Mau Beli Air Cooler? Baca Dulu Ini

Kali ini gue bakal review air cooler yang baru saja dibeli sekitaran 3 hari lalu, alasan utama kenapa beli air cooler ini karena sudah nggak tahan dengan panas kamar kost. Berhubung kamar kost dibangun dengan bata putih yang nggak mampu melepas panas, jadinya gue mateng di dalam kost kalau siang hari.  Terus kenapa nggak beli kipas aja? Buset dah haree genee kipas mah, nggak ada gunanya! Yang ada malah masuk angin sama paru-paru basah, belum lagi malah nerbangin debu ke mana-mana. Jadi menurut gue kipas angin udah nggak jaman beud!  Sekarang zamannya air cooler. Air cooler sama sekali berbeda dengan air conditioner atau lebih dikenal dengan AC. Terus bedanya apa? 


1. Rendah watt
Air cooler cuma makan listrik 80-110 watt (tergantung tipe) punya gue cuma 80 watt, sementara air conditioner paling rendah 300 watt. Jadi bayangin aja bawa AC ke kost, bisa abis duit lo buat bayar listrik. Makanya kost dengan AC cenderung lebih mahal bahkan bedanya bisa sampai Rp 400 ribu, karena memang AC menyedot listrik besar.

2. Menyejukan bukan mendinginkan.
Tugas utama air cooler itu bukan bikin dingin ruangan seperti AC. Air cooler menyejukan ruangan dengan menurunkan suhu 5-10  celcius, atau meningkatkan kelembaban ruangan. Makanya air cooler disarankan dipakai dalam ruangan yang mempunyai sirkulasi udar baik, agar ruangan nggak terlalu lembab. Sedangkan AC harus digunakan di ruangan tertutup, biar suhu dinginya tetap terjaga. 

Itu juga kenapa ada tombol humidifer, ini berfungsi untuk mengurangi kelembaban yang terjadi. Makanya kalau beli air cooler cek apakah ada fungsi humidifernya.

3. Harus diisi ulang.
Air cooler menggunakan bahan pendingin air, es batu atau ice jell, sementara AC pakai freon. Biasanya satu tangki air atau es batu air cooler adalah 5 liter dan mampu memberi kesejukan sampai 3-4 jam saja. Setelah itu kalian kudu nimba sumur lagi buat ngisi tangki air cooler.

4. Portable.
Air cooler bisa dipindahin kemana-mana sementara AC nggak bisa cuma nemplok di tembok. 

5.Bedanya sama kipas angin apa?
Banyak yang protes kalau air cooler sama saja dengan kipas angin. Ya ilah, kelinci gue aja tahu air cooler jauh beda sama kipas angin. Angin yang dihasilkan air cooler jauh lebih sejuk dari pada kipas angin yang cuma membuat udara sekitar bergerak. Nah, buat beberapa orang yang merasakan air cooler nggak beda jauh sama kipas angin, kebanyakan karena nggak ngerti cara pakainya. Dan satu hal, kalau air cooler nggak diisi air dan  humidifier nggak diaktifkan, maka anginnya sebelas dua belas sama kipas angin.

6. Sehat atau tidak?
Ini dia pertanyaan maut, air cooler itu sebenarnya sehat atau tidak? Sementara AC cuma menimbulkan kanker aka kantung kering, gegara tagihan listrik jebol. Perlu diingat air cooler menyejukan ruangan dengan meningkat kelembaban dari tangkir air dan es batu. Artinya ruangan kamu akan lembab dan banyak hal yang bisa terjadi dalam ruangan lembab, termasuk penyakit. Sekalipun begitu sudah ada air cooler yang dilengkapi dengan penyaring udara dan bakteri. 

Makanya pada setiap produk air cooler selalu  dingatkan untuk digunakan pada ruangan yang mempunyai sirkulasi udara baik, supaya tingkat kelembaban ruangan tidak tinggi. 

7. Efek samping.
Sebenarnya efek samping dari air cooler ini hampir tidak ada selain membuat ruangan atau kamar menjadi lembab. Namun, gue ingatkan untuk tidak menggunakan air cooler ini langsung ke badan! Taruh saja di pojokan dan nikmati suhu ruangan turun.

Jadi sekali lagi gue tekankan, kalau air cooler bukanlah AC dan jauh berbeda dengan kipas angin. Air cooler menurunkan suhu dengan membuat ruangan lembab, berbeda dengan AC yang menurunkan suhu tanpa meningkatkan kelembaban ruangan. Dan air cooler tidak mampu menurunkan suhu setingkat dengan AC, jadi kalau ada yang protes kenapa nggak dingin pake air cooler, karena fungsinya memang beda. 

air cooler bukan versi murah dari air conditioning! Cooler dan conditioning aja beda makna!

Baca Juga : Cara Benar Pakai Air Cooler

Saya update setelah satu tahun pemakaian, ternyata air cooler mempunyai efek samping. Mohon di baca link berikut ini  : BAHAYA AIR COOLER



99 comments:

  1. Ada juga air cooler di rumah.. Tp sudah setahun tidak di guna.. tidak rasa sejuknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba diperhatikan, sudah betul atau tidak cara pakai air coolernya.

      Delete
    2. air cooler kena pakai mesti ada ruang udara keluar masuk halakan belakang air cooler ke tingkap terbuka , akan dapaty udara sejuk juga

      Delete
  2. Tapi semua kembali kepada calon pembeli... Biasanya mereka punya alasan tersendiri untuk membeli suatu porduk.... :D hehe

    ReplyDelete
  3. Sya ada jga air cooler bru beli,terasa enak kalo tiupin badan langsung

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan diarahkan langsung pada tubuh, tidak sehat katanya.

      Delete
  4. Siapa bilang air coller itu tdk sama dengan AC? Sama kok, singkatannya aja sama-sama AC :v

    Saya pengguna air cooler juga bro. Selama saya tidur sambil menggunakan air coller di bandung, saya pakai air bandung yg dingin ditambah ice gell. Pagi2 beku gan badan saya. Wkwkwk knapa tidak? Wong bandung malam suhunya sekitar 20 tambah coller bisa sampe12-10 derajat gan wkwk.

    Tapi saya sadari bahwa memang dinginnya air coller sama air conditioner itu beda jauh krn suhunya gk bisa ditentukan. Dan dinginnya itu agak bikin sesek nafas. Akhirnya saya putuskan pasang air conditioner deh. Dan setahu saya air coller itu tdk cocok dipakai dimalam hari. Yang ada seperti saya itu. Wkwkwk..

    Cmiiw.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bandung mah buka jendela juga beku gan.

      Delete
  5. gan, mau nanya kira-kira ruangan 4x4, tidak ada jendela cuma ada 2 pintu arah besebrangan yg selalu terbuka. dengan 2 pc dan 1 tv cocok gak pakai air cooler ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok cuma rada khawatir sama PC-nya, itu jenis yang kebuka bukan? Takutnya cepet rusak, inget air cooler itu melembabkan dengan membuat hembusan dari air. jadi kalau sampai ada material di dalem PC yang cepet berkarat atau rusak gegara lembab banget.

      Delete
  6. Gan...saya bru ice cooler merk midea... di dlm tangki itu hrus di isi air+es batu (jelli) atau lansung truh es batu ja tnpa air???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi begini jellly itu ditaruh dalam frezeer semalaman, jadi kalau air cooler di isi dengan air yang nggak dingin baru dimasukan jelly, biar mendinginkan air.

      Kalau air yang dimasukan sudah dingin atau dengan es batu nggak perlu lagi jelly ikut dimasukan.

      Delete
  7. Punya agan merek apa yaa?? Buat referensi sy neh.. br mau beli.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. merk Mayaka, mending beli online kaya di lazada, tokopedia dll dari pada ke carefour dsb, soalnya kalau online bisa lebih murah. Ini mayaka beli di carefour 900 rebu, tapi dilazada cuma 600 rebu, nyesel dah.

      Delete
    2. sebenernya sama az seh gan bagi yg daerah plosok, beli online pake ongkir 10kg, harga 700 ongkir 200, 900 jugaaa haha

      Delete
  8. Gan air di dalam tangki air cooller boleh ndak d campur smacam pewangi biar ruangan ttep harum??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan gan, soalnya ada filter atau penyaring udara di dalem air cooler. Takutnya kalau kena pewangi bakal rusak. Beli aja pewangi gantung terus, taruh di depan air cooler.

      Delete
  9. Mantab gan udah kasih reveiwnya. Awalnya pengen boyong ini air cooler tapi pas liat sirkulasi udara di kamar kurang oke jadi pikir2 lagi..

    ReplyDelete
  10. .



    aku lebih suka air cooler di banding air condition abis lebih mudah dibawa-bawa sih



    KALO UDAH REJEKI G KEMANA





    .

    ReplyDelete
  11. permisi, mau tanya.
    kan ada air cooler yang 10 liter sama 25 liter nih. Tapi air cooler 10 L lebih tinggi body nya daripada 25 L.
    Apakah tinggi air cooler itu mempengaruhi tingkat kedinginannya juga? karena denger dari temen saya, yang body nya tinggi lebih dingin daripada yang rendah walopun literannya lebih tinggi yang body rendah.
    mohon masukannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung merk sih, sayang nggak kasih tahu merk apa? Jadinya nggak bisa kasih jawaban. Nggak selalu air cooler dengan bentukan tinggi lebih dingin, semua air cooler punya kualitas sendiri. Balik lagi tergantung merk.

      Delete
  12. Gan, kalau dipasang di angkot bisa ga? Saya kalau naik angkot.suka kegerahan. Mohon arahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan........................bisa gila.

      Delete
  13. Gan, agar dingin cukup taruh es batu saja tanpa air bisa ngak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa tapi ada jenisnya khusus, pastikan agan beli yang memang untuk es batu. Biasanya yang pake es batu rada mahal dan bentuknya mirip kulkas.

      Delete
  14. gan mau nanya nih....air cooler itu pake air aja atau tetep perlu es batu? trus kondisi kamar ane kan juga agak tertutup, ada saran gk biar gmana gtu? ama bisa gk make air cooler sekaligus kipas biasa? thx gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Jadi ada dua jenis air cooler, ada yang pake air ada yang pake es batu. Jadi tinggal pilih aja, biasanya yang pake es batu jauh lebih dingin tapi lebih mahal juga.

      2. Kalau kamar tertutup, disarankan buka jendela atau pintu kalau mau pakai air cooler atau taruh air cooler dekat jendela aja.

      3. Bisa sih tapi buat apa? Yang ada ruangan malah nggak dingin gegara hembusan air coolernya kelibas kipas angin.

      Delete
    2. Kalo gag ada jendelanya gimana gan ? Masa malem2 tidur buka pintu ada saran ?

      Delete
  15. Nanya Dong...
    Yg punya agan itu yg berapa liter? krn bertahannya hanya sekitaran 4 jam, kalo yg bisa sampe 6 jam ada gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma 3-4 liter aja.

      Ada kok, yang kapasitasnya 6-10 liter tinggal cari aja sesuai kebutuhan.

      Delete
  16. Gan... Saya maw cb pke air cooler merk oxone yang harganya berkisar 2,1 jt... Krn klo pke AC, tkt byr Listriknya kbykan. Krn udh da 2 AC ta pake d rmh. Kira2... Klo air cooler kyk gt bsa ga bikin ruangan adem n ga panas? Krn ruangan nya terpapar sinar n terletak paling atas. Thx sebelumnya gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok pake oxone, tapi yang jadi masalah air cooler itukan nggak bisa lama paling 3- 4 Jam saja sebelum tangki es atau air habis.

      Setelah itu kudu ngisi lagi dan kalau nggak cepat dinyalakan kembali, suhu ruangan bakalan panas dengan cepat lagi. Sebab air cooler bukan mendinginkan dan menurunkan suhu ruangan tapi menyejukan dengan uap air.

      Sebagus-bagusnya air cooler tetap aja nggak bisa mendinginkan sebaik AC, ingat cooler bukan conditioning.

      Delete
  17. gan, aku baru beli air cooler nih, merk tori thc-022.
    nah, sampe sekarang aku masih blom tau fungsi bukaan di bagian atasnya itu. klo dibuka tuh ada bolong2nya gitu.
    bisa tau itu funginya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tahu gan tapi merk itu udah canggih bisa air sama es batu. Coba baca dulu buku manualnya.

      Delete
    2. Buat naruh es, biar tambah dingin, jd tidak perlu repot buka tangki.

      Delete
  18. Ehh mau tanya klo Air Cooler pakai Air PDAM aman Nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman gan, ane juga biasanya pake air keran PDAM. Tapi kalau masih ada kaporitnya mending jangan, takut bikin rusak saringanya.

      Delete
  19. Gan tori thc 010dlx itu bagus ga gan ?
    Trus kalo pake air es trus pake jell itu bagus ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dilihat dari fiturnya sih bagus ada timer segala tapi merknya itu nggak terkenal takutnya gampang rusak dan susah cari service. Lagian dikisaran harga segitu masih banyak merk terkenal dengan fitur yang sama.

      Sebenarnya jell itu berfungsi untuk mendinginkan air, jadi kalau udah pakai air es nggak perlu pakai jell lagi. dan jell ini repot soalnya harus ditaruh dulu di frezer sampai dingin baru dimasukin bareng air.

      Delete
  20. Gan,mhon referensi donk badget 1,5 jt pling bgus merk tipe ap yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Sharp (modelnya bagus-bagus)

      sisanya merk lokal yang emang udah terkenal sebagai air cooler
      2. Mayaka
      3. Midea

      Untuk modelnya, tinggal cari aja yang pas dibudget.

      Delete
  21. Ini saya baru beli air cooler midea. Klo aircoolernya sy hadapkan ke jendela dg kondisi jendela kebuka dan masih sy tutup dg korden. Apa msh berbahaya buat kesehatan bila dinyalakan dimalam hari pd waktu tidur. Dan apabila air cooler d fungsikan sebagai kipas angin tanpa d isi air ato es batu bs ngga. Dan apa msh perbahaya buat kesehatan. Mohon penjelasannya. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Justru bagus dengan adanya jendela, jadi ada sirkulasi nggak bakalan bikin lembab kamar.
      2. Nggak ada bahayanya sih, dinyalan semalaman yang penting jangan diarahakan langsung ke tubuh saja atau aktifkan fitur swingnya.
      3. Lihat dulu apa air coolernya ada fitur fan atau kipas angin? Kalau nggak ada dan dinyalain tanpa es batu atau air maka akan cepat rusak.
      4. Kalau soal bahaya sih nggak ada, soalnya sampai saat ini nggak ada penelitian yang bilang air coller bisa bikin paru-paru basah atau pun masuk angin seperti kipas angin.

      Delete
    2. gan, nae baru beli air cooler honeywell CL30XC for indoor use capacity 30ltr, nah cocok ga buat kamar ane ukuran 4x4 dan jendela sepanjang dinding...? Nah terus kalo mau digunakan dimalam hari apa jendelanya harus dibuka biar meminimalisir resiko...?

      Delete
  22. Kayaknya namanya salah ya gan,..... Masa air cooler... Artinya pendingin udara...

    Ganti aja jadi air fresher

    ReplyDelete
  23. Gan aku baru beli ice cooler baru 1 hari, tapi kok beda sama ac gak bisa dinginin kamar , kalo ac kan bisa dinginin kamar tapi ice cooler ini biasa aja kayak kipas , padahal sudah diisiin air es , tapi gak bisa dingin suhu nya kadang naik kadang turun padahal kamar ukurannya kecil aja tapi kok gak bisa dinginin kamar kayak ac sih , kasih tau dong gan kenapa bisa seperti itu ? Apa saya salah menggunakan / memang alat pendinginnya turun suhunya cuman bisa 30-28 derajat aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dibaca dulu postingannya aja deh hihii kan udah dijelasin panjang kali lebarnya tuh berkalikali pula.

      Delete
  24. Misi gan numpang nanya. Ane baru beli air cooler/air purifier second di OLX ni merk inextron type APF1430T. Anginnya sih kenceng,agak sedikit sejuk dgn kipas angin. Cuma anehnya kenapa air yg di tangki gak berkurang ya dari semalem. Trus ane jg blm coba tu tabung yg buat di bekuin di freezer biar lbh sejuk anginnya. Cm klu ane rasa2 di angin'a,gak kerasa ada semburan airnya,cm angin'a agak sejuk sih dibangi kipas. Mhn mgkn agan bs bantu. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punya agan rada beda itu air purfier bukan air cooler, jadi nggak bisa komen banyak. Setahu ane air purifier jauh lebih canggih dari pada air cooler, karena dia bisa bersihin udara sekaligus menyejukan ruangan. Intinya sih buat bersihin udara bukan dinginin kaya air cooler

      Delete
    2. Air purifier itu menetralisir udara dari virus dan tungau , setahu saya untuk saat ini hanya ada fitur perangkap nyamuk saja (sh*rp) kalau fitur penyejuk udara masih belum ada

      Delete
  25. Mohon pencerahannya dong gan , kalo kamarnya gag ada jendela bisa gag pakai air cooler biar aman ?? Masa harus buka pintu kamar kalo malem tidur kan gag mungkin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa tapi resiko kamar jadi lembab.

      Delete
  26. Gan, klu saya pake bagus serap lembab, kamar saya jadi gag berasa lembab lg. dan udara nya terasa dingin kering kaya ac.

    ReplyDelete
  27. Tp kayaknya Lebih oke yang merk bagus daripada merk dahlia untuk penyerap lembabnya.

    ReplyDelete
  28. Gan, mau tanya, untuk ruangan tertutup tapi ane pasang ceiling exhaust fan apa cukup aman kalo pake Air Cooler.
    Oh iya, knp air dalam penampungan / tangki bisa habis yah, bukannya air cooler tidak menghembuskan butiran air. kalo boleh tau kemana tuh air perginya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ruangan ada exhaustnya ya percuma, itu hembusan air cooler pasti ke tarik keluar ruangan gan, akibatnya suhu raungan kaga bakal turun, panas aja terus.

      Ya, pasti habislah, agan kira yang dihembuskan air cooler itu dari mana asalnya? coba baca part duanya "cara pakai air cooler"

      Delete
  29. tanya gan air cooler sy merk sharp model PJ-A55TY-W/B ko ga dingin ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dibaca lagi tulisan saya di atas, air cooler itu menurunkan suhu ruangan bukan mendinginkan, namanya aja air cooler (penyejuk) bukan air conditioner (pendingin) tapi bisa sedikit dingin kalau pakai air es, air yang semalaman ditaruh dalam kulkas.

      Delete
  30. gan kalo misalnya air biasa tapi di kasih es batu ga apa2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja sih, tapi es batu itukan mengurangi volume tangki air? Dan percuma nggak bakal dingin, sebab sebelum air jadi dingin air kan sudah tersedot keluar. Yang ada air habis tapi es batu masih ada. Belum lagi es batu dalam tangki bakal cepat meleleh, nggak ada kesempatan untuk mendinginkan air.

      Jadi mending pake air es (air yang disimpan semalaman di kulkas)

      Delete
    2. Gan...mau ty...sy baru beli air cooler...trs 2 btl kecil isi bubuk...gunanya utk apa itu...trs cara pakaix gmn gan...tlong d info dong

      Delete
    3. Wah...kurang tahu, biasnya sih dua botol kecil itu ice jelly tapi nggak bubuk.

      Delete
    4. Itu ice jelly yg masih baru.. ntar klo udah beku trus dinginnya udh ilang bakal ky jelly

      Delete
  31. keren riviewnya.. ngebantu banget bray.. Thanks a lot.

    ReplyDelete
  32. Mantap ulasannya...gan!!
    Jawaban pertanyaannya pun ok pula...
    terutama ttg pasang air cooler di angkot wkwkwkwkwkwkwkw

    ReplyDelete
  33. Maaf gan mo nanya. Saya beli Air cooler dan dlm kardus ada botol plastik berisi cairan warna biru muda. Itu cairan apa dan fungsinya apa ya krn botol polos tanpa tulisan apapun. Makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu cooler, jadi dimasukin ke freezer terus di cemplungin ke dalem bak air air cooler biar airnya dingin, tapi nggak ngefek sih mending pake aer dingin atau aer es aja sekalian.

      Delete
    2. Itu namanya blueice fungsinya sama seperti es batu tetapi lebih efisien karena bisa dipakai berkali kali :)

      Delete
  34. kalau merk sanken fitur nya 3 speed,3 box es,kapasitas nya 6 liter,timer 7 jam,menurut agan bagus ga merk sanken tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus gan, tapi kalau minta saran sih cari merk sharp.

      Delete
    2. Coba searching merk "honeywell" gan , sharp pabrik nya udah mau bangkrut masih mau aja ente beli produknya ?

      Delete
    3. Honeyweel after salesnya gimana gan? Setahu ane sih cuma garansi toko

      Delete
  35. Saya mau beli air cooler, tapi di kost gak ada kulkas nih. Gimana ya nanti kalau air cooler diisi air suhu ruangan? Apa bisa lebih mendinginkan dibanding kipas? atau bakal sama aja dengan kipas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang pasti sih lebih dingin dari pada kipas, tapi nggak bakal sedingin AC. Jauh lebih adem air cooler dari pada kipas.

      Delete
  36. Gan, kalau ngerokok sambil gunain air cooler boleh ngak gan? Dalam ruangan 3x3 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ane nggak tahu, tapi asap rokok nggak bakal bisa keluar kamar kalau pakai air cooler.

      Delete
  37. Gan ane mau tanya kalo air cooler nya ga pake es sama air es . Tapi pake air biasa aja , suhu ruangan turunnya gede ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kagalah, palingan cuma beberapa derajat. Kalau mau pake air dingin, itu loh air di botol yang semalaman di taruh dalam kulkas.

      Delete
  38. Betul, jangan samakan antar kipas angin, air cooler, maupun ac. Ketiganya sangat berbeda. Untuk cek harga air cooler, klik http://candielektronik.co.id/produk_detail.php?id=1041

    ReplyDelete
  39. mau nanya donk kalau buat outdoor bisa gak ya..????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaga gan, buat outdoor yang kipas pake tangki air bukan air cooler.

      Delete
  40. Gan saya kan baru beli air cooler merk sharp tapi masih blom ngrti cra pnggunaan air dan jelly ny (es batu )
    Minta pencerahan ny donk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jelly itu fungsinya untuk membuat air di tangki dingin dengan memasukan jelly ke freezer lalu di celup ke dalam tangki air. Tapi sama sekali nggak guna, mending pake air dingin sekalian saja.

      Delete
  41. Aku udah beli air cooler merk sharp, tadi aku baca review dari atas katanya ice gel nya ga guna. Mending pake air dingin, kalau ice gelnya aku masukin bareng air ke tanki air cooler trus aku aduk aduk biar air jadi dingin bisa ga? Karna kalau masukin sebotol air keran ke kulkas bisa gawat kalau lupa keminum sama anak istri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah ane coba kek gituh gan, kaga guna banget dah. Mending air yang udah dikulkas semalaman buat isi tangki, itu lebih berasa.

      Palingan botolnya kasih tulisan aja, air buat air cooler, biar nggak keminum.

      Delete
  42. Saya biasa menggunakan AC bersamaan dengan air cooler trus kalau udah dingin ac aku matiin trus lanjut air cooler, apakah hal ini baik? Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. nggak ada masalah sih, tapi bingung aja kenapa nggak diterusin ac malah lanjut air cooler, kalau mau ngehemat listrik sih masuk akal.

      2. air cooler itu, nggak bisa mempertahankan suhu dingin yang dihasilkan oleh ac loh, kan air cooler bukan mendinginkan tapi melembabkan atau menurunkan suhu saja.

      Delete
  43. Gan minta rekomen nya untuk budget 1 jutaan, thankyou ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak sis, tergantung maunya apa? Paling murah sih beli online ke tokopedia etc.

      Delete
  44. gan cara membersihkan air cooler gimana ya?

    ReplyDelete
  45. Gan saya punya air cooler merk fuji tech japan, udah aku isi air tapi kok air di tangki ga berkurang yaa, padahal aku hidupin semaleman. Itu kenapa yaa ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tiap air cooler punya daya tahan tangki yan berbeda-beda, ada yang cepet abis ada yang lamban, tinggal lihat aja dalam waktu seminggu pemakaian apakah air di tangki berkurang? Kalau semalam saja sih susah lihatnya.

      Delete
  46. dlu prnh pke air cooler, krena kesrngn pke (isi terus air) tiap bangun tenggorokan ga enak sma cmn bsa nrunin 2 derajat aja. stlh cri2 info kynya air cooler emng g cck bwt dpke di indo yg notabene tngkt klmbbnya tinggi, ane tes pke hygromter, normalnya aja d jkrta sktr 70-80 persen kelembabanya (idealnya 40-60), aplgi dtmbh air cooler mkn basah ruangan bngun psti bdn ga enak, ngrangin dngin g sberapa. indo emang udah pling cck pake ac bkn air cooler

    ReplyDelete
  47. mau tanya. klo bak air cooler sudah diisi air dingin truss pakai jelly air dingin nya bisa tetap dingin ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak bakal dingin lama, jelly rada-rada nggak guna, mending pakai es batu kalau mau lama.

      Delete
  48. Mau tanya nih..knp setiap gw nyalain ac baru berapa menit udah turun listriknya,gw panggil tukang service ac msh blm bener jg,,mngknya gw pengen coba pake air cooler,tp setelah gw baca artikelnya rada parno jg krn kamarnya bisa jd lembab,,soalnya gw punya anak umur 3th,tolong dong sarannya gmn baiknya?kamar gw panas beut,kasian sm anak gw...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Watt ac kegedean sista, harusnya cari ac yang low watt. Kalau kondisi as masih baru ya, kalau ac sudah lama listriknya turun sih, banyak penyebab.

      Kalau buat coba-coa aka sementara sih, sayang banget beli air cooler, mending kipas aja sambil nunggu ac bener.

      Delete