Follow by Email Untuk Ebook Novel Gratis

Pengalaman Digigit Serangga Tomcat!

Sekitar dua bulan lalu, kamar saya didatangi semacam serangga. Nggak cuma nemplok di lantai tapi juga naik ke baju dan kasur, entah dari mana serangga-serangga ini datang. Dan begitu ada yang nemplok di tangan dan kaki langsung aja ditepok, simsalabim perih kaya ditusuk jarum plus kebakar mulai kerasa. Berselang seminggu setelah  ditepokin itu serangga mulai muncul bentol yang gatal di kaki dan kalau digaruk malah membesar dan berisi cairan. Kalau sampai benjolan berisi cairan itu pecah jadi semacam luka lecet di kulit yang perih bukan main, awalnya cuma satu atau dua benjolan saja, lama-kelamaan benjolan jadi banyak dan ngumpul di punggung, karena kegesek baju maka jadi luka lecet yang lumayan gede plus perihnya minta ampun. Dari sini saya mulai curiga dan coba googling, setelah lihat jenis-jenis luka yang bikin mual dari mbah google, baru ngeh, kalau bentol yang bikin lecet ini berasal dari serangga bernama tomcat, yang seminggu lalu rajin ditepokin kalau nempel di kulit.

Macem Mana Sih Serangga Tomcat?
Nah, itu dia penampakan serangga tomcat sialan, yang mondar-mandir di kamar ada tiga jenis. Yang kombinasi warna item oranye, warna item saja sama yang punya sayap. Terus dari mana datengnya ini serangga tomcat? Kalau dari mbah google sih, bilangnya biasa muncul dari sawah. Tapi rumah saya kan di komplek tengah kota mana ada sawah? Usut punya usut ternyata serangga tomcat ini baru muncul ketika pohon jambu air depan kamar berbuah dan kenapa sampai masuk kamar, karena serangga tomcat tertarik sama cahaya. Biasanya kalau dideketin pantatnya yang beracun itu langsung nungging dan nggak boleh dipegang, apalagi macem langsung ditepok ampe mampus.



Akibat Racun Tomcat


Ini dia akibat nepok tomcat ampe mokat, gejala awal adalah bentol kecil yang berisi cairan dan gatelnya minta ampun, kalau digaruk terus pecah dia jadi luka lecet, bentol semacam ini pada stage awal cuma muncul satu atau dua biji aja dan kalau udah parah bakal ngumpul banyak di satu tempat. Dalam kasus saya ada di punggung, makanya susah banget buat di foto.


Terus Obatnya Apa?



Awalnya saya coba semua yang ada di mbah google dari bedak caladine sampai caladine yang cair tapi nggak mempan sama sekali terus pake bedak herocyn sama aja hasilnya,  bahkan sampai pake bedak marcks soalnya pas googling katanya ampuh, tapi lagi-lagi bulshit! Akhirnya nyerah dan pergi ke dokter, dari dokter dikasih dua buah obat antibiotik yang harus dihabiskan dan sebuah salep merk gentamicin, cukup seminggu lecet gegara tomcat sialan berangsur kering dan menghilang, bahkan bentol berisi cairan sudah nggak muncul lagi. Jadi saran saya sih, jangan pake bedak apapun! Langsung aja ke dokter biar cepet sembuh.


Cara Ngusir Tomcat?
Yang pasti sih jangan sampe kena kulit dah, semprot aja langsung pake baygon. Satu lagi yang saya perhatikan semenjak kemunculan serangga tomcat dari antah berantah adalah munculnya musuh abadi serangga tomcat, yakni semur rangrang, ituloh semut merah yang badannya gede. Untung belom  disemprot itu pohon jambu pake baygon, semut rangrang secara alami membasmi tomcat dan setelah pohon jambu nggak berbuah, otomatis tomcat menghilang. Jadi kalau saya pikir sih tomcat ini semacam anomali alam.
Related Post

25 comments:

  1. Kira kira kalau pake salepnya doang, ampuh gak mas?๐Ÿ˜‚ Saya malah kyk kena minyak panas tapi ngebaret gituh๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Wah kurang tahu, soalnya klinik kantor jadi gratis

      Delete
  3. Dua buah antibiotik itu apa aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tahu, soalnya nggak inget. Tapi tablet kecil-kecil getuh

      Delete
  4. Gentamicin di oles tiap berapa jam bos? Saya sudah 4 hari nambah melebar ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi sama sebelum tidur, udah empat hari mah kudu ke dokter. Saya empat hari sudah kering.

      Delete
  5. Iyaa bnr tuh murah salepnya , aku baru aja kena sampe melepuh , gatelnya minta ampun tapi ga boleh di garuk nanti malah menyebar

    ReplyDelete
  6. Mass pake salep nih berapa hari kering nya mas?

    ReplyDelete
  7. Aq dulu pernah kena tomket. Beli salepnya di apotek Century, harga sekitar 75rb. Salepnya kcl bgt, tp lupa nmnya. 3hari lgsg kering tu bekas gigitan Tomcat.

    ReplyDelete
  8. Sekarang gw lg ngalamin om.. mana di kelopak mata lg. Hadeu apes.. gatel +perih panas.. bengkak pula

    ReplyDelete
  9. Saya jg lg kena nih.... Lg nyoba pke salep 88

    ReplyDelete
  10. saya lagi ngalamin ini ....di jidat dua garis ..di antara idung ama mulut ..sama pipi kanan kiri kecil sama kelopak mata kiri .....pake salep acyclovir 5% lumayan ampuh baru semalem di oles udh mulai menunjukan kering ..harganya murah cuma 5000 an di apotik

    ReplyDelete
  11. Aku jg ngalamin ni di tangan sm di pipi klo d tangan aku udah ada kayak nanah nya gtu perih bngt klo di pipi baru ngebaret aja 2 baretan sakit juga

    ReplyDelete
  12. Anakku umurnya setahun lagi ngalamin nih,, sialan bngt tuh tomket

    ReplyDelete
  13. Saya knk pipi kanan kiri om hbs kanan trs besok nya kiri aduh apes banget .. ? Beli salep nya di apotik ada kah

    ReplyDelete
  14. Saya juga digigit tomcat ksh gentamicin..sehari ga ada perubaha trs sy cb lg dexigen salep mash jg melepuh merah mana dibokong lagi

    ReplyDelete
  15. Bang saya kena tau . Rumah saya kan deket kuburan jadi mungkin keluar nih karna musing dingin ganti panas kata google si gitu . Terus saya kena udh ke dua kalinya . Dan keluarga gaada yg percaya kalo drmh ada tomcat :( awalnya merah lecet gitu . Kirain ke cakar , pas lama lama ko panas bgt kaya kena gosokan . Terus kirain masih kecakar blm sadar ni bang . Pas gitu merah kaya bekas di cupang pacar hahahaha soalnya di leher itu malu bgt diliatin org . Smpet garuk2 in krna ga sadar . Eh besoknya melepuhh , panas, sakit . Akhirnya google lg ternyata bener tomcat !!!! Dan skrg aku lg pake caladine karna baca di google . Agak kering mendingan si bang . Cuma agak ngebett pas dipakein . Antibiotiknya aku pake yg Amoxilin . Minum di kunyah beberapa menit lgsung reda sakitnya . Kalo ga minum aduh skit nya bukan maen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dame, caladine mah bakal perih banget kali. Ya iyalah, sakit banget sampe kudu minum antibiotik, caladine bukan buat gigitan tomcat.

      Delete
  16. Assalamu'alaikum, ini jadinya obat gigitan tomcat apa yaa? Salepnya itu apa??

    ReplyDelete
  17. Saya juga lagi kena nih awalna di pipi baret merah trs gatel perih eh sekarang ngerembet ke tangan dada sama leher,awalnya di olesin minyak tawon pas nyari di google ternyata salah, tts saya nanya ke apotik di kasih salep gentamicin yang di pipi alhamdulilah udh mulai kering cuman yang di leher sama tangan ke gesek baju mulu jadi lecet, saya mau tanya pas udahnya berbekas apa nggak bang?..

    ReplyDelete
  18. Assalamu'alaikum saya juga lagi kena gigitan tomket ini. Aduh rasanya luar biasa panas plus gatel.. Dari kemaren saya coba obatin pake garem sama minyak seperti yang di google
    . Tapi gak manjur juga... Dan saya sekarang akan ke apotik beli salep gentamicin.. Mudah mudahan mnjur

    ReplyDelete

Blog Archive

Search This Blog

VIVA ID

Popular Artikel

Label Artikel

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Highlights

Review Mini Air Cooler, Pas Banget Buat Kamar Kost

Enam tahun yang lalu saya pernah mereview air cooler yang pada waktu itu digunakan untuk kamar kost dan seharga nyaris satu juta rupiah.  ...

Powered by Blogger.

.

.

Total Pageviews