Contoh Script Film Hollywood + Software Untuk Menulis Script

Buat kalian yang lagi belajar menulis script dan sedang mencari contoh script film hollywood untuk dipelajari, gue akan memberikan satu buah contoh script film hollywood bergenre drama comedy satire. Alasan kenapa gue share script The Grand Budapest Hotel ini karena penulisan scriptnya dibagi perbabak, cocok untuk pemula yang sedang berusaha belajar menulis film. Kalau kalian terbiasa baca novel yang perbab, maka script The Grand Budapest Hotel ini bakal bisa cepat untuk dicerna.

Tapi ingat contoh script ini hanya berlaku buat orang yang sudah pernah belajar menulis script, kalau kalian cuma download tapi nggak ngerti tehnik-tehnik dasar menulis script, sama saja dengan percuma. Untuk bisa memahami script The Grand Budapest Hotel, tetap diperlukan belajar tehnik dasar seperti dramaturgi, penokohan etc. Saran gue sih kalau nggak tahu dasar menulis script percuma buat kalian yang cuma copas, ujungnya script kalian bakal hambar. 



Kalau kalian sudah mendownload script dan mau membuat script sendiri dalam bentuk "Sudah jadi" bukan dalam microsoft word dimana harus rata-kana dan rata kiri. Maka ada sebuah free software yang biasa dipakai oleh para penulis script untuk mempermudah kerja mereka. Nama script ini adalah celtx, sofware ini secara otomatis akan memformat naskah kalian dalam bentuk film script, selain itu masih banyak kegunaan celtx. Seperti membuat story board maupun naskah stage drama, fitur-fitur celtx akan mempermudah penulis untuk mengingat berbagai detail seperti scene per scene, setiap detail tokoh serta hal-hal lainya.


Sebelum pakai celtx, gue sarankan untuk mempelajari software ini terlebih dahulu. Awal-awal memang agak ribet tapi kalau sudah mahir akan jauh lebih cepat dan efisien dari pada memakai words. Script kalian juga akan dengan mudah selesai tanpa ada detail yang tertinggal, jadi kalau mau jadi script writer handal mulailah dengan celtx.

4 comments:

  1. weiss..artikelnya mantep2 om ucuy..mau belajar bikin script juga ah..hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, kali aja bisa bikin pelem...hoeekksss

      Delete
  2. Replies
    1. Itu di atas gambar grand budapest hotel ada link sista.

      Delete