Bahaya Air Cooler Jika Tidak Dibersihkan!

Sudah hampir satu tahun gue pake air cooler merk Mayaka dan nggak ada masalah ataupun efek samping, seperti halnya kipas angin yang bikin masuk angin dan paru-paru basah. Nah, sekitar dua bulan lalu gue mulai bersin-bersin dan pilek bahkan sampai ke dokter, memang sembuh sementara tapi setelahnya bersin dan pilek berlanjut. Gue sempet mikir apa jangan-jangan karena alergi bulu kelinci? Tapi kenapa baru sekarang pilek dan bersin-bersin? Selama dua bulan sempet mikir yang nggak-nggak,  masa influenza nggak sembuh-sembuh ampe dua bulan?

Perhatikan debu-debu yang melekat di ventilasi air cooler ini, kelihatan banget sudah lama bukan?

Sampai akhirnya gue sadar kalau bersin-bersin dan pilek ini semakin menjadi-jadi, kalau air cooler portable Mayaka dinyalakan. Mulailah kecurigaan gue sama air cooler yang emang sering banget dipakai ini, maklum Jakarta booo mana tahan panasnya! Setelah gue perhatikan dengan seksama air cooler ini memang sudah berdebu banget, bahkan bagian depan pun sudah ditempeli debu tebal berwarna hitam pekat. Dari sini gue berinisiatif untuk membersihkan air cooler.

Peringatan membersihkan air cooler ini bisa menghapus garansi toko!


Cara Membersihkan Air Cooler

Membersihkan air cooler ini memang rada susah, sebab kudu membuka body bagian belakang dan lumayan makan tenaga sebab banyak banget sekrup yang kudu dilepas. Sebelumnya harus diketahui jika membuka body belakang air cooler maka garansi akan hangus, lagipula air cooler gue sudah lewat masa garansi jadi who cares. 

Begitu  bagian belakang dibuka kelihatan banget kotor berdebu, body belakang ini langsung gue rendam di air buat ngilangin debunya, terus gue lap sampai bersih.

Filter

Filter yang berfungsi untuk menyaring air dan udara ini pun harusnya seminggu sekali dicuci, namun berhubung gue pemalesan. Jadinya banyak banget debunya dan filter ini gue cuci terus direndam air sampai debunya keangkat semua.

Pompa Air

Gue nggak tahu yang ini apa namanya, tapi ini terletak tepat di atas filter. Mungkin fungsinya untuk menjatuhkan air dari tangki ke filter, ini pun sudah berdebu banget dan gue bersihkan dengan lap kering.

Cooler

Benda yang mirip tabung dan muter-muter ini mungkin cooler atau kipas, dan ini adalah bagian paling berdebu. Buat ngebersihin benda ini lumayan susah, sebab bentuknya seperti teralis yang sempit dibutuhkan kuas. Lebih baik lagi pake kuas make up atau kuas pembersih kamera. Harus dilakukan satu demi satu sampai semuanya bersih.


Perhatikan debu atau partikel debu yang jatuh dari sela-sela cooler atau kipas ini. Bentuknya udah bukan debu lagi tapi mirip bedak, bayangkan ini diterbangkan oleh air cooler ke seluruh ruangan anda, bahkan ketika membersihkan bagian ini, bersin-bersin gue kumat lagi. Debu hasil pembersihan ini paling bagus disedot dengan vacum kalau dibersihkan dengan cara disapu atau dilap takutnya berterbangan dan bikin  bersin.

Ventilasi

Bagian depan ini gue bersihkan dengan lap kering, lumayan susah menjangkau bagian dalamnya yang berdebu banget. Harusnya sih dicuci tapi buka body bagian depan ini ribet  banget, jadinya gue dengan terpaksa harus lap secara manual.

Tangki Air

Tangki air adalah bagian terakhir yang harus dibersihkan dari air cooler, seperti terlihat di gambar, tangki air air cooler gue sudah kotor dengan berwarna kekuningan dan licin. Ini dibersihkan dengan cara digosok dengan sikat plus pencuci piring sampai bersih, kemudian bilas hingga bersih.

bahaya air cooler

Seperti udah gue tulis mengenai  APA ITU AIR COOLER dan CARA PAKAI AIR COOLER bahwa sejatinya air cooler itu melemparkan uap air aka melembabkan ruangan, ternyata benar saja sebab banyak sekali bagian dalam terutama yang terbuat dari besi semisal sekrup yang berkarat. Setelah selesai dibersihkan semua, jangan lupa untuk dipasang kembali body belakang, semua proses ini memakan hampir 2 jam.

NOTE: 
1. Setelah dibersihkan kemudian diisi kembali dengan air, hal pertama yang gue notice adalah perubahan suara air cooler ini. Tadinya suara yang keluar kasar namun setelah dibersihkan suaranya nyaris tak terdengar seperti baru lagi, wush...wush..wush

2. Dugaan gue bahwa air cooler ini penyebab pilek selama dua bulan ternyata benar, sebab ketika dinyalakan kembali setelah dibersihkan, bahkan langsung dihadapkan ke badan gue, simsalabim bersin-bersinnya hilang seketika.

3. Setelah dibersihkan aingin yang keluar pun jauh lebih sejuk (ya iyalah kan dulu yang keluar debu)

4. Memang amat disayangkan kalau produsen air cooler sama sekali nggak mengantisipasi hal ini. Bahkan nggak ada keterangan untuk selalu membersihkan air cooler. Ketika beli, gue cuma dikasih tahu untuk mencuci filter saja. 

5. Seharusnya air cooler ini dibuat dengan body yang mudah dibuka, sehingga dalam beberapa bulan sekali bisa dengan mudah dibersihkan. Kalau ini kudu susah payah bongkar body.

6. Kalau anda tanya berapa lama sampai air cooler harus dibersihkan, jawabanya lihat pada bagian depan atau ventilasinya kalau sudah ada debu itu berarti bagian dalamnya pun sudah mulai berdebu, juga perhatikan suara air coolernya, kalau suara sudah nggak semulus waktu pertama kali beli berarti bagian dalamnya sudah penuh debu. Atau pas anda sudah mulai pilek dan bersin-bersin dalam jangka waktu lama, bisa jadi air cooler penyebabnya.

15 comments:

  1. Saya punya air cooler, tapi sama sekali gak pernah dibersihkan, apalagi difungsikan lagi. Sama sekali nggak dingin!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca "apa itu air cooler" memang bukan untuk mendinginkan tapi menurunkan suhu ruangan.

      Delete
  2. Gan air coller gue bersiin tp pas udh slesai malah ga nyala. Koslet mungkin ya cara benerin nya gmna ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kayanya ada yang lepas dah gan, napa nggak hati-hati. Kalau udah begitu, mau nggak mau harus ke tempat service.

      Delete
  3. air cooler merk galaxy ar 228 ac sehabis tak bersihkan kok ga bisa nyala, padahal lampu power uda nyala, bisa bantu penyebabnya apa dan cara menanganinya supaya bisa di pakai lagi?

    ReplyDelete
  4. Filter air dan udara air cooler punyaku rusak dimana bisa beli kayak gitu ya? Udah muter2 cari gak nemu2 browsing juga gak ada yg jual. Tolong sarannya

    ReplyDelete
  5. Air cooler saya merk daizen tp skg ga nyala sm skali, itu apa ya penyebab'y??

    ReplyDelete
  6. Air cooler saya belum pernah d buka sama sekali buat dibersihkan, skg malah ga nyala sama sekali, mohon saran'y..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau belum pernah dibuka, tapi nggak nyala harusnya bisa garansi toko sista, biasanya sih air cooler setahun garansinya. Biasanya sih dibagian perlistrikan, mau nggak mau kudu service.

      Delete
  7. Kok keren sih gan. Rasanya jadi enggan beli air cooler krn susah bersihinnya kalau ga ngerti nnti mati 😂 *pdhl butuh penurun suhu ruangan segera

    ReplyDelete
  8. Bro, Makasih ya sharingnya ya, insha Allah akan mendapatkan pahala nih, ilmu yang diposting ini, setelah lihat artikel ini aku punya air cooler(Merk Sh##rp) kurang lebih 1,5 tahun aku beli, tapi hanya filter air (Bahan kertas) dan filter plastik yang dibelakang yang aku cuci rutin 2 minggu sekali, nah dari petunjuk inilah aku bisa bongkar dan pasang juga pembersihan yang intens pada bagian dalam (Kipas, sirip, motor pompa dan selang sirkulasi) weeeeh... setelah di bersihkan nggak ada lagi bunyi aneh aneh pada air coolernya (Sebelum dibersihkan terasa ada bunyi kasar)
    Makasih bro artikelnya.

    ReplyDelete
  9. Thank bro artikelnya..bermanfaat bgt..
    Berkat artikel ini aku jadi tambah yakin buat beli ac..😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mending AC kemana-mana, cuma kanker aja alias kantung kering bayar tagihan listrik.

      Delete
  10. kayaknya lumayan ribet ya, pengin belu jadi mundur nech lihat ribetnya.

    ReplyDelete