Google+

Facebook Me

Review Nec VersaPro VD-E Laptop Core i7 Untuk Sobat Miskin

Review Nec VersaPro VD-E/ Laptop Core i7 3520m/ Harga Rp 3.100.000 - Halo sobat missqueen dimana pun berada, sekarang ada kabar gembira buat kalian yang pengen laptop mumpuni untuk keperluan video editing dan graphic. Kalau biasanya sobat missqueen harus gigit jari untuk bisa membawa pulang laptop core i7 sekarang udah nggak perlu gigit jari lagi. Kebetulan saya baru saja membeli Nec VersaPro VD-E dari sebuah toko daring, setelah bercakap-cakap dengan seller yang sangat responsif saya pun yakin untuk membawa Nec VersaPro VD-E ini, tak perlu merogoh kantung cukup dalam. Laptop core i7 murah ini, saya tebus dengan harga Rp 3.100.000 saja, benar-benar menggiurkan bukan, sobat missqueen.

Desain

Nec VersaPro VD-E

Perlu diketahui bahwa Nec VersaPro VD-E murah ini sama sekali nggak beredar di Indonesia, Nec VersaPro VD-E ini 100% dari Jepang dan yang saya beli merupakan unit buangan yang sudah nggak dipakai lagi sama orang jepang sana aka second. Namun, dengan kondisi 95% masih mulus dan 100% berfungsi dengan baik. Dari segi desain memang nggak begitu menarik karena, Nec VersaPro VD-E ini keluaran tahun 2012-2013 jadi masih bulky banget dan sepintas terlihat seperti laptop-laptop keluaran 2001an, beruntung dominasi warna silver bikin sedikit lebih stylish. 

Bentuknya yang bulky banget menyimpan banyak keunggulan mulai beragam port, nampak menghiasi Nec VersaPro VD-E bahkan port HDMI ada dua di kiri dan di belakang, begitupun port usb yang sebanyak 5 port, bahkan dvd room dan sd card pun tersedia. Jelas terlihat bahwa Nec VersaPro VD-E memang dibuat sebagai laptop profesional yang membutuhkan mobilitas, sekalipun Nec VersaPro VD-E  ini nggak banget buat dibawa-bawa karena bulky.

 Keyboard Bikin Bingung

   
Salah satu kelemahan utama Nec VersaPro VD-E adalah keyboard yang dirancang khusus bagi orang Jepang. Mulai dari letak tuts memang khusus agar mudah mengetik hiragana atau kanji bahkan ada tuts dan tombol yang saya nggak ngerti itu buat apa? Tombol spasinya kecil banget bikin susah dan harus sedikit terbiasa, begitupun penempatan Fn dan Ctrl yang bikin greget kalau lagi ngetik. 

Layar 15 inch, puas banget

Nec VersaPro VD-E
   
Untuk bentang layarnya sudah 15 inch dan bening banget, nggak perlu lagi nonton film bluray di flatscreen, pakai Nec VersaPro VD-E sudah cukup puas. Apalagi dipakai ngedit photoshop atau editing film, layar segede ini emang poll banget. Kualitas speakernya pun mantap, nggak seperti laptop jaman now yang lobang speakernya ada di bawah, Nec VersaPro VD-E mempunyai lobang speaker di atas, tepatnya di bawah layar langsung jadi suara yang keluar jernih banget, walaupun nggak ngebass. 

Performa core i7 3520m

  
Sobat missqueen  pastinya penasaran dengan performa Nec VersaPro VD-E ini? Dengan core i7 3520m dan 2 memory slot yang bisa diupgrade sampai maksimal 32Gb.  Nec VersaPro VD-E  yang udah lumayan uzur ini masih mampu bikin malu laptop keluaran zaman now. Dari photoshop sampai premier lancar jaya, biar makin gegas saya upgrade dari bawaan RAM 4Gb jadi 8Gb supaya render video makin mantap. Kekhawatiran saya terhadap core i7 3520m terbukti salah, sekalipun ini generasi yang dilaunching pada Juni 2012 nggak gagap buat eksekusi Photoshop terbaru dan premier terkini. 

Tadinya saya mau sekalian instal windows 10 namun, kata seller ``ini windows 7 original sayang banget kalau diganti.`` Ya sudah akhirnya saya tetappakai windows 7 dan kalau diganti windows 10 pun saya kira nggak bakal ada masalah sebab core i7 3520m sudah Ivy Bridge microarchitecture (3rd generation) dan setelah saya cek, masih banyak laptop windows 10 yang menggunakan core i7 3520m.

Selain itu Nec VersaPro VD-E ini nggak cepet panas dan punya sistem pendingin yang baik di sisi kiri, bahkan angin kipasnya kerasa banget kaya kipas angin. Jadi Nec VersaPro VD-E ini memang dirancang untuk beban kerja yang berat. 

 Baterai Sudah Uzur
Kelemahan kedua Nec VersaPro VD-E adalah karena ini laptop second, maka daya tahan baterai sudah nggak mumpuni lagi, terlebih Nec VersaPro VD-E ini keluaran 2012-2013 jadi wajarlah kalau standby 2 jam dan pemakaian berat 1 jam. Tapi hal ini masih bisa diakali dengan membeli baterai baru di internet, lagi pula kalau dipakai buat ngedit pasti selalu tersambung charger.         

Update Setelah 6 Bulan
Setelah bosan dengan win7 saya mencoba mengupdate Nec VersaPro VD-E ini ke win10 ver1803 dan ternyata nggak ada kendala yang berarti, compatible dan semua fitur win10 bisa dieksekusi.  Lalu saya turunkan Ram ke 4Gb dan masih berjalan lancar termasuk premier dan photoshop.

Overall
Kalau ditanya apakah puas? Dengan barang second berumur 6 tahun yang lalu dari Jepang ini. Saya jawab puas banget, performanya nggak bikin malu dari photoshop sampai ngedit video pake premier lancar banget. Kelemahan utama di keyboard dan baterai masih bisa dimaklumi dan diatasi. Dari pada saya harus merogoh kocek dalam-dalam, dengan harga Rp 3.100.000 laptop i5 aja kaga dapet bro! Walaupun begitu jika anda berniat membeli Nec VersaPro VD-E dari toko daring, sebaiknya COD selain hemat ongkos kirim, anda pun bisa memilih laptop dengan body paling mulus. Jadi udah nggak ada alasan sobat missqueen nggak bisa pake photoshop dan premier karena laptop nggak mumpuni.

Baca Juga : Review Lenovo B490 053 Intel Core i3 Jadi-Jadian  

5 comments:

  1. Beli toko broo.. ada nomor telpon tokonya kah.. tolong di share..

    ReplyDelete
    Replies
    1. cari aja Nec VersaPro VD-E di tokopedia, setahu saya cuma ada satu toko yang jual.

      Delete
  2. mantab bro saya juga beli sangat puas dengan barangnya dengan uang segitu paling hanya dapat celeron 3000

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Lokasi apa yah? kalau beli mah ke toko daring aja

      Delete