Plus Minus Pakai Iphone Untuk Android User

Iphone memang sudah menjadi barang kebutuhan para kaum sosialita dan anti maintsream ibu kota, sejujurnya saya dari dulu nggak pernah tertarik untuk memakai Iphone, kalau produk mac lainnya seperti macbook, justru saya malah demen banget, mungkin karena kerjaan juga yang membutuhkan performa untuk mengedit etc jadinya suka banget dengan macbook namun, untuk Iphone dirasa amat nggak butuh dan penting banget. Jadi selama ini saya sama sekali belum pernah memakai Iphone kendati sudah khatam dengan macbook. Sejari-hari saya memakai Infinite hot max 3 yang dirasa sudah lebih dari cukup, dengan 2Gb Ram, layar 5 inch dan segudang kelebihan lainnya, kebetulan seminggu yang lalu saya melihat penawaran sebuah Iphone 5C dari US yang dijual dengan harga miring, karena pemiliknya sudah punya Iphone 7. Siapa juga nggak mupeng lihat Iphone dijual murah? Penasaran, saya pun membeli Iphone 5C yang menurut penjualnya baru dipakai seminggu dan berikut plus minus memakai Iphone 5C selama seminggu dari kacamata android user.

Iphone 5C Indonesia

1.Start Yang Ribet
Packegingnya memang minimalis, sama seperti android-android murah lainnya, tapi jauh lebih lux dari pada box kardus android. Start pemakaian Iphone pun ribet bukan main! Sebab kita harus daftar akun icloud terlebih dahulu, masukan tetek bengek seperti nama, tanggal lahir, kode etc belum lagi masih harus log in ke web icloud. Masih lebih simple android yang tinggal log-in gmail dan selesai sudah.

2.Apps Store Yang Kacrut
Setelah susah payah daftar icloud untuk bisa masuk apps store, saya harus dihadapkan dengan kenyataan apps store nggak sehebat play playstore. Aplikasi di apps store nggak sebanyak playstore, terus keterangan apps nggak sebagus playstore, cuma ada rate bintang tanpa jumlah download dan sisanya adalah aplikasi berbayar, sedih abis ini apps store.   

3.Nggak Bisa Transfer Data Ke Komputer
Ini adalah satu hal yang bikin saya pusing tujuh keliling, ternyata Iphone nggak bisa transfer data ke laptop. Tunggu bukannya bisa dengan itunes? Memang betul, tapi itunes cuma untuk transfer lagu-lagu saja, sementara untuk foto dan data-data semisal document sama sekali nggak bisa langsung drag and drop! Dengan terpaksa untuk mentransfer data-data harus menggunakan google drive, amat sangat nggak efisien.

4.Ganti Ringtone Aja Ribet
Waktu saya ingin ganti ringtone, otomatis saya copy lagu dari itunes. Sialnya lagu tersebut hanya terditeksi sebagai file musik saja, sama sekali nggak terditeksi sebagai file notifikasi atau ringtone. Setelah riset, ternyata harus motong mp3 dan mengconvertnya lewat itunes. Alamak! Seribet itukah hanya demi sebuah ringtone? Pada kenyataannya iya. Ada yang simple, yakni download di itunes dengan harga 5-7 ribu, males nggak sih?

5.Nggak Bisa Cache Cleaner
Dengan kapasitas hanya 16 GB tentunya Iphone 5C saya terbatas sekali dalam menyimpan data dan aplikasi, bahkan setelah instal beberapa aplikasi saja, yang tersisa hanya 9 GB sebab sebagian termakan oleh cache aplikasi. Seperti instagram yang cache saja bisa 400 MB, lalu saya berinisiatif untuk mencari aplikasi cache cleaner di apps store yang menyedihkan, hasilnya bisa ditebak hanya tersedia beberapa apps saja dan semuanya nggak ada yang bisa hapus cache? Yup, saudara-saudara cache Iphone nggak bisa dihapus! Sampai sekarang saya masih bingung.

Itu adalah adalah lima hal yang bikin ilfill dari Iphone, sayapun segera protes pada teman saya yang apple fans boy, dia bilang, "memang begitu. Iphone tingkat keamananya ketat dan sangat eksklusif. Lo aja yang kampungan." I was like dafuq. 

Terlepas dari ribetnya Iphone, bukan tanpa sebab kenapa Iphone bisa begitu diminati dan punya penggemar fanatik. 

1.Kualitas foto Iphone jauh lebih baik dari pada android, sekalipun android bisa sampai belasan mega pixel. Contohnya Infinix Hot Max 3 dengan 13 MP, hasilnya kalah jauh dari Iphone 5C yang cuma 8 MP.


2. Iphone lebih stabil, jangan samakan Ram 1 GB Iphone dengan Ram 2 GB android, karena masih jauh lebih baik Iphone. Sebagai contoh di Infinix Hot Max 3 aplikasi instagram akan akan force close saat cache mencapai 100 MB lebih tapi, di Iphone cache 400 MB instagram masih lancar, bahkan nggak pernah force close.

3. Tampilan aplikasi lebih baik di Iphone, kendati apps store miskin tapi aplikasi di Iphone masih jauh lebih baik dari pada aplikasi di android. Sebagai contoh snapchat dengan berbagai live filternya, yang nggak ada di android, tampilan banyak apps di Iphone lebih menarik dan intuitif, jauh beda dengan tampilan ala kadar di android.

4. Umur Iphone lebih panjang dari pada android. Life cycle Iphone masih lebih panjang dari pada android, berapa banyak android Ram 1 GB yang sekarang sudah kewalahan untuk bisa dipakai sehari-hari? Kendati sudah Iphone 8, masih banyak Iphone 4S - Iphone 5 yang  bisa dipakai dan diandalkan sehari-hari. 

Buat android user yang terbiasa dengan segala kemudahan android, pasti uring-uringan pakai Iphone. Jadi sekarang Iphone 5C memang saya pergunakan untuk komunikasi, hanya beberapa aplikasi yang dirasa penting seperti gojek dan evernote diinstal, sementara Infinix Hot Max 3 berubah fungsi menjadi tablet, untuk kerja baca document, sosmed dan intertainment. Kalau kalian tanya apa pakai Iphone lebih keren dan nambah pretise, dari pada pakai android? Buat saya sih sama sekali nggak tuh, pakai Iphone kalau muka lo jelek, ya jelek aja, nggak bakal nambah pamor apa lagi prestise. Untung saya beli beli Iphone 5C yang mumer, nggak kebayang orang-orang yang beli Iphone 7 atau 8 dengan harga selangit tapi penuh keterbatasan.  

iphone 5C Indonesia
Umur life cycle Iphone lebih lama dari android, dulu saya pakai Acer Ram 1 GB kurang dari setahun, sudah nggak mumpuni untuk berbagai keperluan dan terpaksa beli Infinix Hot Max 3

2 comments:

  1. Saya pakai android. Belum kepengen pakai Iphone.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum kepengen atau belum ada duit..he...he..he

      Delete