"Kisah Chaiwala" Penjual Teh Bermata Hijau Pakistan Yang Viral

Chaiwala adalah bahasa Pakistan untuk orang yang menyajikan teh atau penjual teh, dan sekitar tahun lalu nama chaiwala menjadi viral setelah seorang photographer bernama Javeria  Ali mengunggah foto seorang chaiwala yang sedang menyajikan teh ke akun instagramnya. Foto chaiwala ini sontan viral di luar dugaan, menyebabkan ribuan orang mencari chaiwala yang diunggah oleh Javeria  Ali. Bukan tanpa sebab foto seorang chaiwala ini menjadi viral, sebab chaiwala ini mempunyai mata hijau, rahang tegas bak model, dalam semalam chaiwala yang bernama asli Arshad Khan menjadi sesasi di dunia maya, #chaiwala merebak di Pakistan dan India.

Arshad Khan yang kala itu masih berusia 19 tahun sama sekali tidak tahu siapa yag mengambil fotonya, sehari-hari Arshad bertugas di kedai teh. Tugas Arshad adalah meracik dan menyajikan teh pada pengunjung, bahkan hidup Arshad sendiri bisa dibilang di bawah rata-rata.  

kisah chaiwala

Ini adalah foto pertama dari Arshad Khan yang diunggah pada instagram  Javeria  Ali, hanya berbekal caption hot tea. Foto ini langsung viral di instagram dan merebak melalui twitter serta jejaring sosial lain dengan hastag #chaiwala atau penjual teh. 

chaiwala arshad khan

Berselang beberapa hari semenjak viral fotonya, ratusan orang mencari chaiwala yang dimaksud, awalnya Arshad yang tidak memiliki smartphone ini kebingungan dengan ratusan orang yang mendatangi kedai tehnya. Mereka berlomba untuk berfoto dan merekamnya dalam video. Arshad baru sadar dirinya tengah terkenal saat orang-orang menunjukan foto viralnya. Arshad sendiri melalui interview mengaku, bingung dan marah. Namun, pemuda ini akhirnya berlapang dada saat dirinya dibanjiri dengan beragam tawaran pekerjaan, pemuda tukang teh ini ditawari oleh banyak agency untuk menjadi model.
kisah chaiwala
klik untuk perbesar

Kehadiran Arshad Khan sendiri, bukan tanpa kontroversi. Di Pakistan sendiri kisah chaiwala ini, diperdebatkan karena Arshad dituding kerap dimanfaatkan oleh orang-orang sekitarnya. Arshad merupakan pemuda yang berasal dari keluarga miskin dan tanpa pendidikan yang memadai, sulit baginya untuk mengetahui jebakan yang hanya mengambil keuntungan dari kepopuleran Arshad. Bahkan sebuah televisi nasional pun memanfaatkan Arshad dengan dalih memberinya make over look, agar tidak terlihat miskin. Banyak orang yang tadinya kagum dengan rupa Arshad, sekarang malah bersimpati dan berupaya memberitahunya lewat sosial media, agar tidak mudah dimanfaatkan. 


Nasib Arshad Khan sekarang 100 derajat berbalik, ia menjadi salah satu top model Pakistan dan gemar hilir mudik di fashon show untuk beragam brand terkenal Pakistan dan India. Sebenarnya Arshad mendapatkan tawaran main film di bollywood, tapi ia menampik tawaran tersebut dengan mengatakan tidak yakin atau tidak mengerti, bagaimana caranya menjadi bintang film. Sekarang Arshad masih menerima tawaran modeling dan mendapatkan kontrak jangka panjang sebagai face brand sebuah ecommerce Pakistan.  

No comments:

Post a Comment