Apa itu DJI Phantom atau Drone (review + harga)

Sebagai pekerja media saya ingin share sesuatu yang sedang trend saat ini, dimana hampir semua media mentraining campersnya untuk menguasai alat ini. Kalau camera biasa mempunyai keterbatasan sudut pandang, sementara alat yang berasal dari U.S ini mendobrak keterbatasan camera dengan mampu terbang dan bermanuver 180 derajat.


Nama resminya DJI Phantom tapi para campers biasanya menyebut drone, yakni sebuah alat untuk mengangkut camera dengan baling-baling. Nah, biasanya untuk liputan standar hanya pakai quad-copter atau empat baling-baling. Ada juga yang delapan baling-baling untuk mengangkut camera DSLR 5D tapi yang ini super mahal.Sepintas memang terlihat seperti mainan namun sebuah camera kecil nempel di bawah drone ini, awalnya DJI phantom sama sekali tanpa camera, jadi kalau anda beli drone maka harus membeli go-pro. Namun belakangan DJI Phantom versi 2 sudah punya camera sendiri.

Cara Pakai:
Drone ini dikendali oleh sebuah remote yang dilengkapi layar dimana campers bisa lihat perjalanan drone melalui monitor di remote. drone versi 2 tidak dilengkapi monitor karena anda bisa mengunduh aplikasi monitor di apps store android atau apple lalu ubah handphone anda jadi monitor, tapi cara ini kurang sreg berhubung sinyal 3G Indon ancur abis, seringnya gambar di handphone jadi patah-patah dan camper kesel bukan main.



Kalau mau mahir anda sebaiknya latihan dulu dengan mainan helikopter atau bisa membeli simulatornya untuk berlatih di komputer. Sebenarnya nggak susah, gue coba sih nggak  rumit cuman butuh latihan intensif saja, masalahnya kalau jatuh rusak mampuslah gue tau sendiri ini barang harganya berapa.



Jarak:
Perlu diingat drone dilengkapi dengan GPS, sebelum terbang drone akan menglock GPS jadi ketika kita kehilangan drone atau lowbat dia akan kembali dengan sendirinya ke posisi awal.  Kendati canggih pada umumnya di daerah perkotaan yang penuh pohon atau gedung drone hanya bisa terbang sejauh 500 meter. Namun di daerah terpencil yang bebas dari gangguan sinyal dan gedung bertingkat bisa sampai 1 Km.

Baca juga: Membeli samsung S6 seharga 12 juta

Waktu terbang:
Bisa terbang sampai berapa lama? Nah ini dia yang paling bikin sakit hati. Drone cuma bisa melaksanakan tugasnya selama 15 menit saja, sebelum lampu indicator baterai habis akan berkedip. Makanya campers dilatih harus mahir sekali karena waktu yang mereka punya terbatas untuk mengambil gambar. Jadi jangan heran campers yang bisa drone dihargai mahal sangat ini.

Baterai:
Baterai drone memang berbentuk seperti ini dan kapasitas kurang tahu, tapi untuk mengecash bisa 2 – 3 jam untuk sekali terbang selama 15 menit mampus nggak tuh. Biasanya untuk aman kita harus beli 3 buah baterai, jadi ketika habis bisa langsung ganti dan terbang kembali. Tidak bisa menunggu untuk charge baterai karena waktu charge yang butuh 2-3 jam bisa-bisa acara yang diliput sudah bubar.



Harga:
Untuk drone standar quad copter versi satu yang sudah tidak lagi diproduksi dihargai sebesar 5-7 juta saja itu tanpa camera, artinya anda harus beli go-pro seharga 3 juta jadi total 8-10 juta. Sementara DJI Phantom versi 2 harga baru adalah 15-16 juta untuk paket standar. Jika ada paketan seperti tambah gimbal dsb bisa sampe 20 juta. Sementara untuk yang 8 baling-baling untuk angkut camera 5D seharga 100 juta.


Tunggu dulu itu hanya untuk paket standar ya, artinya anda cuma dapat satu baterai saja. Masa mau terbang hanya selama 15 menit saja? Makanya harus membeli baterai tambahan, 1 buah baterai dihargai 2-3 juta saja. 


note:
DJI Phantom di indonesia menjadi sebuah barang ekslusif karena mahal, sampai-sampai ada clubnya dan seperti yang gue sebutin di atas kalau campers yang bisa drone sampai dihargai mahal. Di negara aslinya drone ini tergolong murah meriah (ya iyalah) makanya kebanyakan yang beli adalah remaja dan dipakai buat mainan, kesel nggak tuh! kalau Industri media di Amrik sono udah pakai yang 8 baling-baling. Makanya di Amrik sono ada tren anekdot “no more selfies but dronies”, gile empet nggak tuh DJI Phantom yang disini cuma mampu dibeliin sama perusahaan, di Amrik sono di pakai hura-hura ama ABG!

Ini contoh kerjaan yang jadi trending topik seantero Indonesia klik --- Drone Jurnalism


Salah satu  contoh drone dengan 6 baling-baling untuk keperluan iklan dan film, sekalipun mampu membawa kamera SLR tapi jarak tempu dan waktu terbang tidak beda jauh, hanya 15-20 menit saja

36 comments:

  1. Ini drone bisa buat aerial photo, tapi harganya itu bikin nyesek :( seru kan bisa ambil foto dari angle yang gak semua orang bisa dapet :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya kalau angle pake tongsis juga bisa, tapi sekarang drone berfungsi buat shooting macem liputan atau film.

      Delete
  2. pengen beli tapi ada kah panduan gimana mainnya dan dimana belinya ?

    ReplyDelete
  3. Belinya kalau mau murah langsung ke singapore dan bisa gabung ke club DJi phantom indonesia, search aja ada di facebook dan twitter.

    ReplyDelete
  4. cara membedakan dji phantom asli dan palsunya dari mna ? makasi...

    ReplyDelete
  5. @Zulfan: Belum pernah liat yang KW? Jadi nggak tau

    ReplyDelete
  6. Kalau harga di Singapore kena brp duit yah?

    ReplyDelete
  7. @ryan: sekitaran 15 jeti standar look.

    ReplyDelete
  8. ada alamat tokonya gak....

    ReplyDelete
  9. Restoran kini sudah seperti jamur yang menempel pada kayu. Restoran ada di mana-mana hampir di seluruh bagian dunia.

    Lantas, tahukah kamu ada cara untuk memperkuat brand restoran kamu agar lebih dikenal oleh banyak orang.

    Yakni menggunakan Dus Makan Greenpack, klik link berikut ini : http://www.greenpack.co.id/dus-makanan-murah/

    ReplyDelete
  10. Kalo dijajarta tokonya dmna bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah di jawab sama yang di bawah ya

      Delete
  11. ditoko online banyak tuh...

    ReplyDelete
  12. DI Mall Summarecon Bekasi jual tuh..pernah gw nanya-nanya..yg standard harganya 8-10 jt

    ReplyDelete
  13. gimbal sama monitornya klu phantom 3 sudah include dalam paket penjualannya gak? trus kalo lightbridge masih butuh jaringan 3G/4G gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya sih phantom 3 sudah sama gimbal dan kamera satu paket, starter kit. Kalau monitor sih nggak dah, terpisah beli sendiri. Tapi ada kok yang paket lengkap. Klo di luar cuma butuh 2.4G untuk lightbridge sedang di sini tetep butuh 3G atau LTE klo nggak patah-patah gambarnya.

      Delete
    2. makasih infonya. monitor yang direkomendasikan apa? apa hanya asal OS-nya android JB/Lollipop dengan 3G/LTE pasti bisa dipakai?misalnya merek lokal?

      Delete
    3. Kalau itu mending konsul langsung ke tokonya, cuma seller yang tahu apa yang cocok dengan budget dan kebutuhan user.

      Delete
  14. Setahu saya DJI itu berasal China dgn nama perusahaan Da-Jiang Innovation. salah satu produk yg terkenal adalah phantom, paling banyak dijual di US n Eropa.. Salah satu perusahaan tersukses China

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Omar ini baru tepat informasinya...DJI (Da Jiang Innovation ) brand asli dari Cina...sebaiknya penulis mempelajari terlebih dahulu sebelum memberi informasi

      Delete
  15. Kalau dengan kamera dslr, gimana cara membidik objek nya

    ReplyDelete
  16. Toko drone yang paling lengkap dimana ya?

    ReplyDelete
  17. Sedang galauuu buat beli ini... aerial photography bagus banget buat ambil spot2 wisata di Indonesia nih

    ReplyDelete
  18. "silahkan copas tapi kasih backlink ya? " tapi gambarnya nggak bisa di copy link nya...... jadi males kasih back link dech

    ReplyDelete
  19. PROMO BESAR BESARAN VITA SHOP ELEKTRONIK. TEMPAT BELANJA ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA. 100% BEBAS PENIPUAN
    JIKA MINAT HUB/SMS 0858 2463 6227 ATAU KUNJUNGI WEBSITE RESMI KAMI DI
    http://vitashopelektronik.blogspot.co.id
    Ready Stock! Apple iPhone 5 32GB Rp.2.500.000
    Ready Stock! Apple iPhone 5S 32GB Rp.3.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy A3 A300H Rp.1.500.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy A5 A500F Rp.2.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy E5 E500H Rp.1.500.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy Grand Prime SM-530H Rp.900.000.
    Ready Stock! Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 4GB Rp.2.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy S3 I9300 .Rp.1.500.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy S6 32GB Rp.3.700.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7100.Rp.1.500.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note 4 SM-N910H Rp.3.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note 3 Rp.2.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S5 Rp.2.600.000,
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S4 l9500 Rp.1.700.000

    ReplyDelete
  20. Hi there! I've read many posts about drone, and I can tell that yours is very valuable. At this moment, one of the best drones on the market has to be the amazing DJI phantom 2 vision plus. This drone is pre-assembled, which means that all you need to do when you get the package is recharge the battery, screw a few minor components, and you are ready to fly. Another fact you should know is that this is a professional drone, so you can expect amazing performance. Even more, you can use it with numerous applications. See more http://mydronelab.com/reviews/dji-phantom-2-vision-plus.html

    ReplyDelete
  21. Mendingan beli di korea atau taiwan bro..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung produknya juga sih, mau beli dimana juga tapi denger-denger sih murahan Taiwan.

      Delete
  22. Kemarin beli DJI PHANTOM 3 di jepang murah , cm ¥145000 di area pasar Akihabara electronic

    ReplyDelete
  23. Informasi Bpk Waliyadi salah...DJI (Da Jiang Innovation) adalah brand asli dari Cina

    ReplyDelete
  24. Agen Drone Terlengkap dengan Kualitas Terbaik dan Harga Termurah.
    Kunjungi http://agendrone.com/
    Cara Pembelian : http://agendrone.com/cara-pembelian/
    Semua Drone yang kami jual di website Ready Stock

    ReplyDelete