Resensi : Amy & Roger's Epic Detours, Novel Travel Romance Terbaik

Baru kali ini gue baca buku romance yang bisa bikin puas. Judulnya Amy and Roger's Epic Detours atau dialih bahasakan jadi Perjalanan Panjang. Menurut gue sih malah jadi norak dan judul aslinya udah keren banget. Aslinya buku ini adalah bacaan musim panas atau buku yang dilaunching ketika musim panas, jadi ceritanya udah pasti tentang remaja. Alasan keapa gue beli Amy and Roger's karena covernya yang artsy american style, so cool dan pas gue cek di goodreads, holly shit! reader nggak segan-segan buat kasih bintang empat!


sinopsis
Cerita bermula selepas kecelakaan mobil yang menewaskan ayah Amy dan Ibu Amy mensewa anak sahabatnya yang sekaligus teman kecil Amy bernama Roger sebagai supir. Sebab Amy harus pindah rumah dari California menuju Connecticut meninggalkan semua kenangan buruk di California.

Singkat cerita ketika Amy dan Roger baru memulai perjalanan, mereka berdua sepakat untuk melenceng dari rute yang diberikan ibu Amy. Otomatis duo ini melanglang buana ke seantero Amerika, melintasi berbagai kota kecil dan negara bagian, dalam perjalanan terungkap mengapa Amy dan Roger mau "keluar jalur"

Ternyata Roger pengen banget ketemu sama mantanya bernama Hadley sementara Amy ingin lari dari rasa bersalahnya, sebab ayahnya tewas dalam kecelakaan mobil ketika Amy menyetir. Sepanjang perjalanan lintas Amerika ini hubungan yang cuma teman antara Amy dan Roger berkembang. Roger mulai belajar untuk move on dari Hadley yang super sempurna, ketika bertemu Hadley dan hubungan mereka tetap tidak membaik dan Amy belajar untuk menghadapi rasa kehilangan dan bersalahnya, ketika bertemu banyak orang yang membantu "pendewasaan" dirinya. 

So what happen between them? Yes their fall in love, but in a cool way! 

What make the book awesome


Gua suka banget dengan gaya Morgan Matson mengubah buku ini dari sekadar novel menjadi semacam scrapbook kenangan. Dalam buku ini Morgan tidak lupa menyelipkan berbagai foto serta bon makanan dari restauran yang didatangi Amy dan Roger. Mau nggak mau hal ini membuat epic detour Amy dan Roger terlihat begitu real dan almost perfect kalau bukan karena beragam typo dan terjemahan ngasal yang lumayun bikin kesel.

Morgan juga memasukan playlist Roger sepanjang perjalanan dan gue langsung donlot itu playlist, ternyata lagu-lagunya memang cocok buat traveling dan anti mainstream abis. Just love Roger music taste. 

Gue nggak pernah merasa sepuas ini baca novel romance, baru kali ini dapet yang sreg. Just love it, gimana Morgan Matson membawa masalah lain selain cinta tapi bagaimana cara seorang remaja menghadapi rasa kehilangan sekaligus bersalah, ini lebih dalam dari pada romance standar yang isinya abg terus keluar negri, you knowlah.
  
Satu lagi yang bikin Amy and Roger Epic Detour bikin malu refrain, remember when dan spring in london atau novel-novel romance lokal yang kampring adalah setingan ceritanya yang super real, di bagian belakang buku Morgan cerita kalau dia benar-benar melakukan perjalanan dari California ke Connecticut demi cerita ini, bukan seperti penulis sini yang searching di google, capek dech!


Dear, Morgan Matson cewek-cewek sini kudu baca buku lo! Biar rada dewasa dikit!

No comments:

Post a Comment