Pengalaman Ikut Tes Pramugara Cathay Pasific


Gua mo share aja, tentang pengalaman ikut tes pramugara Cathay Pasific, tanggal 14 mei 2011 kemaren, sumpah ini pengalaman gokil buat gua. Kenapa?  Bayangkan gua dapet email invitation melalui email tanggal 28 april untuk ikut tes pramugara cathay pasific tanggal 14 mei, lebih parah lagi gua nggak punya passport, lebih sarap lagi tinggi gua cuma 158cm. Buat banyak orang lowongan buat jadi pramugara ini adalah impian banyak orang, terlebih yang panggil adalah airlines terkemuka. Apalagi buat yang pernah kerja jadi pramugara di airlines lokal semacam lion air, gua rasa pindah ke airlines international adalah wajib. Singkat kata gua secepat kilat bikin passport dan penuhin semua sarat buat tanggal 14 mei nanti di crown plaza hotel jakarta.


On The Day
Pas hari sabtu 14 mei kebetulan gua dapet jam 09:45, begitu sampai kita harus udah kasih passport, print invitation sama poto pasport ukuran 4x6. Setelah itu di kasih form buat kita isi, standar sih cuma alamat, nama, no telpon sama pendidikan terakhir. Nah di dalem fuction room- Tiara kita di kasih pengarahan sama mbak-mbak pramugari yang asal Indonesia, sekalian kita nonton video tentang Cathay Pasific. Gua lumayan shock soalnya pas gua liat video itu pramugari dan pramugaranya begitu so so, baik tampang maupun skill bahasa Inggrisnya. Tadinya gua udah minder karena pendek lumayan naeklah PD gua, karena pramugara di video itu ngga perfect giginya berantakan dan keliatan ngga begitu tinggi, walaupun mukanya lumayan. Setelah itu baru tes pertama, kita di suruh liat ke tembok ada sticker dengan tulisan 208 cm.


Tes Pertama Armreach Test 208 cm
Ok guys ini udah hopeless dengan tinggi Cuma 158 cm! apa yang gua harapkan dari armreach test ini, semua orang yang duduk di persilahkan berdiri dan lepas sepatu. Kita semua harus bisa sentuh sticker 208 di tembok, perempuan di pinggir gua namanya Henny kasih semangat kalau gua pasti bisa. Personally gua sih pasrah aja, malu sekalian dah. Begitu giliran gua sampe langsung dag dig dug, untungnya boleh jinjit. Gua jinjit ampe semampu gua sampai sampai, pramugari orang hongkong yang jaga tesnya bilang “ is this all you can?” gua ampe berdiri di atas jari-jari kaki gua! Sialnya karena ngepas banget penjaga satu lagi pake ngitung “1,2,3,4” selama dua menit, untungnya gua bisa stabil jinjit dan jarinya sentuh itu sticker 208 cm.  Ampe keringet dingin gua, setelah lolos gua boleh duduk lagi. Sementara yang ngga lolos dipersilahkan keluar.


Tes kedua Group test
Setelah test armreach kita akan di bagi-bagi perkelompok sebanyak 12 orang, setelah itu dibawa oleh dua orang penguji ke dalam ruangan. Nah gua dapet nomor dua dan sisanya sumpah bikin minder, cowoknya pada tinggi dan good looking semua ah sial down lagi gua. Setelah masuk ruangan kita dipersilahkan duduk, lalu 12 orang ini akan di bagi jadi 3 kelompok. Masing-masing kelompok di kasih satu soal tentang cara promosi pariwisata indonesia ke orang rusia, kelompok gua kebagian item shooping dan sightseeing. 

Penguji ada dua orang wanita satu murah senyum satu lagi judes minta ampun, kita di suruh diskusi tentang shooping dan sightseeing pake bahasa inggris nggak boleh bahasa Indonesia, karena dua penguji ini matanya jelalatan. Gua sih semampu gua aja diskusi bahasa inggrisnya, sisanya adalah menebar senyum ke segala arah. Nah setelah lima menit setiap kelompok disuruh bikin kesimpulan, kita kasih kesimpulan bergiliran. Setelah kasih kesimpulan perkelompok, seluruh orang dalam ruangan harus mengeluarkan pendapat tentang apa yang paling penting dari promosi pariwisata Indonesia, gua cuma ngomong sekali aja, abis itu tebar senyuman ke segala arah.

Begitu selesai kita di suruh berdiri, satu persatu dipanggil terus dikasih kartu kuning dan di suruh keluar ruangan. Anehnya gua nggak di panggil-panggil malah diem di dalem, bareng lima orang lainnya dan ternyata yang di dalem lolos ke babak selanjutnya. Buset dah, gua ampe shock cowok cowok yang good looking dan tinggi tadi gagal, gua satu-satunya cowok yang lolos sisanya cewek dari group gua. Bahkan yang talkative pun kaga lolos, set dah bingung gua.



email invitation, kayanya mereka nggak baca tinggi gua, cuma quick resume dalam bahasa inggris aja

kartu kuning lolos ke tahap selanjutnya, yippie

Tes ketiga debate test
Tes ketiga ini kita lagi-lagi di kelompokin jadi 12 orang, di bagi jadi dua kelompok. Nanti di kasih soal kelompok kita pilih pro atau kontra, soalnya tentang bener ngga kalau media membawa pengaruh buruk. Kelompok gua pilih setuju aja, kalau mau jujur ini sih debat biasa ko. Standar bangetlah Cuma kita ngga boleh ngotot dan bersih keras, ada yang jago inggris ada yang blepotan kaya gua. Semua orang di harapkan bicara dan kasih kesimpulan, pengujinya perempuan dari hongkong. Terus terang di sini ngga kebaca banget, karena gua udah maksimal bicara dan menebar senyum maut. Begitu hasil keluar ya gua ngga lolos, dapet kartu kuning untuk tunggu dua minggu. Kalau kata gua sih bahasa halusnya kaga lolos, tes debate ini nggak kebaca banget dari 12 orang Cuma lima yang lolos. Lima orang ini juga bikin bingung, karena ada yang inggrisnya bagus, ada yang blepotan macem gua, ada pula yang diem dan nggak pernah senyum. So gua pikir mungkin faktor lucky kalinya yang megang banget.

Ehemm penasaran emang nunggu dua minggu dipanggil lagi atau bahasa halusnya gagalnya?
 
Setelah tes debate ini menurut orang-orang sih ada tes inggris pilihan ganda, kalau lolos berarti interview terakhir jadi ada 5 steps di satu hari buat lolos plus medical check up jadi 6 langkah yang harus dilolosin kalau mau jadi flight attendant Cathay Pasific.

Note for guys:
Banyak banget mitos-mitos tentang jadi pramugara, tapi setelah kemaren gua test.

       1.Kalau cowok cepak or botak no problem bisa ikut juga.
       2.Gigi nggak harus rapi banget kaya bintang iklan pepsodent, tapi behel not recomended
       3.Tinggi minimal kalian harus 158 cm, karena itu tinggi gua yang udah ngepas banget ama armreach test 208 cm. Buat kalian di bawah 158 cm not recomended, kecuali kalian bisa terbang.
       4.Soory moory tapi jerawatan no pass, harus bersih mulus.
       5.Dress code office look shirt and tie, lebih bagus pake jas. Kalau dandannya casual dapet extra  point buat langsung keluar, so dandan yang rapi. Juga karena nanti kalian kerja pake dasi dan setelan
       6.Kacamata juga not recomended, karena kemaren nggak ada cowok kacamata yang lolos. Pake lens sangat tidak disarankan, karena ada med check nantinya.

So overall buat gua sih nothing to loose, iseng-iseng berhadiah. Lumayan seneng, gua cowok dengan tinggi terendah yang bisa sampe sejauh itu, kalau rejeki mah nggak bakal kemana.

Buat info lebih kalian tinggal klik aja page, forum pramugari dan pramugara ini karena udah gua backup ke forum pramugari and pramugara.

19 comments:

  1. Heyyy mau meralat dong. Itu point no.6 salah banget! Mataku minus 3,5 tapi lolos medcheck dan baru aja dapet offer untuk pre employment briefing. So, kalo di Cathay, ngga harus punya perfect eye sight ko. :)

    ReplyDelete
  2. oya..soalnya gua tes ngga ada orang berkacamata tuh...thanks buat ralatnya..and congrats ya...

    ReplyDelete
  3. kira kira ada tes ronsen ga??

    ReplyDelete
  4. bukannya ronsen itu udah satu paket dengan tes kesehatan, so far ngga ada ketentuan perokok ngga bisa tapi yang pasti di cabin di larang merokok.

    ReplyDelete
  5. buat hendro ngga ada dagang no di blog gua

    ReplyDelete
  6. thank's bro infonya. tambah semangat gue dengernya. klo ada info lg share y.

    ReplyDelete
  7. sama-sama gud luck kalau memang mau cari info lagi buka aja "forumpramugari.wordpress" nah di sana banyak banget yang sharing

    ReplyDelete
  8. wahh keren bgt cerita nya ..:)
    aku Wenz,mahasiswa smstr atas jurusan PR nah mau coba sih test pramugara cathay ..
    tinggi 183cm,toefl ny diatas 500 lah krn universitas aku pun international hehe ..tp kendala ny adalah :
    1.mata minus 1,5 (iya sih ada yg blg gak masalah min 1,5 jadi aku amin_in deh) hahahaha
    2.muka aku gak mulus bner ada bekas jerawat + cacar yg lobang2 gtu tp jerawat sih gak ada cuma bekas nya aja ..(kendala yg ini buat aku hopeless) huhuhu
    nah gmna yaa kira2?ohh ya utk dpt info test gtu drmna yaa bro?trs bisa share ttg gaji pramugara sekelas cathay gak dr informasi yg kalian dpt selama ini..hehehe
    Thanks a lot

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba buka forum pramugari wordpress all information you need is there

      Delete
  9. terima kasih gan atas sharing nya.

    mohon pencerahan bagi yang mata minus agan d atas pake softlen terus yah??? pas MCU juga??? Terima kasih gan

    ReplyDelete
  10. terima kasih atas sharing nya gan.

    mohon pencerahan apakah mata minus agan d atas pake soft lens terus?? begitu juga waktu MCU bagaimana dengan soft lens nya? mata ane minus 4 dan silindris

    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soory baru bales, tapi nggak pernah lihat pramugara pake kacamata bukan? Kemungkinan besar bakalan jadi minus dan di MCU nggak mungkin pake soflens karena bakalan ada tes. Soal lolos apa nggak pas MCU ya wassalam, nggak tahu. Tapi seumur-umur nggak pernah liat pramugara pake kacamata.

      Delete
  11. terima kasih gan atas sharing nya.

    mohon pencerahan bagi yang mata minus agan d atas pake softlen terus yah??? pas MCU juga??? Terima kasih gan

    ReplyDelete
  12. Keren ya test nya, jadi pengen ikut nih. Tinggi gua juga 165 semoga bisa jadi Pramugara seperti mu broo . . . Doain ya :)
    Thanks buat cerita pengalamannya, gua jadi mulailebih PD nih. hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. boo, baca yang jelas itu gatot tesnya...huahahahah

      Delete
  13. Replies
    1. Nggak juga gan, yang penting tinggi aja.

      Delete