Para Blogger Newbie, Hati-Hati Dengan Ilmu Sesat SEO!


Buat para blogger pasti udah nggak asing lagi dengan ilmu SEO atau search engine optimization, terlebih dijaman sekarang ini blog-blog yang membahas ilmu SEO bertebaran bak virus influenza. Salah pilih bisa berakibat blog kamu sakit bahkan meninggal, seperti yang pernah gua alami beberapa tahun ini. Gegara nggak jeli dan asal comot berbagai ilmu SEO, padahal yang bikin blog SEO juga belum tentu jago, bisa jadi dia cuma pemula dan asal comot sana-sini. Berikut kemalangan yang gua alami karena ilmu sesat SEO.

1. Template Blog Redirect

Waktu awal berubah jadi domain .com, gue berinisiatif untuk mempercantik blog dengan mengganti template. Terus googling dan cari dengan embel-embel SEO optimized dari blogger lokal, tanpa pikir panjang di donlot lah template tersebut. Awalnya seneng karena blog kelihatan keren dan banyak kostumisasi, pokoknya kelihatan keren dah. Setelah beberapa bulan ternyata template gratisan itu sudah disisipi script dan gue nggak ngeh, jika semua visitor yang klik ke everybodygoesblog diarahkan ke situs si pembuat template! Alamak dan baru sadar setelah beberapa minggu, anehnya setelah kasus ini gua adukan disebuah forum. Si pembuat langsung hilang dan raib, entah kemana termasuk blog miliknya. 

Sayang gue lupa nama templatenya tapi layoutnya putih dengan garis dibawah banner biru, jadi hati-hati kalau mau download template gratisan dari blog lokal, apa lagi yang dishare dengan embel-embel SEO optimized.  

2.Script Dan Widget Gratisan

Nah, ini juga banyak banget kasus dimana blogger ingin blognya tampil ciamik, hingga asal comot script dan widget. Dalam kasus gua adalah script yang dipasang ternyata membuat blog berantakan, beberapa fitur hilang dan navigasi amburadul. Dan lagi-lagi begitu diperhatikan terdapat link menuju blog lainnya di dalam script, kalau blogger jujur linknya akan tampil dimuka bukan lagi-lagi redirect ketika visitor mengklik navigasi hasil script dan widget.

Script dan widget yang meredirect ini paling berhasil diantara semua ilmu sesat SEO, karena nggak begitu ketahuan dari pada template blog yang langsung mengalihkan visitor. Kalau kalian asal comot script atau widget, perhatikan apakah ada link yang menuju blog lain? Kalau iya coba pasang lalu lihat, link tersebut muncul atau tidak? Kalau tidak muncul jangan dipasang sebab sudah pasti jebakan betmen.

Blogger yang rajin dan baik hati dalam mengshare script serta widget pun, jarang sekali memberitahu tahu kalau script dan widget  bersangkutan cuma jalan di template bawaan blogspot. Hampir 90% script dan widget yang bertebaran hanya akan berfungsi untuk template bawaan blogspot. Jadi kalau blog kamu template beli atau bukan bawaan blogspot, pikir dua kali sebelum pasang atau jadinya amburadul.

3.Ilmu SEO Penipu

Sejatinya kalau orang sukses pasti bakalan merahasiakan kunci suksesnya bukan? Seperti inilah yang terjadi di Indonesia, ilmu SEO bertebaran dijagad maya termasuk di forum-forum yang kredibel. Baru-baru ini gue ditipu mentah-mentah oleh sebuah nama yang kerap memberikan tips SEO. Orang ini menganjurkan untuk mencabut semua script iklan agar nilai CPC naik atau tinggi, karena itu forum kredibel dan orangnya terkenal master SEO. Maka tanpa pikir panjang langsung tuh, script iklan dicabut selama satu jam. 

Hasilnya adalah nilai CPC berubah jadi 0,00! Dan baru naik setelah 24 jam ke angka 0,03!! Gue merasa benar-benar ditipu, apalagi setelah kembali diadukan ke forum, orang yang bersangkutan menghilang ditelan rimba maya. Bagusnya anggota lain memberitahu  resiko cabut script adalah "turunnya nilai CPC, kalau mau sisakan satu iklan saja agar nilai CPC tidak turun."

Cukup tahu saja, makanya kalian yang blogger newbie jangan asal comot ilmu SEO di google. Paling bagus adalah dengan membaca blog luar, imbasnya butek karena pakai bahasa inggris dan susah untuk diterapkan kalau inggris kita nggak bagus. Tapi ini lebih baik dari pada tukang tipu yang bertebaran berkedok dermawan SEO.

1 comment: