Resensi The Maze Runner Saga : The Death Cure

The death cure adalah buku ketiga dari the maze runner saga, atau lebih tepatnya setelah the scorch trial. Buat fandom the maze runnner pastinya udah nggak sabar buat tahu keadaan Thomas dan para gladers, setelah cukup kecewa dengan film the scorch trial yang jauh banget dari versi bukunya.

 
Sinopsis

Setelah berhasil selamat dari tes di gurun/ the scorch trial, Thomas dan para gladers ditangkap oleh WICKED karena penghianatan Theresa. Dalam markas WICKED, Thomas dan para gladers diberi pilihan apakah mau dipulihkan ingatan mereka atau tidak. Namun, sebelumnya mereka diberitahu oleh Jason pegawai WICKED mengenai status mereka, sebab para gladers terbagi menjadi dua, yakni orang-orang yang kebal terhadap virus FLARE serta orang-orang yang tidak kebal.
Dalam pembagian ini terungkap jika Newt ternyata tidak kebal seperti Thomas dan gladers lainnya. Artinya Newt akan berubah menjadi crank! Dan ketika ingatan Thomas beserta gladers lainnya kan dipulihkan dengan semacam operasi singkat, mereka memberontak dengan dibantu Brenda. Dan ternyata bukan hanya kelompok Thomas yang berhasil meloloskan diri, namun kelompok Theresa pun melarikan diri.

Singkat cerita Thomas dengan para gladers, berhasil meloloskan diri dari markas WICKED, mereka terbang menuju dunia luar dan memilih kota Denver sebagai persinggahan. Ternyata para manusia kebal di seluruh penjuru dunia, semakin menipis, mereka menghilang satu demi satu. Belum lagi Newt tertangkap dan dibuang ke tempat pembuangan orang-orang yang terinfeksi FLARE. Thomas dan para glader terjebak antara situasi dimana para manusia kebal diculik dan menyelamatkan Newt, belum lagi tawaran WICKED untuk Thomas agar dia mau kembali dan melanjutkan tes, demi bisa menyelamatkan Newt dari virus FLARE.  

Resensi

 Kalau dalam the scorch trial, lebih menjelaskan apa itu WICKED dan virus FLARE maka dalam the death cure, kita akan diajak untuk mengetahui keadaan dunia dystopia the maze runner. Banyak hal yang terungkap lewat the death cure, seperti awal kiamat karena semburan matahari/ ledakan radiasi matahari atau super flare, gampangnya tonton aja film Nicholas Cage yang judulnya Knowing. Semburan matahari ini, membakar semua permukaan bumi dan virus FLARE yang merupakan ciptaan manusia yang lolos dari lab karena hancur terkena bencana semburan matahari.

Kemampuan telepati Thomas dan Theresa yang dirasa nggak masuk akal di scorch trial, akhirnya dijelaskan dalam the death cure, karena dalam otak mereka berdua dipasang implan. Sayangnya hal ini dihilangkan dalam film scorch trial, jadi garing banget itu film, no wonder nggak selaku film pertama. Yang saya suka, James Dasher tetap menggunakan pacing cepat dalam death cure, bikin buku setebal 400an halaman ini nggak kerasa. Belum lagi plotingan multi konflik, antara Newt dengan virus FLARE, Thomas dengan WICKED, Thomas dengan Theresa plus Brenda dan hubungan antar gladers bikin setiap bab nggak membosankan, selalu ada kejutan. 

Memang nggak ada kata-kata mutiara, kegemaran kaum ababil yang selalu muncul di novel roman best seller lokal. The death cure mengandalkan jalinan cerita multi konflik nan rumit, serta unsur psikologis dari Thomas,  yang terjebak dalam berbagai masalah, mulai dari Theresa, tanggung jawab terhadap para gladers serta masa lalunya. Jadi nggak heran kalau Thomas dalam death cure dominan banget, sementara gladers lain serasa numpang lewat saja. 

The death cure sukses memberikan nuansa kelam dalam menggambarkan dunia dystopia maze runner, bahkan lebih baik dari scorch trial. Terakhir buku yang sukses bikin saya tenggelam dalam cerita adalah Harry Potter.  Mau gimana cerita yang gelap dan kelam, memang favorit saya, soal ending yang hanya begitu, mungkin ada hubungan dengan buku ke lima nanti.

resensi the death cure


4 comments:

  1. Ava paige itu baik apa jahat? Aku udah baca the fever code, tp masih ragu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di seri-seri sebelum death cure dia jahat, tapi di death cure Dr Paige adalah yang membiarkan orang-orang kebal terakhir meloloskan diri dan memulai hidup baru. Keknya di awal-awal dia jahat, karena masih berusaha mencari anti virus flare, pas terakhir dia sadar kalau orang-orang kebal adalah harapan manusia terakhir dari virus flare, Dr Paige jadi tokoh protagonis/ baik.

      Delete
  2. Kalau di seri-seri sebelum death cure dia jahat, tapi di death cure Dr Paige adalah yang membiarkan orang-orang kebal terakhir meloloskan diri dan memulai hidup baru. Keknya di awal-awal dia jahat, karena masih berusaha mencari anti virus flare, pas terakhir dia sadar kalau orang-orang kebal adalah harapan manusia terakhir dari virus flare, Dr Paige jadi tokoh protagonis/ baik.

    ReplyDelete