Pengalaman Digigit Serangga Tomcat!

Sekitar dua bulan lalu, kamar saya didatangi semacam serangga. Nggak cuma nemplok di lantai tapi juga naik ke baju dan kasur, entah dari mana serangga-serangga ini datang. Dan begitu ada yang nemplok di tangan dan kaki langsung aja ditepok, simsalabim perih kaya ditusuk jarum plus kebakar mulai kerasa. Berselang seminggu setelah  ditepokin itu serangga mulai muncul bentol yang gatal di kaki dan kalau digaruk malah membesar dan berisi cairan. Kalau sampai benjolan berisi cairan itu pecah jadi semacam luka lecet di kulit yang perih bukan main, awalnya cuma satu atau dua benjolan saja, lama-kelamaan benjolan jadi banyak dan ngumpul di punggung, karena kegesek baju maka jadi luka lecet yang lumayan gede plus perihnya minta ampun. Dari sini saya mulai curiga dan coba googling, setelah lihat jenis-jenis luka yang bikin mual dari mbah google, baru ngeh, kalau bentol yang bikin lecet ini berasal dari serangga bernama tomcat, yang seminggu lalu rajin ditepokin kalau nempel di kulit.

Macem Mana Sih Serangga Tomcat?
Nah, itu dia penampakan serangga tomcat sialan, yang mondar-mandir di kamar ada tiga jenis. Yang kombinasi warna item oranye, warna item saja sama yang punya sayap. Terus dari mana datengnya ini serangga tomcat? Kalau dari mbah google sih, bilangnya biasa muncul dari sawah. Tapi rumah saya kan di komplek tengah kota mana ada sawah? Usut punya usut ternyata serangga tomcat ini baru muncul ketika pohon jambu air depan kamar berbuah dan kenapa sampai masuk kamar, karena serangga tomcat tertarik sama cahaya. Biasanya kalau dideketin pantatnya yang beracun itu langsung nungging dan nggak boleh dipegang, apalagi macem langsung ditepok ampe mampus.



Akibat Racun Tomcat


Ini dia akibat nepok tomcat ampe mokat, gejala awal adalah bentol kecil yang berisi cairan dan gatelnya minta ampun, kalau digaruk terus pecah dia jadi luka lecet, bentol semacam ini pada stage awal cuma muncul satu atau dua biji aja dan kalau udah parah bakal ngumpul banyak di satu tempat. Dalam kasus saya ada di punggung, makanya susah banget buat di foto.


Terus Obatnya Apa?



Awalnya saya coba semua yang ada di mbah google dari bedak caladine sampai caladine yang cair tapi nggak mempan sama sekali terus pake bedak herocyn sama aja hasilnya,  bahkan sampai pake bedak marcks soalnya pas googling katanya ampuh, tapi lagi-lagi bulshit! Akhirnya nyerah dan pergi ke dokter, dari dokter dikasih dua buah obat antibiotik yang harus dihabiskan dan sebuah salep merk gentamicin, cukup seminggu lecet gegara tomcat sialan berangsur kering dan menghilang, bahkan bentol berisi cairan sudah nggak muncul lagi. Jadi saran saya sih, jangan pake bedak apapun! Langsung aja ke dokter biar cepet sembuh.


Cara Ngusir Tomcat?
Yang pasti sih jangan sampe kena kulit dah, semprot aja langsung pake baygon. Satu lagi yang saya perhatikan semenjak kemunculan serangga tomcat dari antah berantah adalah munculnya musuh abadi serangga tomcat, yakni semur rangrang, ituloh semut merah yang badannya gede. Untung belom  disemprot itu pohon jambu pake baygon, semut rangrang secara alami membasmi tomcat dan setelah pohon jambu nggak berbuah, otomatis tomcat menghilang. Jadi kalau saya pikir sih tomcat ini semacam anomali alam.

2 comments: