Konsep Video Youtube Yang Benar, Biar Cepat Tenar.

Gue nggak bakal kasih tahu gimana cara menghasilkan uang dari youtube, sebab udah bejibun blog lain yang membahas itu. Sebagai content specialist gue bakalan memberi tips bagaimana membuat content yang baik dan benar untuk youtube, hingga channel kalian bisa di subscribe banyak orang dan tentunya video akan laris manis dan otomatis uang dan ketenaran akan datang dengan sendirinya. kelebihan membuat content sendiri adalah kalian bisa membranding diri kalian sendiri, hingga nantinya bisa ekspansi menjadi lebih besar dari pada sekadar nongol di youtube.

Pilih Konsep

Langkah pertama sebelum kalian membuat content untuk channel kalian di youtube, adalah membuat konsep. Kalian mau bikin apa? Pakai nama? Siapa yang bakal dibidik jadi penonton? Gue kasih contoh kasus sebagai berikut: 

1. Konsep Modal Tampang.

Jack and Finn Haries adalah contoh channel youtube paling sukses dengan konsep modal tampang. Konsep ini intinya memang menjual daya tarik ganteng dengan berbagai gimmick, seperti curhat gimana rasanya putus, ceritain kencan pertama, atau gila-gilan gajebo intinya cuma ceritain pengalaman sehari-hari. Dengan target market perempuan, konsep modal tampang memang nggak butuh modal banyak tapi nggak semua orang punya tampang yang bisa dijual.

Berikut konsep modal tampang lain dengan content seadanya, suka-suka hati dan banyak nggak pentingnya.
 Cameron Dallas

Tanpa konsep yang belibet dan bikin pusing cukup mengangkat tema sehari-hari Cameron Dallas sukses menjelma menjadi jutawan dan internet superstar diusia 18 tahun. Pintarnya Cameron nggak cuma memanfaatkan youtube tapi dia, mengakomodir mulai dari instagram sampai twitter membuat fansnya menjadi jutaan.  

Aaron Ashab

Sekalipun cowok ini nyanyi dan bikin sketch tapi tetap gue masukin ke dalam kategori modal tampang. Karena lagu-lagunya pun full autotune not real voice dan terakhir gue lihat dia di youtube party, omg! i don't event know how to describe it. Content yang dibuat Aaron nggak tentu kadang nyanyi serius kadang lagu plesetan, sketch/parodi. Any way i heard this rumour about how much this kid make money, you be suprise. 

2. Konsep Cover Song


Konsep cover song sepertinya sudah jelas dan bejibun banget channel yang ok, salah satu contohnya adalah Audrey dan Gamaliel yang sempat booming beberapa tahun lalu sampai dapat tawaran rekaman. Modal untuk membuat konsep ini jelas adalah suara yang bening tapi harus diingat, karena bejibun persaingan channel konsep cover song amatlah ketat, jadi jangan cuma cover saja tapi kalian juga harus mengarasemen ulang, buat dengan gaya yang berbeda.

3. Konsep Komedi/Sketch/Parodi

Untuk konsep ini sudah jelas, karena kalian harus membuat sesuatu yang lucu dan bikin ketawa orang. Salah satu contoh paling baik dari konsep sketch/parodi adalah Chandraliow dan production housenya yang bernama Last Day Production. Mereka kerap membuat parodi berbagai hal yang dekat dengan masyarakat, ingat kalau mau buat sketch/parodi harus hal yang dekat dengan orang banyak! Misal tipe-tipe orang putus, apa yang dilakukan orang-orang ketika bertemu setan dan etc.

Market untuk konsep ini, gue bilang sih masih terbuka lebar sekalipun banyak banget channel selain LDP namun, baru segelintir yang terkenal semisal SkinnyIndonesia24 karena banyak banget yang bikin sketch/parodi tapi nggak kena sama orang sini.


4. Konsep Toturial/Tips

Konsep ini membutuhkan latihan dan pembuatan yang nggak gampang, karena kalian harus latihan dulu sebelum bikin video. Belum lagi untuk pembuatan videonya membutuhkan banyak bahan-bahan, misal tips hijab, tips make up dan segala rupa tips. Maka dari itu hampir tidak ada youtubers asal Indonesia yang punya konten bagus soal tips ini, sebab membutuhkan effort yang lumayan. 

5. Konsep Sport

Untuk konsep sport kalian memang diwajibkan untuk ahli dalam satu atau dua bidang olah raga, misalkan skateboard ataupun freestyle bike. Berhubung konsep seperti ini adalah yang paling susah, karena dari segi pengambilan gambar pun tergolong ribet makanya nggak ada youtubers sport. dari Indonesia 

6. Konsep Review

Ini adalah konsep paling mudah karena kalian cuma  butuh untuk mereview barang, apapun itu sebaiknya barang yang direview nggak pasaran semisal handphone. Salah satu youtuber terkaya berkat konsep youtube, justru mereview mainan anak-anak dan game bukan mobil atau motor dan barang sehari-hari lainnya.

Baca Juga : Tips Membuat Video Youtube Berkualitas

Nah, setelah kalian tahu konsep apa saja untuk membuat video di youtube, langkah selanjutnya adalah memilih konsep tersebut. Ingat pilihlah konsep yang kamu kuasai jangan yang kamu sukai, kalau kamu suka komedi tapi nggak bisa bikin orang ketawa, gimana mau bikin video paordi yang lucu? Suka nyanyi tapi nggak punya suara bagus, terus mau cover lagi macam gimana? Ingat konsep yang dikuasai bukan yang disukai.

2 comments: