Subcribe Via Email

Join 1000+ subscribers

Google+

Facebook Me

Tidak Ada Kantung Plastik di Alfamart Banjarmasin

Tak ada kantung plastik di alfamart Banjarmasin. Hal itu yang bikin saya sedikit kaget saat berbelanja dan nggak dikasih kantung plastik sama kasirnya, begitu ditanya, "plastikin." Sang kasir langsung memperlihatkan tanda, stop penggunaan kantung plastik sambil balik tanya, "baru pertama kali ke Banjarmasin pak?" 

Disodorin tanda ini pas bilang "plastikin."

Usut punya usut, Banjarmasin memang sudah melarang semua alfmart dan indomaret untuk mempergunakan plastik, dengan alasan lingkungan. Sebab, Banjarmasin adalah kota seribu sungai dan terkenal dengan sungai Baritonya. Untuk menjaga lingkungan dan sungai maka, ditetapkan pelarangan bagi alfamart dan indomaret untuk mempergunakan plastik. Imbasnya kalau kita naik perahu ke sungai Barito maka, bisa terlihat sungai yang 90% terbebas dari sampah plastik. Kebanyakan hanya eceng gondok, kalaupun ada sampah plastik hanya satu atau dua botol aqua saja. Sungai Barito pun nggak berbau busuk seperti sungai-sungai di Jakarta, kita masih bisa lihat ikan-ikan kecil di permukaan air. 

Anehnya, kendati alfamat dan indomaret sudah tidak lagi menggunakan kantung plastik. Tempat lain masih banyak yang mempergunakan kantung plastik, semisal KFC ataupun saat berbelanja di mall-mall. Kebijakan yang sudah setahun lebih dijalankan ini terasa nanggung sekali, padahal bisa serentak melarang penggunaan kantung plastik atau mungkin pemerintah Banjarmasin secara bertahap mulai dari alfamart dan indomaret dulu?

Kalau lupa bawa kantung belanja sendiri, nggak perlu panik karena ada kantung belanja alfamart yang bisa dibeli dengan hanya 5000 saja.

Harusnya kota-kota besar lainnya, bisa meniru Banjarmasin. Melarang penggunaan kantung plastik mulai dari alfamart. Saya yakin kalau kota besar seperti Jakarta mau meniru kebijakan pelarangan kantung plastik walaupun hanya di alfamart, imbas ke lingkungan akan besar sekali.    

Related Post

2 comments:

  1. Setuju! Sebaiknya kalau melarang penggunaan kantong plastik, sekalian untuk semua toko. Kan lama-kelamaan orang akan terbiasa membawa kantong belanjaan sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga saja kota-kota besar lainnya segera ikutan, Banjarmasin.

      Delete

VIVA ID

Postingan Terbaru

Blog Archive

statistics

Powered by Blogger.

.

.