Resensi Buku : Kalila dan Dimna 2 : Dongeng di dalam dongeng.


Sudah pernah lihat film Inception? Film yang bercerita mimpi di dalam mimpi. Seperti itulah buku dengan judul Kalila dan Dimna 2 Fabel Tentang Pertikaian dan Intrik, karangan dari Ramsay Wood. Buku ini bercerita tentang fabel atau lebih tepatnya kisah yang dilakoni oleh para hewan dari India, tapi jangan harap jika Kalila dan Dimna akan seperti buku fabel anak-anak.

Tata bahasa Ramsay Wood yang indah bak puisi dijamin bikin semua buku yang pernah anda baca seperti kacang goreng murah meriah, banyak sekali kosa kata baru yang ditemukan dalam penggalan kalimat. Serta alur cerita yang dasyat seperti Inception sumpah bikin takjub, dimana awal cerita dimulai oleh seorang Raja bernama Dabschelim. Raja baru ini mengundang seorang pendongeng bernama Bipdai karena dongengnya konon berisi kearifan, maka dimulailah  Bipdai mendongeng. 

Ketika satu dongeng dimulai maka di tengah cerita si tokoh utama akan mendongeng kembali, begitupun seterusnya sehingga akan merasa seperti Leonardo DiCaprio. Merasa seperti terjebak di limbo tidak tahu mana dunia nyata dan mimpi begitupun Kalila dan Dimna ketika sudah berada di tengah, anda akan bingung sedang membaca cerita siapa.

Buku setebal 263 halaman dan seharga Rp25.000 tergolong langka, saya pun tanpa sengaja menemukannya di sebuah toko  buku. Jadi kalau anda berminat membaca buku yang lain dari pada biasanya, selamat berjuang mencari buku ini. 



2 comments: