download untuk Gramedia digital best romance novel

Facebook Me

Kacaunya Cerita AU (Alternate Universe)

Jadi saya menang semacam mentoring kepenulisan yakni, sebuah kelas dimana kamu kirim draft naskah cerita/novel untuk dimentoring oleh penulis yang udah punya nama atau reputasi. Dalam batch mentoring ada salah satu eserta yang kirim cerita AU atau alternate universe. Saya saja baru ngeh kalau ada cerita AU atau alternate universe, buat kalian yang gak tahu apa itu alternate universe atau AU. Ini adalah sebuah cerita yang tokoh utamanya mendompleng orang-orang terkenal atau semacam fan fiction. Misalkan Rihanna yang jadi mahasiswa kece di sebuah universitas sedang jatuh cinta sama seorang idol pop korea. Cuma bedanya dengan fan fiction adalah platformnya, kalau fan fiction banyak di wattpad sementara AU/alternate universe di platform twitter atau Tik Tok.

Contoh AU dan sumber dari : Sindonews

Gak tahu gimana orang yang saya yakini adalah, seorang bocil bisa lolos kelas mentoring ini. Pokoknya dia ada di batch mentoring saya dan ketika mentornya minta draft naskah lengkap, bocil ini malah kasih cerita AU. Ketika di review cerita AU bocil ini ancur lebur banget bahkan, dibilang ampas! Dari premis, penokohan sampai tata bahasa PUEBI gak ada yang bener. Dan si bocil membela diri dengan bilang, "ini cerita AU kak." dari situlah saya sampai riset apaan sih cerita AU (alternate universe).

Begitu saya ngeh apa itu AU (alternate universe) barulah sadar seperti bocah ini salah kamar. Kelas mentoring profesional seperti ini malah ngajuin draft AU, pasti dibogemlah sama mentornya. Lucunya lagi saya baca tuh judul AU yang dikirim dan ternyata cerita AU (alternate universe) termasuk yang viral. Pantas saja tuh bocah dimaki-maki sama mentornya, begitu baca dari awal sampai akhir. Saya pusing sendiri, ini dari EYD aja ancur lebur, premis gak jelas, plotingan juga hadeuh dan parahnya gak masuk akal. Tapi, itu dibaca sampai ribuan kali loh. 

Kok bisa cerita gak logis macam ini sampai tembus ribuan pembaca? Memang sih readersnya juga bocil nolep yang alam bawah sadarnya mungkin belum berkembang tapi, tetep aja saya mempertanyakan apakah remaja masa kini sebodoh itu?   

Makin penasaranlah sama mahluk yang nulis cerita gak logis ini, sayang kelas mentoring online dan bocilnya gak pernah nyalain kamera, namanya juga palsu jadi saya gak bisa tahu identitas aslinya. Mungkin bocah ini malu karena, sebenarnya dia gak bego-bego amat, buktinya tahu cerita AUnya ngaco abis. Makanya malu banget nampilin identitas aslinya. Dari semua peserta mentoring cuma bocah penulis AU ini yang namanya fake. Walaupun based sosmed bisa ketahuan dari judul draft AU yang dikirim terus dibantai sama mentornya.

Baca Juga : Penulis Wattpad Tak Berkutik Saat Webinar

Kirain sudah cukup dunia kepenulisan merosot tajam secara kualitas dengan para bocil penulis wattpad, ternyata muncul lagi ini para penulis AU (alternate universe) gak kebayang itu bocil malunya kek apa pas dibantai online sama mentor, lagian dimana otaknya kirim draft AU? Tahukan bentukan AU seperti apa? Terus dicopas ke word dan dianggap draft naskah. Gak heran tuh mentor naik pitam. 

Baca Juga : Penyebab Saya Malas Baca Wattpad

 




Related Post

No comments:

Post a Comment

Langganan via email, klik di sini

Facebook

Blog Archive

VIVA ID

Popular Artikel

Total Pageviews

Ini Baru Loh

Dari mana Energi Negatif di Rumah Kamu Berasal?

  Disclaimer Kali ini saya mau bikin rangkaian artikel tentang energi negatif di rumah sebab, punya pengalaman tentang hal ini dan ini ada...

Powered by Blogger.

.

.

Search This Blog

Protected by Copyscape Online Plagiarism Scanner

Subscribe Us

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *