Review Mau Jadi Apa? Sebuah Komedi Fikom Unpad

Kali ini saya berkesempatan untuk menghadiri sebuah gala premier film nasional yang berjudul Mau Jadi Apa? Film yang dibintangi oleh Soleh Solihun dan para stand up comedy ini adalah sebuah semi autobiography yang mengisahkan masa perjuangan Soleh Solihun selama menjadi mahasiswa Fikom Unpad, seperti tagline film ini yang mengisahkan kurang lebih atau kasarnya hanya sebagian cerita yang based on Soleh real experience sisanya fiksi.

Bukan Komedi Jomblo
Awalnya saya beranggapan Mau Jadi Apa? Adalah tipikal film drama komedi seperti Jomblo yang lekat dengan Bandung dan ITB namun, Mau jadi Apa? Justru meloloskan diri dari komedi seperti Jomblo dan melekatkan diri pada tokoh sentralnya Soleh Solihun. Jadi jangan banyak harap bisa bernostalgia dengan Jatinangor dan Kampus Fikom Unpad jaman jadul sebab hanya seuprit setingan yang dipakai untuk menggambarkan kehidupan kampus Fikom Unpad. Tentunya hal ini mengecewakan bagi para penonton yang berharap bisa bernostalgia dengan menonton Mau Jadi Apa? 

Fokus Pada Soleh 
Kita akan dibawa fokus pada permasalahan Soleh Solihun dan kawan-kawan saat menjadi mahasiwa Fikom Unpad. Yakni Soleh dan kawan-kawan yang berjuang mencari jati diri di tengah kampus, kita bakal dibawa melihat kehidupan Soleh muda yang tanpa tujuan jelas, semua problematika mahasiswa tempo dulu ada di sini. Mulai dari cari gebetan, sengol-sengolan dengan angkatan atas, temen kost-kostan sampe ribut himpunan. 

Simpel But effective
Terlihat simple memang, tapi di sinilah nilai jual Mau jadi Apa? Dengan komedi khas stand up kita bakal sering dibawa ketawa tanpa terpaksa seperti halnya film Warkop Reborn dengan komedi slapstick. Belum lagi jika sudah terbiasa dengan Soleh Solihun maka akan sangat mudah mencerna lawakan Mau jadi Apa? Yang cerdas. Tampilan Mau jadi Apa? Memang tidak se-wah Warkop DKI reborn tapi, humornya jauh lebih renyah dari pada Warkop DKI.


Humor stand up yang cerdas, renyah dan pas dipadupadankan dengan pacing yang cepat membuat Mau Jadi Apa? Jauh dari kata membosankan dan bisa menjadi pelepas penat di kala weekend bersama teman-teman angkatan Fikom.       

Beberapa dosen fikom Unpad yang jadi cameo

No comments:

Post a Comment