Naik GrabCar Dari Jakarta Ke Bogor, Ternyata Murah!

Long weekend ini seperti biasa gue mau balik dari Jakarta ke Bogor, biasanya naik kereta tapi berhubung gue bawa peliharaan nggak ada opsi selain pakai mobil. Biasanya sewa mobil dan beserta sopirnya bakal dicharge terpisah dan kenanya pasti mahal banget. Iseng-iseng gue coba aplikasi yang lagi booming banget dikalangan warga ibukota buat transportasi, apalagi kalau bukan grabbike. Sebenarnya gue udah instal aplikasi grabbike dari jaman pertama ada, cuma baru dipakai sekarang. Karena kepepet maka gue coba untuk menggunakan salah satu fasilitas aplikasi ini, yakni grabcar.


Cuma berbekal telunjuk buat masukin data dan tinggal diem aja sampai nemu driver grabcar yang mau nganterin sampai Bogor. Ternyata ada driver grabcar yang ambil pesenan gue! Dan cepet pula sampainya, setelah gue tanya, kebetulan driver grabcar ini sedang melintas deket rumah. Tapi yang gue nggak abis pikir, adalah biaya keseluruhan sewa adalah Rp 179,000 saja, plus gue kasih tips sebesar Rp 50,000 jadi total yang harus dibayarkan adalah Rp 229,000 dan itu jauh lebih murah daripada sewa mobil+sopir atau naik taxi sampai Bogor.

Sopirnya bapak-bapak sekitaran 40 tahun dan ramah, cuma masalahnya gue kaga bilang tuh, kalau bakalan bawa dua ekor kelinci! Dan si bapak ini nggak ngeh, kalau tas besar warna orange yang ada jendelanya itu adalah pet cargo berisikan dua ekor hewan. Langsung aja gue taruh di kursi tengah dan sepanjang perjalanan berharap dua ekor kelinci ini nggak bakal bikin ribut. 

Sekalipun gue berangkat jam 11 malem tetep aja kena macet di tol dalam kota slipi, ada sekitaran satu jam stuck disitu. Jadi nggak enak sama driver grabcar ini, soalnya gue yang maksa buat lewat tol biar cepet sampai, eh ternyata malah kena macet. Untungnya cuma macet di tol dalem kota yang berisikan orang-orang Jakarta yang mau long weekend ke Bandung, begitu masuk tol jagorawi lancar jaya. Dan gue pun bisa sampai rumah dengan selamat.

Nggak perlu takut bakalan kena charge lebih ataupun ada biaya tak terduga semisal isi bensin atau driver grabcarnya minta lebih, sebab dari awal sudah terdata. Jadi kalau ada apa-apa kita bisa protes dengan mudah, sebab recipent akan dikirim langsung ke email.

Note:
1. Sebenarnya tarif grabcar ini fluktuatif, contohnya waktu gue pesen sekitaran jam tiga sore, pricenya Rp 445,000 loh! Terus gue coba untuk pesen lagi ketika jam sebelas malam dan price cuma Rp 179,000. 

2. Kalau mau cepet dapet driver grabcar, jangan lupa kasih tips sebesar-besarnya, gue pertama iseng kasih Rp 20,000 dan nggak ada yang ambil pesenan, begitu gue naikin jadi Rp50,000 langsung dah dapet.

3. Kalau kira-kira membawa banyak barang yang penuhin mobil harap kasih note dipesanan atau bilang ketika si driver grabcar telepon. Bukan apa-apa, karena grabcar ini adalah moda transportasi bukan moda angkut barang. Jadi bukan diperuntukkan untuk pindahan dan semacamnya, kalau sampai driver grabcar tahu dipakai pindahan etc, dia bisa nolak dan kita tetap harus kasih cancel fee.  

 
Baca Juga : Wahana Retro di Taman Topi Bogor 
Baca Juga : Trip ke Desa Benteng Alla Sulawesi
Baca Juga :Kaum Urban di Kampung Areng Desa Cibodas 
Baca Juga : Weekend di Pulau Pramuka 
Baca Juga : Pesona Desa Kuno Muara Tenang Semendo

27 comments:

  1. makasih banget gan..buat pengalaman sharenya

    ReplyDelete
  2. Mksh infonya gan....tp Kira2 ane klo order dr jakarta ke bekasi bisa gak ya???

    ReplyDelete
  3. Maxmal bawapenumpang berapa yh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada maksimal, asal muat aja di mobilnya.

      Delete
  4. 6 pax. .yg terjamin asuransi, lebih boleh tetapi tergantung mobil sama driverny

    ReplyDelete
  5. kira kira cileduk bekasi berapa ya mas . blm tau soalnya

    ReplyDelete
  6. kalau dr jakarta barat kekarawang tarifnha berapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan tinggal pake appsnya, bisa diestimasi di situ.

      Delete
  7. Replies
    1. nggak termasul, uang tol dia yang bayar sendiri? Mungkin karena saya nggak nawarin atau udah termasuk fee..

      Delete
  8. Kalo dr bandung ke purwakarta bisa gk y?

    ReplyDelete
  9. Saya baru bbrp kali mencoba naik grabcar, ya ampun murah banget
    Tp jd mikir kasihan amat supirnya dibayar murah bgt,mana mobilnya bagus, nyaman pake AC lagi, apa gak rugi tuh drivernya. Jadi trenyuh hati ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya mereka untung loh, katakanlah mereka terima 100 ribu,termasuk fee. Kalau sehari antar penumpang, dikali aja dah. 100,000 x 7 = 700,000 dan itu sehari loh. Seminggu 700,000 x 7 = 4,900,000 loh.

      Delete
  10. Klw di daerah bekasi ituu ada gak si ya grab car..soalnya besok mau ke bekasii. Takut nya di bekasi gak ada grab car..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama seperti saya, pesen dari jakarta ke bogor bisa tapi dari bogor ke Jakarta nggak bisa, kaga ada grabnya. Kalau bekasi kemungkinan besar ada, karena lebih dekat dengan Jakarta.

      Delete
  11. Kmrin sy pesan grabcar dr sentul mnju karawang bisa.cm y kna carg pemulangan driver krn diluar jangkauan.tp gpplh prtm x pesan grabcar sngt puas krn driver nya ramah dan mobil nya pun nyaman.thanks grabcar

    ReplyDelete
  12. maaf numpang tanya kalo naik grab car bawa barang bisa gk sih? soalnya saya mau bawa barang sekitar 1 karung gede isinya sepatu dari Bogor ke jakarta.
    tolong di jawab ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung, kalau karungnya muat di belakang mobil si sopir, nggak apa-apa, tapi kalau sopirnya pake sedan atau hatchback kek datsun dan nggak muat yassalam.

      Paspesen kasih keterangan aja bawa karung besar, biar yang ambil driver yang pakai mobil minibus kek avanza atau xenia

      Delete
  13. kalau dari bogor ke jakarta bisa pakai grab car juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, tapi nggak ada yang yang nge-grab di bogor, udah di coba kosong aja???? nggak pernah dapet

      Delete
    2. Oh begitu..jadi bagaimana kalau saya dari Bogor hendak ke Jakarta. Bulan depan saya akan ke Indonesia. Turun di Jakarta Airport dan mungkin akan ambil grab ke Bogor. Saya akan bermalam di Bogor kerna ada seminar di sana esok pagi. Selepas seminar saya akan ke Jakarta semula. Saya nggak tau transport apa kalau ke Jakarta. Bisa advise saya nggak? Terima kasih :)

      Delete
    3. Sebenarnya kalau trasportasi umum dari Bogor ke Jkarta banyak. Bisa naik kereta dari statiun Bogor dan naik bus ari terminal Bogor, lalu ada shuttle bus langsung ke bandara di terminal pinggir Bitanocal square, simple tinggal di google pun banyak.

      Delete