Android Dengan RAM 512 Sudah Tidak Relevan!

Berbekal pengalaman tiga perangkat android dengan RAM 512 yakni LG L20, Samsung galaxy young 2 G130 dan advan T1J. Maka gue simpulkan bahwa android dengan RAM 512 sudah tidak relevan untuk dipakai sehari-hari, banyak masalah yang dialami, misalkan lag dan force close. Jadi jangan pernah membeli perangkat android dengan RAM yang hanya 512.

Makan Berapa Memori OS android dan aplikasi 

Pada posisi default yakni tanpa aplikasi pihak ketiga smartphone android membutuhkan 100-150mb RAM untuk menjalankan OS kitkat dan kalau anda membuka browser, musik player dan sync aktif maka akan menembus 200mb. Dengan sisa 312mb smartphone android masih mampu berjalan lancar namun kalau sudah dipasang BBM, twitter, path, whatsapp, instagram maka yang tersisa adalah 50mb dengan sisa RAM segitu apa yang bisa jalan? Jawabanya adalah semua aplikasi tetap bisa jalan dengan pengecualian lag, force close atau ngehang!

Tab advan T1J dijejali hanya beberapa aplikasi sosial ringan seperti twitter tanpa bbm dan whatsapp yang selalu sync, hasilnya RAM yang tersisa dari 512mb adalah 130mb, selain cepat panas adaan T1J ini selalu force close ketika multitaskin dan browsing dengan chrome.

Samsung galaxy young 2 duos G130 tidak dijejali aplikasi apapun dari 512mb hanya menyisakan 128mb saja! Mampus nggak tuh kalau dijejali aplikasi RAM yang tersisa hanya 50-30mb saja, ini berimbas pada lag, force close dan hang! Kenapa samsung galaxy young 2 duos G130 RAMnya busuk banget? Sementara adavan diinstal beberapa aplikasi sosial media masih bisa menyisakan RAM 130mb. Karena samsung punya kostumisasi yang lumayan makan RAM seperti antar muka touchwiz.

Sementara itu polytron zap 5 diinstal semua aplikasi sosial media dan chat, hasilnya dari RAM 1gb, menyisakan 303mb dan masih berjalan mulus tanpa lag maupun force close dan hang!


Dan berikut perbandingan pemakaian RAM pada adavan T1J, samsung galaxy young duos G130 dan polytron zap 5



Semua gadget yang gue uji ini punya 1GHz procesor namun, itu sama sekali nggak nolong kalau RAM cuma 512mb. Jadi jangan pernah beli android dengan RAM cuma 512 yang masih banyak bertebaran, sama saja bohong karena nggak mungkin berfungsi secara optimal! Dan kalau tanya gimana caranya android dengan RAM cuma 512mb bisa lancar jaya? Terus terang gue nggak tahu, kalaupun pakai trik seperti swap memori, tetap ada imbasnya seperti cepat panas dan mengurangi umur procesor. Yang bisa gue sarankan adalah lempar dan beli baru dengan android dengan RAM minimal 1Ghz.

5 comments:

  1. Bener gan, kadang RAM 1 GB aja masih sering lag kok apalgi RAM masih 512 bisa tambah parah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, parahnya masih bertebaran android murah dengan cuma RAM 512mb

      Delete
  2. bener tu gan, ane aja punya android ram nya 1 gb aja ngak puas...
    kunjungi juga ini gan : http://berbagi-pengalaman14.blogspot.co.id/2015/08/membuat-partisi-swap-kartu-memori.html

    ReplyDelete
  3. Xperia e1 ram 512 tetap lancar jaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kebutuhan. Tapi kebutuhan sekarang mulai dari chat messenger BBM, WA, Line sampai social media Path, Snapchat, FB, Twitter belum lagi Waze. Tetap aja 512Mb nggak bakal nolong kalau nggak force close ya lemot.

      Delete