Cara Benar Menggunakan Air Cooler

Setelah satu minggu merasakan kesejukan dari air cooler merk Mayaka, gue mau kasih tahu bagaimana cara menggunakan air cooler yang baik dan benar. Karena banyak sekali orang protes kalau air cooler ini nggak dingin kaya AC, padahal air cooler memang bukan AC dan punya fungsi yang sedikit berbeda. baca beda air cooler dengan AC ,orang-orang membeli air cooler karena lebih murah dari pada AC dan mengharapkan air cooler ini punya fungsi sama dengan AC yang harganya berjuta-juta. Sama aja seperti beli motor supra dan ngarep bisa lari sekenceng ninja, ya keleuzzzz.







1. Beli sesuai kebutuhan
Sekalipun fungsinya hanya untuk melembabkan ruangan aka menurunkan suhu tapi air cooler punya berbagai varian. Bahkan ada varian yang sudah dilengkapi dengan filter pembunuh bakteri, sementara range harga berkisar dari 900- 1,4 juta. Bisa lebih murah kalau belinya nggak di careefour seperti gue ini, begitu liat air cooler yang sama di lazada langsung mau mual, karena beda harganya jauh sekali. Disarankan untuk membeli yang sudah di lengkapi dengan filter pembunuh bakteri serta timer,karena lebih sehat dan bisa di set timer ketika kamu tidur. Kalau mau dingin pilih yang punya tangki es batu, jangan yang cuma tangki air saja.

2. Jangan ditaruh dekat logam atau barang elektronik
Ingat air cooler melembabkan udara dengan tangki es batu atau airnya, artinya dia merubah air menjadi hembusan uap sejuk. Itu berarti logam dan barang eletronik seperti TV atau radio yang berada di dekatnya rawan sekali untuk rusak karena lembab.Paling benar adalah menaruh air cooler di pojokan ruangan dan biarkan suhu rungan turun dengan sendirinya. 

3. Jangan dipakai non-stop!
Ingat air cooler jenis apapun, nggak bisa dipakai non-stop! Maksimal pemakaian tergantung kadar es batu atau air dalam tangki. Kenapa? Karena kalau air cooler dipakai dalam keadaan tangki es batu atau air kosong, itu sama saja dengan memperpendek umur air cooler. 



Rata-rata air cooler punya tangki es batu dan air, sebesar 5 liter yang mampu memberikan kesejukan selama 3-5 jam. makanya disarankan untuk beli yang ada timernya.

4. Dibersihkan sebulan sekali.


Air cooler harus dibersihkan sebulan sekali dengan mengeringkan tangki dan mencopot filter dibagian belakang, filter berwarna hijau ini dibersihkan dengan cara dicuci tanpa pakai sabun atau pembersih.  

Satu hal, bak air harus selalu di cek karena sering kali malah menjadi tempat bersarang nyamuk kalau ditinggal terlalu lama.

5. Jangan dipakai diruangan tertutup.
Air cooler tidak boleh dipakai di ruangan tertutup! Karena sesuai dengan fungsinya yang menyejukan ruangan dengan menurunkan suhu aka melembabkan, maka disarankan dipakai pada ruangan yang punya fentilasi atau sirkulasi udara baik. Kalau dipakai di ruangan tertutup, bisa ditebak sendiri apa yang terjadi dalam ruangan dengan tingkat kelembaban tinggi.

6.  Agar cepat dingin


Seperti yang gue bilang air cooler bukan AC! Namun, ada cara supaya air cooler ini mampu menghembuskan udara yang lumayan dingin. Kebanyakan air cooler dilengkapi dengan ice jelly, nah barang ini harus ditaruh di freezer seharian supaya bisa membuat tangki air dingin. Tapi cara ini kurang efisien, biasanya biar cepet dingin, gue pakai air es. Maksudnya air dalam botol yang sudah seharian ditaruh dalam kulkas.

7. Jangan lupa pencet tombol humidifier


Awal-awal pakai gue sempet bingung dengan fungsi tombol humidifier ini, setelah dicek ternyata tombol ini berfungsi untuk melembakan,  kalau nggak diaktifkan udara yang keluar cuma angin, nggak dingin. Jadi kalau tombol humidifer nggak dipencet yang ada cuma angin biasanya tanpa udara dingin.

Tapi ingat kalau menyalakan air cooler dengan tangki air atau es batu kosong maka air cooler akan rusak.

8. Jangan dipakai langsung ke badan.
Memang nggak ada bukti kalau air cooler bisa menyebabkan paru-paru basah atau masuk angin, tapi sekali ingat air cooler itu mengubah air dan es menjadi hembusan sejuk dan pikir saja sendiri kalau partikel-partikel, air ini langsung diarahkan ke badan lo.

9. Jangan untuk ruangan besar
Ar cooler paling efentif untuk rungan kamar yang nggak terlalu besar, mau bilang apa? Dengan watt yang hanya 80-100 watt tentunya kekuatan air cooler terbatas. Paling cocok untuk kamar tidur ataupun kamar kost.

Nah, kalau kesal karena air cooler nggak dingin coba dilihat dulu. Pakai air es atau tidak? Dan dipakai untuk rungan besar atau kecil? Ingat maksimal air cooler menurunkan suhu adalah 10 derajat dengan catatan menggunakan es batu atau air es, kalau cuma pakai air saja palingan suhu yang turun hanya 5 derajat saja. 

Baca Juga : BAHAYA AIR COOLER
Baca Juga : Mau Beli Air Cooler Baca Dulu Ini

111 comments:

  1. kayanya lebih sehat pake exhaust fan cuy..

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang ceu, tapi kudu bongkar tembok kalau exhaust

      Delete
  2. Saya pake oxone mas.. Gak ada humidifier nya masa T-T dan jadinya gak dingin. Kayak kipas aja gt biasa. Gatau salah pasang atau salah cara pake

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak semua air cooler punya tombol humidifier, ada yang udah otomatis. Cek aja di buku manual apakah ada fitur humidifier? Dan fungsinya bukan untuk nambah dingin tapi mengurangi kelembaban. Oxonenya ada tangki air apa nggak? Kalau nggak ada tangkin air ya berarti cuma fan aka kipas aja.

      Delete
  3. Air cooler midea punya ku lampu evaporator nya kedip kedip terus jadi nggak dingin lagi..itu kenapa ya? Bisa bantu jawab? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, merk saya miyaka kita beda genk. Kalau buku manualnya masih ada, coba baca.

      Delete
    2. Kl kedip2 tu artinya air di tangki kosong atau di bawah minimal.

      Delete
    3. gampang kok, tinggal lihat aja tangkinya klo lampunya ngedip.

      Delete
    4. sudah saya check, jika lampu evaporator berkedip ... ternyata pompa distribusi (yang tercelup di bak air) tidak hidup. Bagaimana cara repairnya ?

      Delete
  4. Klo honeywell bagus gag ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buset kaya merk snack aja, kaga pernah denger ada air cooler merk honeywell.

      Delete
    2. justru honeywell lebih bagus dari mayaka huhuuhu

      Delete
  5. Rencana mau beli midea yg kisaran harga 2,2jt yg anginya muter keseluruh arah bisa naik turun kiri kanan . Kebanyakan merk lain cuma kiri kanan arah anginnya.. bagus ga bos midea?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut ane sih dengan kisaran harga segitu, lebih baik beli AC beneran aja. Tinggal pinter-pinter dah cari yang low watt.

      Delete
  6. Saya beli coller merek tori tapi jelinyA ga dikasih katanya ga ada jelinya ... dimana bisa beli jelinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu berarti merk tori memang nggak dilengkapi jelly. Kalau mau beli terus terang nggak ada yang jual, paling banter sebagai pengganti masukin air es. Ingat air es! Bukan batu es. Itu loh air yang dimasukan ke botol terus ditaruh semalaman sampai dingin bukan beku!

      Delete
  7. Saya baru beli air cooler merk sharp. Apakah kalau dipakai sampai 4 jam, air akan berkurang? Saya amati, kok air yang ada di tangki air rasanya segitu-gitu saja alias tidak ada perubahan meski saya telah tekan tombol pendingin (humidifier)dan menggunakannya sekitar 4 jam-an. Airnya sih terdengar bergerak saja. Tetapi apakah terpompa sampai keatas, saya kuang mengerti. Kira-kira, memang seperti itukah cara kerjanya. Atau memang ada yang rusak dengan air cooler tsb?.

    Terus apakah memang pada kipas yang berputar-putar itu, ada nampak embun-embun yg basah gitu ya? Sekali lagi kok saya perhatikan, pada air cooler saya tersebut tidak muncul embunnya meski tangki air telah saya isi air dingin plus jeli es sebanyak 2 pack?. Mohon penjelasannya ya agar saya bisa mengambil langkah selanjutnya. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya sih dalam waktu 4 jam, air sudah pasti berkurang. Kalau tidak berkurang bisa dipastikan ada yang salah, atau agan kurang mengerti cara pengoperasiannya. Jangan-jangan ada yang tidak ditekan ketika pengoperasian.

      Sayangnya nggak kasih tipe sharpnya jadi nggak bisa cek berapa liter tangkinya.

      Delete
  8. Sharp model PJ-A55TY-W/B. Kalau tdk salah utk 5 liter air. Di tangki, ada batas maksimum dan minimum. Saya sdh mengisi air sampai ukuran batas maksimum. Adapun tombol-tombol yang ada, sdh saya coba satu persatu dan sdh saya ketahui fungsinya dengan benar. Tapi ya itu, perasaan saya volume air rasanya segitu-gitu saja meski pemakaian telah mencapai sekitar 4 jam. Lalu, apa memang benar ada embun-embun basah sekitar bagian kipas? Mhn bantuannya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Normal itu,sy baru beli air cooler sharp tipe di bawahnya pj-a55ty yaitu pj-a36ty air nya baru habis 8-10 jam di tangki min,cuma ke isi full 3.5 liter,karena ditambah berat ice pack sama pompa air,keunggulan sharp sepertinya air di tangki ngak cepat habis,hembusannya bener2 sejuk,sy pakai air es + ice pack jadi tambah menggigil kalo malem,kalau pengen tahu pompa berfungsi atau enggak coba senterin evaporator belakangnya ada air mengalir atau tidak,kalau ada berarti engak ada masalah dgn pompanya

      Delete
    2. Gan mf mw tanya,klo denpoo AR 103 FX sama sharp PJ-A55TY bagus yg mana ya?

      Delete
    3. Denpoo merk apaan tuh, sharp kemana-mana lah. Layanan after salesnya lenih terjamin.

      Delete
  9. kalo saya mau beli filter pad nya dimana yah kan soalnya lama2 hancur filternya soalnya dari kaya kardus gitu,jadi kalo saya mau beli filter itu dimana?
    thx untuk infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ganti aja bos pakai bahan aspen seperti orang2 di luar negeri,katanya sih lebih efektif dan dingin pakai itu,cari aja "aspen material for swamp air cooler" di google,klo istilah indonesianya gak tahu apaan nama bahannya,bentuknya seperti jerami

      Delete
  10. Review Air Cooler Sharp PJ-A36TY : lumayan bisa mendinginkan ruangan kamar sedang kalau di dekatkan persis di depan jendela,namun harus di bantu ceiling fan untuk mendinginkannya (kebetulan punya ceiling fan di kamar gw) agar merata krn ruangannya cukup gede,kalau malam dinginnya seperti menusuk tulang serasa pake ac beneran,fan speed 3-4 (ada 4 speed),minusnya ice pack nya kecil2 walaupun ada 4 bisa dimasukkin 2 ice pack tapi yah setara 1 ice pack tipe diatasnya,dan akhir2 ini pelembabnya airnya gak membasahi seluruh bagian evaporatornya,ane komplen ke sharp nya dan langsung di telpun gw,cielah aftersales nya bagus banget,jempol,katanya engak apa2 krn ada sensor kelembapan katanye,tapi ga ga percaya gitu aja,gw akalin sumbat pakai paku payung kecil yg bagian kecil2 utk water out mau turun ke saringan sarang lebahnya (evaporator),nanti jadi kek bak air dan ada 3 lubang gede diatasnya supaya ngalir kesitu semua dan seluruhnya bisa basah,kelemahan lainnya adalah airnya cuma bs nampung 3,5 ltr kalau ditambah ice pack+pompa airnya,mungkin kalau engak ada itu 6 liter kali sesuai di kerdusnya,tapi berkurangnya gak kek air cooler merek2an yg cepet,dia pelan2 baru berkurang,overall cukup puas,dapet harga 900rb dari 1,3 jt gw tawar keras kokoh yg jual nya,wkwkwkwk (catatan : ane tinggal di pedesaan bukan di jakarta hasil dingin bisa berpengaruh pada daerah masing2)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas, kalo sharp tipe ini ga ada menu humidifier nya ya?

      Delete
    2. Pasti ada gan, harganya udah sejutaan, nggak mungkin nggak ada.

      Delete
    3. Mas pja 55 ty itu d atas penampungan airnya ada pompa yg bs d turunkan,, klo mw dingin pompanya itu d turunkan saja dan terendam d dalam air apa biarlah d atasnya

      Delete
  11. Halo gan, minta referensinya dong mau beli air cooler merk Sharp type pjA55ty atau merk honeywell cs12ae (ace hardware), keperluan buat kamar kost. mohon info + - produk tersebut. thankz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Denpoo juga lumayan, dingin,berangkt kerja botol jelly masukin freezer,pas tidur masukin deh ke tangki,udh itu tangkinya gede sampe 7liter,aku sudah pake

      Delete
  12. Mo tny ni gan,pnyaku merk midea kendalanya g bs hdp wlu sdh dialiri listrik,pk tombol atau remote ttp g bs...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, itu mah udah pasti rusaklah.

      Delete
    2. Sy ada beli aircooler midea jg,,, cm kok ada yg netes ya di bawahnya,, itu mmg gitu atau rusak

      Delete
    3. Harusnya air cooler apapun nggak ada yang netes di bawah, bisa jadi rusak ataupun karena kesalahan pemakaian seperti pengisian air yang melebihi kapasitas full tangki.

      Delete
    4. Saya beli juga merk Midea, cuma terlalu berisik banget kipasnya jadi kayak ada helikopter. Dari pertama bei udah begitu, terkadang muncul lagi suaranya terkadang lagi hilang. Kira2 apanya ya?

      Delete
    5. Harusnya sih nggak ada suara berisik, salahnya agan nggak langsung tuker atau balik lagi ke toko mumpung masih garansi. Sebab air cooler yang bagus nggak berisik, biasanya mulai berisik kalau udah lama dan debuan di dalemnya.

      Delete
  13. harga air cooler yg gw beli 2,9 jt... rugi ga gw tu... dah mulai kesl seh liat coment di atas, sprtnya gw ketipu ne...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buset harga segitu mah mending beli AC kemana-mana dah.

      Delete
  14. Masbroo, air cooler gua sama kaya lu ini mayaka, mendingan pake ice jelly naya apa air didinginin dibitol ya ? kalo pake jelly berapa lama di taruh di kulkas, mohon bantuan info broo

    ReplyDelete
    Replies
    1. ice jelly kaga kerasa efeknya, mending pake aer es aja. Air yang dibotol terus taruh di kulkas semaleman.

      Delete
    2. oohh mendingan air botol dingin brarti ya -_-
      Berapa botol air sebaiknya ? Dan tahan brp lama pemakaian air botol dingin pada air cooler nya ? apakah seharian atau lebih ? tq gan

      Delete
    3. Dibuku petunjuknya udah ada keterangan berapa liter max buat tangki dan miyaka ini cuma tahan dari full tank ampe abis sekitaran 4-5 jam saja kalau di set pada kecepatan 1.

      Delete
  15. saya baru beli air cooler merk tory THC-077,,tapi kalo saya pencet cool atau tidak pencetn cool, angin ya sama saja yg keluar tidak ada embun ya,,,pdhl jely yg saya masukin dah beku banget dan dua jely yg saya masukin...apakah air cooler sya rusak? padahal saya baru beli di giant

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya jelly itu nggak ngaruh sih kalau kata saya mah. Dan air coller tidak mendinginkan seperti ac tapi menyejukan dengan menurunkan suhu ruangan 5-10 derajat. Jadi sampai kapanpun nggak bakalan dingin kaya ac, kalau mau tahu rusak atau tidak lihat di tangki airnya berkurang atau nggak?

      Delete
  16. Gan airnya tidak ke pompa, ada cara perbaiki nya? Atau harus ke tukang service

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah nggak tau gan cara memperbaikinya, kalau masih ada kartu garansi coba lihat alamat servicenya dan kalau beli di carrefour atau giant bisa ke CS-nya.

      Delete
  17. Very useful article. Very interesting to read this article. I would like to thank you for the efforts you had made for writing this awesome article.
    Evaporative Cooling

    ReplyDelete
  18. Gan,mau tanya,sy pakai mayaka..kalau buka tangki airnya waktu air cooler hidup ga masalah kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam buku petunjuk tertulis jangan masukan air dalam keadaan terpasang ke listrik, duh dibaca donk manualnya.

      Delete
  19. Gan kenapa air cooler saya tombol on nyatidak berfungsi dan mengeluarkan suara bising

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, itu mah rusak sist, kalau bising bisa jadi karena dalemnya nggak pernah dibersihkan, jadi banyak debunya.

      Delete
  20. Gan mf perbedaan air cooler denpoo dan sharp gmna ya? Lebih bagus yg mana denpoo apa sharp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sharp kemana-mana lah, after salesnya juga bagusan sharp.

      Delete
  21. Humidifier memang gunanya melembabkan gan, kalau dehumidifier baru mengurangi kelembapan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sorry salah ketik, thank buat ralatnya

      Delete
  22. gan mohon solusinya, sya pke air cooler merk mayaka CO 028 JY, baru beli 3 hari yg lalu, kasus nya air yg ada di tanki tidak berkurang sama skali padahal udh di tekan tombol humdifier nya, udh 4 jm hidup air nya tetep kya semula gk berkurang,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu gmn tingkat kelembapan di lingkungan sekitar gan,biasanya air cooler bekerja optimal klo timgkat kelembabannya dibawah 65%..klo udaranya kering..pasti berkurang gan

      Delete
  23. Gan mohon pencerahannya, ane baru aja beli air cooler merk Midea tipe ac-120u. Ane baru beli 3 hari yang lalu, tapi pada hari ini air cooler keluar bau amis. Padahal setiap hari penampungan air ane bersihkan dan di ganti, kira2 apa masalahnya ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kurang tahu, tapi merk itu udah ada ion ionizer sebagai pemurni udara mungkin efek dari sini.

      Delete
  24. Gan,ikut koreksi..itu yg warna hijau bkn filter tp evaporator..yaa bahasa kerennya mah evaporative

    ReplyDelete
    Replies
    1. thankyu, abis kata salesnya itu filter...

      Delete
  25. Aku baru beli air cooler merk tori THC-098, tapi kenapa air'y gag berkurang ya? Trus klo aku tekan tombol cool air'y malah netes2 gitu, kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek bak airnya..siapa tau kurang rapat..

      Delete
    2. Bukan nggak berkurang sista, tapi belum aja merk itukan bisa sampai 7 jam on dan 8 liter air, cepat nggak air habis tergantung speed dan jenis wind yang dipakai.

      kalau airnya netes rada bahaya, seharusnya sih nggak boleh netes, soalnya air cooler pake listrik. Coba sista telepon call centernya atau tanya ke tempat jualnya.

      Delete
  26. Gan,punya saya merk mayaka..apakah cara kerja nya air dari tanki di pompa naik dan di alirkan ke kisi kisi sehingga air yg turun kembali terlihat di bag tanki tsb.namun akhir2 ini air tersebut udh ga terlihat turun lagi wlaupun sy pencet humidifier nya.apakah pompa nya rusak ya?
    Mohon respon nya ya gan supaya saya ga mati kebingungan.hehehe..
    Trims gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liat aja gan, air dalam tangki apakah berkurang kalau dipakai seharian? Kalau berkurang berarti masih normal kalau nggak berkurang walau seharian, nah itu baru ada yang rusak.

      Delete
  27. Trims info nya gan,pian ni pina musti..muar aku

    ReplyDelete
  28. Gan mau tanya dong, yg pake Sharp PJ-A55TY. apakah selama dipakai airnya keluar kelantai? setelah bbrp jam, lantai langsung basah semua. tapi itu bgitu kalau nyalain pendingin. kalau cuma angin aja, ga begitu.

    trims gan infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya sih nggak, coba dah baca manualnya siapa tahu ada petunjuk klo nggak disebutin apapun, tentang air keluar itu, pasti ada yang bocor. Air cooler nggak boleh basah karena nyolok langsung ke listrik, jadi rada-rada bahaya tuh.

      Delete
    2. Stell kecepat angin nya dipasisi brp bro ?

      Delete
    3. = punya gw gan...netes ke lantai,
      Lampu pendingin lgsg berkedip

      Delete
  29. Gan minta rekomendasi air cooler budget 500rb'an dong, kemarin liat2 di tokopedia/bukalapak ada mayaka 500rb, tapi nyari2 di toko biasa ga ada -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo budget cuma segitu apalah daya, paling mayaka atau midea aja gan, klo punya lebih ane sih amat menyarankan sharp.

      BTW mayaka ane beli di carrefour 900 atau sejuta, di lazada cuma 600...nyesel banget.

      Delete
  30. Kok pnya ku nggak bisa dingin ya padahal udah di kasib es batu sama air trus pencet tomol apa ya tolong bantuan nya dong

    ReplyDelete
  31. halo gan, kalo beli filter yg air cooler sharp, yg kaya sarang lebah itu dimana ya, bsa di bantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sharp biasanya ada service after salesnya, coba googling atau lihat di buku panduan telpon terus tanya apa jual filternya.

      Delete
  32. air nya gak bisa naik jadi gak dingin, kira kira apanya yg rusak ya, tolong bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastiin dulu airnya ngak naik dengan pakai selama 3-4, kalau tangki nggak berkurang pasti ada yang rusak di selang penyedotnya.Kalau merk bagus kaya sharp sih, bisa ke after sales servicenya, kalau merk selain itu mau nggak mau ke tukang service abal-abal yang biasanya benerin ac.

      Delete
  33. Bos yg ane air cooler merk kris lampu indikator folternya nyala terus. Cara matiinnya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah baru tahu ada merk kris, maksudnya krisbow ace hardware ya? Nggak bisa komen nggak pernah lihat.

      Delete
  34. Bang yg gua air coolernya tipe g-8 model : 328 ACi made in korea, gunanya tombol evaporator buat apa ya? Buku panduannya ilang dan ini udh lama gak di pake cuman di pake seminggu doang pas awal beli

    ReplyDelete
    Replies
    1. tombol evaporator biasanya berfungsi untuk cooling atau mendinginkan air.

      Delete
  35. Remot air cooler midea ane ilang. Bs bantu dimana dapetin nya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cona tokopedia, siapa tahu ada yang jual remote universal.

      Delete
  36. Klo bocor dibagian bawah air cooler(merk sanken) itu gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bocor itu ada dua, bocor dari tangki airnya atau dari pipa yang sedot air dari tangki. Harus dilihat mana yang bocor.

      Delete
  37. Saya punya aircooler yg merek honeywell kmrn baru dibersihin trus kadang2 suka bocor air nya dibagian bawah. Itu kenapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama seperti di atas sis, bisa tangki atau pipa penyedotnya, harus dilihat dari mana dulu.

      Delete
    2. Cara ngecek biar bisa tau kalo pipanya penyedotnya yg bocor gimana ?

      Delete
    3. Mau nggak mau dibuka bagian belakang dan dilihat bocor apa nggak ketika dinyalakan.

      Delete
  38. mas mbak saya mau tanya...lebih baik mana kalo beli air cooler apa beli ice pack aja ya yg banyak ditaruh disekeliling kamar wkwkwk...gan fungsinya sama menurunkan suhu ruangan. dan katanya ice pack bisa tahan sampe 3-4 tahun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ice pack itu tetap harus dimasukan ke dalam freezer biar dingin loh, nggak bisa langsung dipakai.

      Delete
  39. beli air cooler yang murah aman dimana ya om?
    salam dari http://onnormal.com/

    ReplyDelete
  40. Om, saya mau tanya,,, air cooler saya merk midea,,, sudah dialiri listrik kok dinyalakan pakai remot atau langsung,,, gak bisa ya om,,, mohon solusinya om,,, saya lagi bingung,,, tks om...

    ReplyDelete
  41. Maaf om tolong bantuannya,
    Ane punya magna air cooler mfl-5a. Sebelumnya ngga ada kerusakan.
    Petaka ini berawal pas ane mudik, begitu balik lg ternyata tuh barang dah ga nyala samasekali.
    Pas ane bongkar buat cek ternyata kabelnya pada dimakamin tikus T.T
    Yg mau ane tanya om punya skema kabel2 yg ke tombol2 ngga? Itu larinya kemana ya om.
    Sebelum ane bawa ke tukang service atau ane lempar ane mau coba utak-atik buat belajar om.
    Makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, nggak punya gan. Nggak ngerti juga, mending langsung service dah.

      Delete
  42. Gan mau tanya,sy punya oxone tipe 815N, dr awal beli sampe sekarang kok airnya gak berkurang ya, paling dilihat seminggu kemudian airnya cuman setengahnya yg berkurang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu jalan kok gan, air itu habisnya tergantung tingkat pemakaian, ada yang cepat ada yang lamban. Selama berkurang berarti air coolernya jalan.

      Delete
  43. saya pakai botol minuman kemasan yg saya bekukan.... Paling enak botol plastik yg kecil 300ml.

    ReplyDelete
  44. Gan mau nanya soal air cooler merk moztec memang ada lubang di bawah tangki airnya ya?
    Terus gimana cara masukin airnya kalo gitu? Soalnya begitu masukin air langsung sooorrr ngalir kebawah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mana mungkin bisa jalan kalau begitu, sepertinya itu bocor.

      Delete
  45. Mau nanyak mas, sebenar nya kalo pakek kecepatan angin lebih kenceng, rasa² nya lebih terasa angin nya dari pada sejuk nya. Tapi klo kecepatan paling minim, lebih terasa sejuk nya. Atau itu perasaan sy saja yaa ? Sy pakek sharp.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang begitu air cooler, nggak bisa sama seperti AC. Kalau mau adem seperti ac, palingan pakai kecepatan yang paling rendah biar kerasa itu airnya.

      Soalnya kalau di set kecepatan paling tinggi, daya sedot air sama saja, air yang keluar pun segitu saja, Yang berubah cuma kecepatan angin sementara daya sedot dan jumlah air tetep segitu.

      Delete
  46. Duhh; goblog aja nulis evaporative air cooler bukan ac. Yaiya blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maklum texas panas banget, jadi nggak konsen.

      Delete
  47. Mau beli pompa air untuk aircoler ditoko elektrik atau toko apa yh.

    ReplyDelete
  48. Mau beli air cooler agan" pastikan dlu yaaa cek harga pasaran. Tanya mbah gogel.

    ReplyDelete