Cara Memaksimalkan Nokia C3, Biar Mirip Smartphone

Cara Memaksimalkan Nokia C3, Biar Mirip Smartphone

Masih pakai nokia classic seperti nokia seri C3? Kebetulan gua juga pakai nokia C3 ini sebagai secondary phone, setelah sebelumnya nokia N70 ternyata terlalu sulit buat sms karena keypadnya kecil banget. Akhir gua memutuskan buat hijrah ke nokia C3 bekas nyokap yang sudah berumur 5 tahun. Tapi siapa sangka nokia C3 ini masih mumpuni untuk mengakomodir kebutuhan dizaman sekarang. Berikut langkah-langkah biar nokia C3 bisa jadi smartphone untuk sehari-hari.




1. Ganti Casing
Kebetulan casing nokia C3 gua udah buluk banget dan memang harus ganti. Berhubung sulit banget ganti casing nokia C3 mau nggak mau memang harus pergi ke counter buat minta dipasangin. Casing non ori murah kok, plus pasang paling 35 rebu, sebenarnya pasang sendiri juga bisa tapi ribet dan takut rusak.

2. Update Firm ware
Caranya buka setting --- phone --- phone update --- current sw details pastikan firm warenya yang paling updated yakni V 08.7115-11-11 RM-614  kalau belum langsung updated, sebab tanpa firm ware terbaru nokia C3 nggak mungkin berjalan mulus. Ingat download pakai wifi jangan OTA sebab nokia C3 cuma edge, mau nunggu selesai update sampai kapan?

3. Download Themes Premium
Jangan pernah download themes di ovi store karena tema di sana jelek semua. Satu-satunya situs dengan tema nokia C3 premium ada di gallery.mobile9.com tema premium ini bakal bikin nokia C3 kelihatan keren. Download tema in sebaiknya di komputer lalu pindahkan ke nokia C3, ribet kalau pakai browser bawaan.

4. Download apps.
Nah, biar nokia C3 bisa jadi smartphone wajib download whatsapps, line, facebook, twitter dan nimbuzz. Caranya buka ovi store dan tinggal download atau update semua aplikasi tapi sayangnya ovi store, udah nggak mendukung apps twitter dan gua nggak bisa nemu di mbah google apps twitter resmi yang compatible.

Terus terang gua nggak menyarankan untuk mencari di google sebab udah dicoba dan banyak apps yang nggak compatible jadinya error, satu-satunya tempat dimana semua apps compatible yang cuma di ovi store. Walaupun appsnya memang sangat terbatas.  Kalau habis update atau download whatsapps, line, facebook, facebook messenger ada tanda kunci. Jangan takut, karena semua apps itu nggak kelock yang dibutuhkan cuma jaringan wifi yang kenceng. Setelah apps dengan tanda kunci terbuka karena wifi maka setelahnya dibuka dengan jaringan edge lancar tapi kalau dari pertama dibuka dengan jaringan gsm edge, pasti susah, lama nggak jarang cuma ngeload tanpa terbuka.

Untuk games nggak perlu download di ovi store karena banyak yang compitable di gallery.mobile9.games

communities
Nokia C3 punya fitur communities dimana semua jejaring sosial disatukan tapi untuk bisa pakai jejaring sosial media nggak perlu masuk ke communities, karena Nokia C3 gua selalu failed masuk ke communities (connection error) dan akhirnya untuk jejaring sosial, pakai apps terpisah yang digroupkan dalam folder collection.  Imbasnya semua notif jejaring sosial nggak bisa nampil di layar cuma suara dan getar.


5. Paket Data Harus Selalu On
Supaya notifikasi whatsapps, line, facebook selalu nampil atau berbunyi. Caranya buka setting --- connectivity---packet data---always online. Jangan lupa sudah langganan paket data ya, kalau nggak tar abis tuh pulsa.

Reactions

Post a Comment

10 Comments

  1. HP jadul tapi masih tetep keren sekali, dulu saya punya tapi sudah ganti Android,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayang mas, mending dikoleksi sapa tahu nasibnya kaya nokia pisang

      Delete
  2. Kaya saya dong kang,, saya punya nokia c3-00 ..di isi aplikasi whatsapp,line,sma facebook messenger.. Tapi alhamdulilah lancar bisa bermanfaat. Ngga ngabisin kuota lg..hemat. Bahkan sudah di pasang aplikasi google maps, sms arab, sma aplikasi alqur'an :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana cara nya make line di hp nokia c3? Ini setiap download error mulu nokia notification enabler nya. Terpaksa make nokia c3 abis dicopet huhu

      Delete
    2. download file mentahnya dulu, lalu instal manual di hape. cari line yang buat jar.

      Delete
  3. Wuihh !! Kebetulan punya nokia c3 nyobain ahh lumayan kan hape java rasa android heheh tengkyuh bang

    ReplyDelete
  4. gan update firmware c3 ke mana? kok saya update lgsg di hp ga bisa. ada perintah "remote server not responding"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang masih ada upgrade firmware? Bukannya ini produk udah discontinue. Kalau gagal OTA pakai software nokia software updated donlot programnya di google tapi kudu punya kabel data nokia CA-101 loh.

      Delete
  5. Nokia c3 00 ternyata memang masih canggih, secanggih android jaman sekarang... Semoga masih berguna sampai tahun 2020an ke atas , dan mungkin bisa jadi barang antik yg pernah menyerupai android jaman now...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang whatsapp dan aplikasi lainnya, udah nggak support lagi ke java.

      Delete