Follow by Email Untuk Ebook Novel Gratis

Meetup Comico, Yuk Kenalan Dengan Aplikasi Comico


comico indonesia

Sabtu kemarin saya berkesempatan datang ke acara meetup talkshow comico, caranya yang digagas oleh salah satu publisher dari Gramedia yakni Elex Media Komputindo merupakan serangkaian kegiatan dari promosi aplikasi comico Indonesia. Tallkshow ini berisikan mengenai aplikasi comico dan e-novel challenge, bertempat di Gramedia Matraman Talkshow yang berlangsung dari jam 13:30 sampai 17:00 ternyata ramai dihadiri oleh peserta yang antusias. Padahal tadinya saya sudah amat ragu dengan meetup comico ini karena takut, kalau yang datang adalah para abg tapi, yang datang beragam mulai dari anak kuliah sampai emak-emak bahkan bapak-bapak juga datang, rada kaget juga sih pas lihatnya.
E-novel challenge
Saya tahu meetup comico ketika diemail oleh admin comico, sebab aplikasi comico sedang membuat lomba e-novel challenge yakni, perlombaan menulis novel dimana para peserta harus mengupload karya mereka di aplikasi comico dan dalam meetup talkshow comico ini, kita dikasih tahu kiat-kiat menulis novel yang baik dan benar bahkan, ada konsultasi naskah. Jadi ada beberapa editor yang akan membaca naskash kita dan memberikan penilaian sehingga, kita tahu apa saja yang harus dibenahi kalau naskah kita belum betul.

Aplikasi Comico

aplikasi comico indonesia


Buat yang belum tahu apa itu aplikasi comico yakni, sebuah aplikasi import dari Jepang dimana kita bisa baca komik dan novel gratis dan berbayar dengan membeli sejumlah koin. kalau boleh jujur comico merupakan perpaduan antara webtoon dan wattpad karena aplikasi ini dari Jepang maka, kita bisa dapat banyak konten dari komikus Jepang namun, comico sendiri sudah dikenal di Thailand, arab dan banyak negara lain sehingga comico Indonesia nggak melulu kasih konten dari Jepang. Bisa dibilang comico ini kaya banget akan konten multikultural dan yang asik, konten dari luar yang dipilih dialih bahasakan ke dalam bahasa Indonesia.
Lebihnya Comico Apa?
Pasti banyak yang tanya lebihnya comico dibanding webtoon sama wattpad apa? Kalau di webtoon kita bisa jual comic kita bukan dan di wattpad kita bisa meraih pembaca. nah comico mengakomodir kedua hal tersebut, kalau komik atau novel kalian dinilai cukup ok, maka comico melalui elex media komputindo bakal nerbitin dalam bentuk fisik. Selain itu komik maupun novel kalian akan dialih bahasakan sehingga pembaca comico di Jepang, Thailand dan negara lain bisa baca komik maupun novel kalian. hal ini, nggak ada di webtoon maupun wattpad sebab, baik webtoon maupun wattpad dibagi berdasarkan region bahasa jadi kalau mau baca komik atau novel Jepang  yang lagi populer kalian harus bisa bahasa Jepang.
Namun, buat kalian yang pengen upload karya di comico harus lebih bersabar sebab, di comico karya kalian harus bersaing dengan karya-karya dari luar negeri sehingga, kompetisi untuk tampil memang lebih ketat di comico. Kalau di webtoon maupun wattpad kalian cuma saingan dengan orang dari negeri sendiri sebab, seperti yang sudah saya sebutkan dibagi berdasarkan bahasa. Tapi kalau karya kalian ok dan dialihkan bahasakan sehingga terbit di comico negara lain, dari segi pendapatan dan publisitas tentu jauh lebih besar.
Untuk sementara minus dari comico adalah traffic yang memang belum sebesar webtoon maupun wattpad sehingga rada-rada sulit untuk menggaet readers sebab, kalian kudu ngomporin orang buat instal comico dan minor bugs seperti kita shared link komik maupun novel, thumbnail dan nama link  yang tampil bukan cover karya maupun judul karya, hanya muncul comico Indonesia saja. 

No comments:

Post a Comment