isi 250ml malah membutuhkan 20gram atau 5 sendok teh gula. Ini membuktikan jika gula yang dipakai oleh setiap produk mempunyai kekuatan atau kadar manis yang berbeda, artinya jenis gulanya pun pasti berbeda bukan gula murni.

Baca juga : makan babi enak dan murah di Jakarta ke Ya Udah Bistro

Logika lain yang bisa dicoba adalah dengan membuat teh manis sendiri, coba anda buat teh manis dengan gelas 450ml lalu beri gula 4 sendok teh, aduk sampai rata lalu minum apakah manisnya sama dengan teh manis botolan?
Tips Memilih Teh Manis Botolan
Sebetulnya paling benar adalah kita beli teh sachet dan bikin sendiri, tapi kalau di jalan atau anak muda biasanya suka yang botolan. Nah, biasanya saya lihat informasi nilai gizi pada bagian belakang botol. Di situ terdapat bahan-bahan dan takaran yang dipergunakan, kalau sebuah produk mengandung banyak bahan sampingan selain teh dan gula patut dicurigai. 

Sebagai contoh ketiga merk yang saya sebutkan di atas tadi, semuanya rata-rata hanya menambahkan perisa jasmin dan antioksidan selain bahan utama teh dan gula. Harap cermat membaca, sebab kalau bahan campuran lainnya banyak itu bukan teh manis lagi tapi produk turunan teh manis. Dan khasiat tehnya sudah pasti akan jauh di bawah teh murni dan teh hijau. 

3 comments:

  1. Busyet! Perhatian betul! Saya sendiri nggak pernah mikirin. Pokoknya buka tutupnya, minum airnya, buang botolnya. Hehehe... Kira2 ada efek sampingnya gak ya?

    ReplyDelete
  2. Sebenarnya dari dulu saya gak sreg sih konsumsi minuman kemasan atau botolan meskipun teh,,, ya itu tadi kandungan kimianya yang saya kurang menyukai

    ReplyDelete
  3. sedikit masukan, untuk menghitung jumlah gula yang dimasukan kedalam satu botol sebaiknya dilihat juga ukuran "takaran saji / serving size". untuk teh sosro, memang betul dilabel tertulis 16g, namun perhatikan serving size-nya. tertulis 225 mL, itu artinya untuk menghitung jumlah gula seharusnya spt : gram gula x (v botol/v takaran saji). artinya jika kita hitung untuk teh sosro sbb : 16 x (450/225) = 32 g. mudah mudahan membantu

    ReplyDelete