Tips Mengatasi Gigi Kelinci Yang Patah

Tips Mengatasi Gigi Kelinci Yang Patah

Dua bulan lalu ketika sedang diangkat, kelinci holland lop saya tiba-tiba meloncat dan mendarat dengan wajah menempel di lantai. Imbas dari kejadian ini adalah patahnya dua gigi depan kelinci holland lop saya, kondisi dua gigi depan yang patah masih menyambung dengan gusi, sehingga bagian bawah bergantung di gusi. Dalam keadaan panik saya pun membawa kelinci holland lop ke sebuah pet clinic terdekat, setelah diperiksa jawabannya sesuai dugaan. Dokter hewan bilang kalau dia nggak bisa berbuat apapun, mau operasi pun takut kelinci mati.

Antibiotik, pain killer dan madu
Satu-satunya yang bisa dilakukan dokter hewan adalah memberi resep antibiotik dan pain killer lalu menyarakan untuk selalu diberi madu, agar kondisi nggak drop. Dengan berat hati sayapun pulang tanpa banyak yang bisa dilakukan, selain memberi antibiotik dan pain killer, tidak lupa tiga kali sehari saya beri madu supaya nggak drop dan napsu makan terus baik.

Awalnya sudah pesimis sekali dengan kondisi holland lop saya, dua gigi depan patah mana bisa makan? Ternyata kelinci holland lop saya masih bisa makan, beruntung pada saat itu saya kasih dia pelet murah yang nggak terlalu keras.  Tentunya antibiotik dan pain killer serta madu terus diberi, plus saya rajin perhatikan apakah napsu makannya berubah. 


Setelah sebulan sama sekali nggak ada perubahan terhadap napsu makan kelinci holland lop saya, tetap bagus dan banyak, walaupun semenjak jatuh jadi nggak terlalu aktif, karena penasaran saya coba buka mulutnya dan mendapati dua gigi depan yang patah sudah kembali normal? Simsalabim gigi depan bagian bawah yang patah dan menempel di gusi, sudah menjadi satu dengan gigi bagian atas. Entah karena kelinci holland lop saya masih berusia satu tahun atau memang gigi kelinci bisa menyatu kembali, tapi yang jelas kedua gigi depan yang sudah normal ini bisa dipakai makan kembali, bahkan bisa untuk mengigit hay ataupun benda keras. 

Jadi saran saya kalau mengalami kelinci dengan gigi depan patah, segera beri antibiotik agar luka tidak infeksi, lalu pain killer supaya kelinci nggak kesakitan dan madu untuk daya tahan dan napsu makan. Perihal gigi akan menyatu atau nggak? Sepertinya tergantung pada usia dan daya tahan si kelinci sendiri.

gigi kelinci patah
Reactions

Post a Comment

14 Comments

  1. Baru tahu kalau kelinci mahal harus segitunya perawatannya, dulu kelinciku malah kusembelihi karena banyak, tapi kelinci kampung, kalau gigi patah mah malah gak ketahuan.

    ReplyDelete
  2. kasihan banget, giginya sampai patah. Rasanya pasti ngilu

    ReplyDelete
  3. Gue kira gigi kelinci yang dimaksud Gigi seri, taunya gigi kelinci beneran hahaha


    alamsyah project

    ReplyDelete
  4. Antibiotik nya namanya pain killer ya? Kasih dosis nya berapa mili?itu berbentuk tablet or apa?qlu tablet dicampur air? N sehari kasih berapa kali? Soalnya gigi depan HL SAYA PATAH. JUGA.tx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pain killer itu bahasa inggrisnya penahan rasa sakit, klo antibiotiknya dari dokter nggak ada namanya, dikasih sehari dua sampai tiga kali klo nggak salah.

      Delete
  5. Gan, ini patah apa kecabut giginya? Oh jadi dia bisa tumbuh gigi lagi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan kecabut tapi patah, gigi depannya bagian bawah.

      Delete
  6. Gigi kelinciku yg depan bawah copot 1, ga bahaya kan ya berati? Masih bisa tumbuh lagi kan? Umurnya 3 bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Copot karena apa? Kalau jatuh atau kepentok sih harusnya masih bisa tumbuh tapi, kalau copot sendiri berarti ada masalah.

      Delete
  7. Saya baru nemu kelinci, seperti ny jenis fuzzy lop, telantar di jalan daerah perumahan saya, tp gigi bawah ny, kok panjang dan ke arah keluar, bayangkan forklift deh, nah posisi gigi ny gt..
    Itu krn apa y, aku nemu udah gt, krn kasian mo aku rawat, skrg gigi ny patah satu seperti ny, makan mnm smua msh baik ..lahap dan aktif, cuma heran ma gigi ny itu..harus apa y..???

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu harus di bawa ke dokter hewan untuk dikikir atau dipotong. Kalau sudah begitu, biasanya bakal wajib setiap kali udah panjang buat ke dokter hewan untuk dikikir atau dipotong giginya.

      Delete
  8. Kak aku mau tanya kelinci ku gamau makan setiap kali makan hay cuma di emut gabisa dia gigit pas saya cek giginya normal aja itu kenapa ya kira2 mohon dijawab🥺🙏

    ReplyDelete