Ganteng Dan Terkenal Berkat Social Media. (Studi Kasus)

Terkenal lewat sosial media bukan barang baru, beragam fenomena orang baru terkenal udah sering banget muncul di Indonesia. Dulu contoh paling terkenal adalah Shinta dan Jojo yang melejit berkat aksi lipsync lagu keong racun. Pada waktu kemunculannya Shinta dan Jojo banyak mendulang beragam komentar, nggak sedikit yang mencerca karena mereka dianggap cuma modal tampang aja. Padahal dengan seiringnya waktu, beragam jejaring social muncul. Modal Cuma ganteng ini justru paling banyak dicari. Paling gress adalah kasus polisi ganteng Saeful bahri yang melejit dalam semalam berkat retweet dari artis Sherina atau brimob yang sekarang jadi tukang bubur. Apapun itu terkenal karena social media bukanlah barang baru.

Berhubung gue orangnya nggak national minded (yeah i know, anak bangsa macam ape yang tau semua hal di luar sementara dalem negeri blank) jadinya gue nggak antusias dengan orang-orang lokal yang tenar mendadak berkat social media tapi lain hal dengan orang-orang di luar sana yang famous berkat socmed dan ini mau gue bahas.

Entah kenapa terkenal berkat social media cuma gegara ganteng baru merebak di negeri paman sam sono. Padahal semua jejaring social munculnya dari sana? Sementara di Indo udah dari kapan tahu! Terus terang ini fenomena yang gue sendiri bingung bagaimana menjelaskannya.

Jack and Finn Harris
Terkenal Karena Youtube
Link Youtube : Jackgaps
Link InstagramFinn Harries
Link Instagram : Jack Harries 

Ini adalah orang pertama yang tenar gegara ganteng mampus thanks to Youtube duo kembar identik ini melejit seantero dunia! Finn dan Jack adalah kembar identik dari great britain yang pada pertengahan tahun 2010 iseng bikin channel youtube. Channel youtube mereka isinya tentang apa? Well, sejujurnya nggak ada yang penting sih, isinya Cuma iseng-iseng belaka macem lomba makan kue atau ngejelasin gimana rasanya jadi kembar.

Emang dunia nggak adil, coba gue bikin channel dengan content yang sama dengan jack dan finn dapet 100 viewer aja susyeh. Beruntung Jack dan Finn ini awesomely good looking bahkan tampang duo kembar ini memang di atas rata-rata orang great britain. Pastinya bikin betah pere-pere ababil di luar sana buat matengin channel mereka. Setelah melejit luar biasanya beragam pintu kesempatan pun terbuka buat kembar identik ini. Konon kabarnya mereka sekarang lagi kuliah jurusan film. 


Berkat fenomena Jack and Finn beragam cowok ganteng muncul di youtube dan mengikuti kesuksesan Jack and Finn. Sebut  aja Cameron Dallas, the Janoskian, Nash Grier semuanya sukses mengikuti jejak Jack and Finn. Kalau di Indonesia, sampai saat ini nggak ada yang tenar di youtube berkat muke ganteng. Ok, ada Aaron sahab dkk tapi mereka bikin content yang lucu dan unik dan nggak cuma modal tampang. So they out of list.


Lost Naked
Terkenal Karena Tumblr
Link Tumblr: abblistic.tumblr

Lost naked adalah nama account tumblr generasi pertama yang langsung tenar karena empunya ganteng. Nama asli lost naked ini nggak ada yang tahu, bahkan sekarang ganti nama tumblr jadi abblistic. Dia tenar setelah tumblr merebak di kalangan remaja amrik sono. Kemungkinan besar lost naked berasal dari canada, saking banyak yang complain dia ganteng, lost naked ampe bikin page sendiri yang bilang kalau dia udah capek denger orang komen “your cute, your hot, your good looking” Personaly lost naked sedikit tertutup karena jarang banget selfies, bahkan setelah buka account instagram pun lost naked tetep jarang nampilin mukanya.

BTW lost naked ini mirip banget sama boneka ken dan gue yakin orangnya rada cong gimana getuh. Nggak banyak yang bisa dikorek dari lost naked tapi dia nggak segan buat minta tiket terbang ke negara manapun dengan imbalan siapapun yang kasih bisa jadi temen dia! Dan banyak perempuan di luar sana yang rela apapun demi bisa kenal sama dia.


Tumblr adalah mini blog yang lebig fokus ke sharing gambar dan social media ini sama sekali nggak disukai ama orang sini jadi nggak ada tuh orang Indo yang tumblr famous.

Nick Anthony
Terkenal Karena Instagram
Link Instagram: nick_sd

Orang ganteng di instagram emang bejibun, ampe muak liatnya. Kenapa gue pilih Nick Anthony? Simple karena dia adalah orang pertama yang instagram famous berkat mukanya. Jaman-jaman instagram masih di ios, account Nick SD booming banget sampai foto-fotonya selalu masuk popular page. Nick berasal dari west coast atau daerah barat pantai kayanya sih florida dan udah buka account di instagram semenjak semester akhir SMA, cowok ini aslinya adalah atlet brazilian jujitsu. Sekalipun instagram famous nampaknya Nick ini sangat berhati-hati buat nampangin foto-fotonya, karena di komennya ada beberapa photographer yang recruit dia buat photo session tapi ahsil photoshootnya kaha pernah ditampilin. Dia nggak terlalu over hype dan stay low terbukti walaupun udah dua tahun malang melintang di instagram, account Nick cuma berisi 60,000an followers. Beruntung buat yang mau kenalan, Nick Anthony majang id snapchatnya di instagram.

Dari foto-foto Nick juga bisa  tahu gimana kehidupan remaja paman sam, aslinya selepas SMA Nick sama sekali nggak masuk college dan langsung kerja. Ternyata remaja amrik sana kalau udah lulus SMA nggak selalu masuk kuliah. Banyak yang masuk militer atau kerja selama beberapa tahun sebelum akhirnya mutusin buat masuk kuliah.


All right, emang banyak orang lokal yang ganteng di intagram, but you know i’m not lokal minded jadinya males banget. Dan banyak banget yang fotonya alay, maksud gue foto mereka rata-rata nggak penting dan bikin ilfeel


Alex Lee
Terkenal Karena Twitter
Link Twitter :Alex Lee
Ini dia foto  Alex from target yang menjadi viral di twitter.

Nah, Alex from target ini terkenal berkat sebuah foto yang diunggah di twitter tahun 2014 ini dengan hastag #AlexFromTarget.  Aneh memang kenapa orang ganteng dari twitter baru kejadian tahun ini di Amrik, secara di Indonesia kasus polisi ganteng udah dari tahun kapan. Alex from target terkenal mendadak setelah seorang cewek dengan iseng mengupload fotonya yang sedang kerja di target (semacam swalayan kaya carrefour) dalam 24 jam #AlexFromTarget langsung jadi trending topic. Sialnya Alex sendiri nggak sadar dan baru tahu ada yang aneh setelah antrian di kasir panjang bukan main, serta rata-rata yang ngantri adalah cewek-cewek abg. Belum lagi pas lagi masukin belanjaan cewek-cewek ini sibuk ambil foto dia. Alex baru tahu apa yang terjadi setelah manager bilang dan dia langsung dipindahkan ke bagian gudang biar nggak bikin antrian panjang.

Alex dengan seragam target warna merah langsung booming seantero negeri paman sam. Bahkan Alex lee sampai jadi bintang tamu di Ellen Degeneres Show sampai saat ini twitternya di follow oleh 550,000 orang lebih dan instagramnya di follow 2 juta follower. Keberuntungan masih di tangan Alex karena dia dapet kesempatan untuk modeling dan casting film.


Fenomena #AlexFromTarget ternyata berbuntut panjang karena sekarang cewek-cewek punya tren buat fotoin karyawan ganteng terus diupload ke twitter dengan hastag nama plus tempat kerja. Seperti #KieranFromT-mobile, #JacobFromStarbuck sampai bikin saingan buat Alex yakni seorang atlet football ganteng  nggak sengaja ditemukan dengan hastag #BrettTheQuaterback mencuat di twitter. 

Ini dia Brett Virgil yang fotonya nyebar gegara demam Alex from target dan ini link twitternya imavirgil 



Sean O’ Pry
Terkenal Karena MySpace
Link Twitter :seanopry55
Link Instagram: seanopry55

Terakhir adalah produk paling sukses dari orang ganteng yang terkenal berkat social media. Jejaring MySpace sendiri udah gulung  tikar gegara kalah saingan dengan Facebook. Namun berkat foto prom night yang dipajang di MySpace. Sean O’ Pry berhasil ditemukan oleh dua orang agency model terkenal. Singkat kata Sean dapet tawaran buat model casting di new york dan sekarang Sean O’ Pry sukses jadi male supermodel. Namanya ada dijajaran paling atas model pria dengan bayaran termahal bahkan sekarang namanya lagi naek daun banget karena tampil di video Taylor Swift Blank Space.


Sebenarnya muka Sean ini gue bilang jauh dari tipikal yang digilai cewek-cewek tapi buat industri mode, Sean merupakan apa yang mereka cari. Wajahnya yang unik, plus dengan tinggi mencapai 190cm bikin karier Sean seakan nggak ada hambatan berarti. Tahun ini saja Sean O’ Pry sukses raup $1 Juta dollar dari hasil kerja cuma jadi model.

MySpace memang udah masuk kuburan tapi ini jadi bukti awal gimana lo bisa tenar dengan cuma modal tampang. Walaupun Sean  O’ Pry nggak MySpace tenar karena dia langsung ditemukan agency, gue yakin cuma masalah waktu aja sejak dia pasang itu poto prom nightnya sampai nyebar ke seluruh dunia maya. buat kalian yang mau up to date kabar dari supermodel ini masih bisa follow twitter dan instagram.

Tahu Mereka Dari Mana?
How do i knew them? Menurut ngana gue sengaja stalking bule-bule ganteng ini? Seriously no! Gue bisa tahu gegara rajin subcribe ke koran-koran lokal di amrik sono dan rajin banget mantangin reddit (semacam kaskusnya amrik) biasanya abg paman sam  rajin banget up date dan bikin thread tentang apa aja yang lagi happening di reddit.  


Kok Facebook Nggak Masuk?
No Facebook famous! Yup, pasti kaget karena nggak ada orang dari paman sam sono yang tenar gegara  jejaring social terbesar di muka bumi. Mau tahu penyebabnya? Ini karena facebook buat orang amrik sono adalah private, mereka ngga sembarang add. Cuma keluarga dan temen deket aja yang masuk friendlist, termasuk buat urusan foto yang pastinya di protec. Bedakan sama orang sini yang semuanya serba diumbar, bahkan jejaring social PATH yang harusnya super private dengan begonya banyak dilink ke twitter. Bahkan yang bukan temen deket sekalipun diapprove! It's  so stupid!

Kenapa Cuma Cowok Aja?
Nah ini dia, sebenernya gue udah cari cewek-cewek cantik dan super hot yang terkenal lewat social media. Hasilnya bujung buneng banyak amit ampe pusing pala gue dan nggak ada yang bener-bener heboh kaya cowok-cowok di atas. Dengan kata lain lebih banyak cewek cantik dari pada cowok ganteng! Belum lagi aktifitas social media lebih banyak di prakrasai sama kaum hawa, kalau cowok jarang banget share cewek cantik ke social media. Sementara cewek nggak segan-segan buat ngeshare cowok yang menurut mereka ok.

Gimana Supaya Tenar Lewat Social Media?
Kalau lo seorang cowok yang udah punya modal ganteng terus masih bingung gimana caranya bisa tenar lewat social media? Gue kasih tips and triksnya:

1: Pilih Social Media Yang Tepat
Sebelum eksis di social media ada baiknya kamu pilih dulu platform yang sesuai dengan bakat dan minat. Maksudnya kalau kreatif atau punya suara emas, bisa pilih youtube dan bikin channel sendiri. Kalau pure cuma modal tampang mending pilih instagram aja, tinggal pose sana-sini. Kalau mau fokus sama satu hal aja, misalkan atlet  bisa  pilih  twitter, dimana kamu bisa pasang foto sama kasih kultweets tips pemanasan sebelum olahraga.
Social media yang tepat bisa bikin kamu semakin cepat terkenal.

2: Put Gimmick
Nah ini yang penting, seperti kasus Alex from target. Modal ganteng udah punya tapi nggak cukup nendang biar di notice. Maksudnya jangan Cuma pasang foto wajah aja harus sedang melakukan sesuatu. Kasus Alex from target adalah ketika dia lagi kerja di kasir dan Saiful bachri pun ke gap ketika bertugas mengamankan cap gomeh, coba pas dia lagi jaga pos. Sherina juga males retweetnya. Jadi jangan cuma selfies, justru selfies nggak bakal attrack follower yang bakalan jadi buzzer kamu menuju gerbang ketenaran.

3. Follow The Ladies
Pastikan account social media kamu berteman dengan perempuan yang tepat, maksud gue adalah pilih untuk jadi teman dengan account perempuan yang punya banyak follower. Misalkan lo adalah cowok jelek yang jadian sama cewek paling populer satu sekolah dijamin pasti bakalan populer juga bukan. Karena cewek-cewek ini bakalan menshout, retweet dan menshare, nggak bakalan cowok ikutan share kecuali ‘jeruk minum jeruk’ 

Note: Dibutuhkan basic ganteng agar tips ini berjalan,

Buat Apa Tenar Gegara Social Media
Emang sih terkenal berkat social media Cuma gegara ganteng ini rada klise, jayus abis. Tapi berbekal pengalaman Jack dan Finn Haris, Cameron Dallas, Nas Grier yang sukses dapet beasiswa tawaran kerja di industri hiburan berkat video youtube mereka. Belum tentu bisa dapet kerja di media besar kalau lulus kuliah dengan IPK besar sekalipun.

Casting, berapa banyak agency model di luar sana yang nggak punya waktu buat cari talent atau liat portofolio di meja mereka. Tapi punya banyak waktu buat main handphone dan tab, Sean O ‘Pry sudah membuktikan kekuatan social media buat jadi supermodel padahal MySpace bukanlah social media yang kuat.


Endorsment, based on my research banyak sekali produk yang sengaja mencari cowok ganteng dengan banyak follower. Produsen ini nggak segan-segan untuk membayar, misalkan Nick Anthony yang mempost merk underwear dan clothing company. Alesan dia mempost  sih bilangnya “merk ini nyaman banget”  Padahal jelas banget endorse.  

8 comments:

  1. Oooohhh *ngangguk ngangguk*
    Gue sih uda ganteng maksimal tapi tetep terkenalnya lokalan Jombang ajah :D
    ah yg penting terkenal hahaha

    ReplyDelete
  2. Tinggal pampang muka aja kok di web, jangan pemandangan aja nanti juga tenar...ha...ha.ha...ha..ha

    ReplyDelete
  3. Memang media sosial bisa membuat orang yang tak dikenal bisa menjadi terkenal. Namun, jika tidak bisa memanfaatkannya media sosial juga bisa membuat malapetaka.

    ReplyDelete
  4. ya begitu banyak orang yang terkenal lewat sosmed :)

    ReplyDelete
  5. Social media memang bisa membuat sesuatu yang biasa menjadi luar biasa ya gan..

    ReplyDelete
  6. Gue baru tau tuh cowo ganteng yang jadi kasir ternyata namanya alex lee. Makasih banyak ya infonyaaa <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama silahkan dikepoin sosmednya alex lee

      Delete
  7. Enak ya modal tampang, tenar, banyak endorsan pula. Fulus ngalir terus

    ReplyDelete