Review Film Horror Comedy Cult Classic The Monster Squad

Kalau ditanya dari semua list film horror, judul apa yang paling bikin kangen? Maka jawabnya sebuah film horror komedi cult classic buatan tahun 1987, berjudul The Monster Squad. Sebenarnya ini adalah film anak-anak, tapi para pemainnya yang berasal dari berbagai serial tv populer tahun 80-90 an awal bakal bikin generasi 90-an seperti gue ini bernostalgia. Banyak familiar face yang sudah terlupakan wara-wiri sepanjang film.

The moster squad sendiri bercerita tentang sekumpulan anak kelas tujuh, yang bengal tapi keren banget dan tergila-gila dengan berbagai cerita monster. Maka Sean Crenshaw, Patric, Horace membentuk sebuah club bernama The monster club, isinya nggak lebih dari pada anak-anak yang saling bertukar info dan cerita tentang berbagai monster. Mulai dari dracula, werewolf sampai mummy, semua dikupas tuntas oleh geng monster squad. Sampai suatu hari ketiga anak ini mengajak senior mereka Rudy, untuk bergabung dan entah bagaimana ada anak junior bernama Eugene juga masuk? Terus terang gue bingung dengan keberadaan Eugene dan anjingnya, yang tiba-tiba ikut nongol di rumah pohon dengan mereka, padahal Eugene ini usia paling muda dan masih SD.

Singkat cerita semua hal yang biasa mereka ributin di rumah pohon, tiba-tiba aja muncul di kota mereka. Mulai dari mummy hidup sampai werewolf mulai berkeliaran. Ternyata di kota mereka tersimpan sebuah amulet kuno yang mempunyai kekuatan jahat, karena itu pula Dracula muncul di kota mereka dan ia pula yang mulai membangkitkan monster-monster untuk membantunya merebut amulet tersebut. Jadi the monster squad harus bahu-membahu merebut amulet dan menyingkirkan Dracula beserta monsternya.

Overall, cerita emang chesse banget dan tipikal untuk anak-anak 10 tahun ke bawah, tapi wajah-wajah familiar yang lama sudah terlupakan bikin gue betah nonton film ini. Mungkin ini juga kenapa the monster squad masuk ke dalam list horror komedi cult classic, karena para pemain merupakan bintang besar di eranya.

Satu hal lagi monster squad juga lumayan bikin bingung, sebab menurut gue film ini antara mau ke anak-anak atau ke preteen. Di tengah pengambaran tipikal film anak-anak, ada tokoh yang ngerokok, terus ngomongnya kasar ketika monster lain tidak ditampilkan adegan membunuh atau darah, eh si Dracula malah ditampilkan gore banget. Terus ada detail-detail kecil yang menurut gue sama sekali bukan untuk preteen apa lagi anak-anak. Misalnya adegan ngintipin cewek sexy, terus ada satu karakter yang ternyata adalah seorang nazi.






Perhatikan wajah-wajah yang sangat familiar tersebut, mereka adalah bintang serial populer di tahun 1980an akhir. Dan film horror anak-anak mana? Yang bisa nampilin karakter badass seperti Rudy, naik sepeda, pake kacamata hitam, jaket kulit dan ngerokok.


Tokoh Rudy yang diperankan oleh Ryan Lambert pemeran utama serial Kids Incoporated, yang masih ingat sama punya posternya ngacung.  Kalau punya anak usia SMP, the monster squad bisa jadi referensi keren buat mereka sementara buat orang tuanya, silahkan bernostalgia dengan para bintang besar 80-an ini. Tadinya mau sekalian kasih linknya, tapi takut kena pentung sama google, tapi kalau tertarik seperti biasanya silahkan ubek-ubek ganool atau 300mb films.

No comments:

Post a Comment