Ternyata Kebun Raya Bogor Punya Rumah Anggrek dan Orchidarium Loh!

Banyak orang yang mungkin belum mengetahui kalau kebun raya Bogor lebih dari sekadar taman nan luas, sebab tempat ini juga diperuntukan sebagai lahan pembibitan berbagai tanaman. Nah, salah satu dari lahan pembibitan di kebun raya Bogor ini ternyata dibuka untuk umum, bahkan disediakan pula tempat display untuk menikmati hasil pembibitannya. tempat yang saya maksud adalah orchidarium dan rumah anggrek, kalau untuk rumah anggrek pasti semua orang sudah tahu, sementara banyak yang kurang sadar mengenai keberadaan orchidarium. Tempat ini biasanya dikunjungi karena sepi dan rimbun, jadi banyak abg yang mojok getuh dah. Padahal di orchidarium kita bisa mengamati bagaimana pertumbuhan berbagai macam bunga anggrek.

Rumah Anggrek
Terletak di dalam kebun raya Bogor, bagi para pecinta anggrek mungkin ini tempat tujuan paling memuaskan. Sebab rumah anggrek menyediakan berbagai jenis anggrek yang bisa langsung di bawa pulang jika anda berminat, rumah anggrek sendiri adalah sebuah taman display untuk memamerkan anggrek hasil budidaya kebun. Walaupun sebenarnya bisa juga disebut sebagai rumah kaca khusus anggrek.



Orchidarium
Jika rumah anggrek tempat untuk memamerkan maka orchidarium adalah tempat untuk menumbuhkan bunga anggrek, sejatinya orchidarium berarti tempat atau lingkungan baik terbuka maupun tertutup untuk mengembangbiakan tanaman anggrek. Orchidarium terletak di bawah rumah anggrek dan tidak selalu terbuka untuk umum, mungkin karena belum musim panen orchidarium ini diperbolehkan dibuka. Jika rumah anggrek taman tertutup maka orchidarium adalah taman terbuka, di sini berbagai inang atau bibit anggrek dengan bebas ditaruh di seluruh penjuru taman. Jika musim anggrek mekar maka orchidarium ini menjelma menjadi taman bunga namun saya tidak tahu apakah ketika anggrek mekar, orchidarium diperbolehkan untuk umum. 

4 comments:

  1. Replies
    1. sebenernya sih nggak, soalnya wakti dateng bukan musim mekar. Kalau mau bagus pas musim berbunga.

      Delete
  2. Indahhhhh,,,,,, aku juga suka anggrek lho,,,,,,

    ReplyDelete