Tips Membuat Video Youtube Berkualitas.

Mau tahu tips  membuat video youtube yang baik dan benar? Ada beberapa langkah yang perlu kalian ikuti agar video youtube kalian bisa dengan mudah diterima oleh viewers, apalagi penonton dari Indonesia mempunyai karakteristik tersendiri yang berbeda dengan penonton youtube dari luar.



1. Pakai Kamera HD

Jangan pakai kamera asal apalagi kamera handphone, karena kualitas gambar amat menentukan apakah viewer mau terus menonton atau tidak, Kalau awalnya saja sudah gelap dan buram, bisa dipastikan penonton bakal lari dari video kamu. 

Jangan takut kalau nanti video kalian akan besar dan berat karena HD, sebab youtube secara otomatis akan menyesuaikan kualitas video dengan kekuatan jaringan.

2. 30 detik pertama menentukan.

Waktu membuat video pastikan penonton tahu apa yang akan kamu kasih dalam 30 detik pertama, makanya pemilihan judul dan thumbnail pada video sangat menentukan. Thumbnail yang menarik dan jelas bisa membuat orang mengklik video dan penempatan isi video kamu di 30 detik pertama bisa menentukan viewer untuk terus lihat atau skip.

3. Durasi pendek

Diusahakan untuk membuat video dengan durasi pendek, karena tahu sendiri kualitas jaringan di Indonesia dan mayoritas viewers Indonesia pelit dan miskin kuota. Sekalipun tidak ada batasan namun kalau ingin menggaet viewers yang banyak, durasi pendek amat berpengaruh. Ditakutkan jika video berdurasi panjang, begitu viewers buka bakal buffering dan berujung dengan kekesalan dan pindah video.

4. Kuantitas konten

Jangan cuma mengupload satu video lalu sebulan kemudian buat video kedua, itu salah berat! Kalau ingin banyak yang subscribe ke channel kalian, usahakan punya banyak konten. Minimal waktu membuat channel youtube harus ada 5-10 video sebab viewer setelah melihat satu video akan scroll untuk melihat video lainnya.  Dengan banyak konten maka viewer akan yakin untuk subscribe.

5. Kuasai software editing

Agar kualitas video semakin ciamik kalian harus menguasai salah satu software video, minimal avid video maker. Sebab kalau cuma potong-potongs aja video kalian bakal terlihat murahan dan berimbas kasarnya perpindahan scene.

6. membuat nama channel yang catchy

Kedengaran simple sih, tapi nama channel youtube kalian sama saja dengan brand kalian. Dan harus dibuat simpel, mudah dingat dan catchy jadi nanti viewers ingat dengan nama channel bukan judul video kalian, kalau begitu artinya branding berhasil. 

7. Kapan waktu upload yang tepat

Nah, ini merupakan salah satu kendala karena kalau ingin upload video dengan cepat apalagi uploadnya banyak, mau nggak mau harus tengah malam. Tapi viewers mana ada yang nonton jam segitu, waktu upload paling baik untuk menggaet viewers adalah siang sampai sore hari, tapi jam segitu traffic banget apalagi kalau kalian pakai bandwith pas-pasan. 

Jadi ini terserah kalian, mau cepat upload atau mau cepat dapet viewers.

1 comment: