Resensi : Supernatural Series The Unholy Cause / Simpul Yudas

Gue nggak tahu ini buku seri keberapa? Soalnya bacanya ngacak banget dan nggak ada urutan yang jelas dari satu seri ke seri lain. Yang jelas The Unholy Cause berada di jalan cerita season empat atau lima ketika Sam masih diincar oleh Lucifer. Buku setebal 357 halaman ini merupakan seri Supernatural terbaik yang pernah gue baca dari plotingan, penokohan sampai twist cerita, semuanya grande banget, beda sama cerita diseri-seri sebelumnya yang terkesan rip off dari sebuah episode. Cerita Supernatural The Unholy Cause ini pantes banget dijadikan sebuah film layar lebar.



Sinopsis:

Cerita dimulai ketima Sam dan Dean seperti biasa menyelidi kasus kematian aneh, kali ini seorang bocah Nampak mati gegara hal misterius. Setelah sampai di TKP, Winchester bersaudara bertemu hunter lain yang sudah terlebih dahulu mengurus kasus ini, hunter ini bernama Rufus. Lewat Rufus pula Sam dan Dean diberitahu perihal sebuah kasus aneh di kota sejarah Mission Rodge, Georgia.

Mission ridge terkenal dengan reka ulang perang saudara saudara Amerika tempo dulu dan disini pula seorang actor reka ulang membunuh rekannya dengan bayonet tiruan. Siapa sangka kasus pembunuhan ini menarik Sam dan Dean ke sebuah kasus yang lebih besar, yakni The Unholy Cause atau simpul Yudas.

Simpul Yudas sendiri konon milik penghianat terbesar di muka bumi yakni Yudas Iskariot atau lebih tepatnya simpul yang dipakai untuk gantung diri. Simpul tujuh lapis milik Yudas ini mempunyai kekuatan besar dan ingin dikuasai oleh setan yang mendiami tubuh Tommy McClane. Tapi simpul ini disembunyikan di sebuah tempat aman di Mission ridge dan setan Tommy McClane yang cerdas sengaja membuat berbagai pembunuhan agar menarik Sam. Sebab bukan nggak lain simpul Yudas ini dipergunakan agar Sam bisa dengan mudah menjadi tubuh Lucifer.




Overall:

Ceritanya sepintas mudah dicerna yakni perebutan setan dan Winchester bersaudara atas simpul Yudas. Tapi plot cerita yang unik dan nggak mudah ditebak bikin gue bengong, yang awalnya menggiring pembaca menuju satu kesimpulan ternyata bukan! Plot buatan Joe Schreiber ini cerdas luar biasa. Sepanjang cerita, kita juga disuguhi twisted story. Tokoh yang tadinya jahat, ternyata adalah protagonist dan sebaliknya yang tadinya protagonist sebenar antagonis.


Seri ini juga banyak menampilkan tokoh diluar Sam dan Dean, seperti Castiel walaupun gua rasa dia hadir cuma buat tempelan aja terus ada tokoh Sherif yang ternyata oh ternyata twisted banget kemudian ada Sarah yang sayangnya kenapa harus mati!

Dan pada beberapa bab terakhir atau cerita klimaks sulit untuk menutup The Unholy Cause atau Simpul Yudas ini, sebab seru banget. Adegan ketika Sam dan Dean membawa kereta menuju tengah kota dan setan McCleane dengan jenius menaruh sekelompok anak di tengah rel atau ketika pasukan setan  McClean membantai warga kota dan perang melawan tentara homeland security bikin mata nggak berkedip. This is the best Supernatural series ever!!!

Sekarang tinggal The Coyote Kiss yang belum dibaca sementara War Of The Sons gue nggak terlalu suka, ceritanya Sam dan Dean terlempar ke tahun 50'an masih kurang greget dibanding The Unholy Cause
Gue amat menyarankan untuk semua fans Supernatural series untuk membaca The Unholy Cause. Kekurangan buku ini adalah terlalu dekat dengan seriesnya jadi orang yang tidak pernah nonton serial Supernatural bakalan banyak bengong. Tapi kalau kalau kalian pecinta cerita fantasi action The Unholy Cause pasti bakalan betah, gimana Joe Schreiber bisa memadukan tokoh Sam dan Dean ke dalam sebuah polemik cerita berdasarkan legenda Yudas Iskariot. 

Baca juga : Resensi Supernova Gelombang..Kriukkk Banget Kaka!

Note :
Buku ini salah cetak nama penulisnya, kalau di depan sampul tertulis Keith R.A DeCandido sebenarnya penulis bernama Joe Schreiber. Duh, Elex Media nggak takut dituntut nih?

1 comment:

  1. keren ya gan novelnya.. kunjung balik yah..yenyerrow.blogspot.com

    ReplyDelete