Kenapa Blog Kamu Sepi Komentar (Silent Reader Report)

Selama lebih dari enam tahun ngeblog dengan page view hampir 500,000 ribu dan perhari sanggup narik 2,000 orang lebih buat baca. Blog gue cuma dapet kurang lebih 1000 komen, selama enam tahun? Sebenernya sih gua nggak peduli karena yang penting dibaca tapi setelah kepoin blog-blog luar negeri dan tetangga yang rajin dikomenin jadi sedikit mikir kenapa banyak yang jadi silent reader ya? Berdasarkan hasil riset beberapa blog yang rajin dikomen dan yang nggak pernah dapet komen termasuk blog gua dan tentunya berpage rank tinggi, begini hasil penelitian :



1. Orang Indonesia Pemalas

Yup, dibanding orang luar sana. Orang sini memang pemalas buat masuk ke kotak kolom dan ngisi nama, email serta blog, bahkan udah dibikin simple sampai bisa anonymous pun orang sini masih males, dikasih komen pake facebook pun teteup males. Begitulah budaya orang sini.

2. Tak Kenal Maka Tak Sayang

Orang sini lebih suka komen sama blog yang jelas pemiliknya, aka ada foto yang punya dan setiap postingan yang punya ikutan nongol. Entah kenapa? Mungkin karena lebih enak ngobrol sama yang jelas idetintasnya, padahal yang komen juga nggak kasih nama cuma anonymous...cepek dah! Kalau nggak percaya coba cek saja blog-blog yang isinya gajebo serta berpage rank rendah tapi bisa banjir komentar, pasti yang yang nulisnya ikutan nimbrung di postingan.

3. Postingan Bukan Gue Banget

Rata-rata visitor akan komen di postingan yang "gue banget" dan itu adalah postingan mengenai hal-hal sehari-hari, coba dah posting hal-hal yang mengharukan, taukan orang sini macam apa? Kalau nggak tentang jodoh, bujung buneng pasti banyak yang nyamber. Makin basic dan sehari-hari postingan kamu, makin banyak yang komen. Ibarat bikin film Interstellar dan Ganteng-ganteng serigala yang paling banyak ditonton? Ya, GGS.

jadi harus gimana?

1. Kudu Narcis

Mau nggak mau kudu nampil di tiap postingan atau setidaknya pasang about me/profile page, kalau memang dirasa muka kalian cukup ampuh untuk mengusir tikus, disarankan pakai poto orang lain yang rada mendingan.

2. Sediain All Komen Box

Kalau memang mau banyak komentar, ya harus begini, artinya komen box harus all option. Mulai dari blogger, anonymous sampai facebook komen kudu disediain biar reader bisa milih yang paling gampang, jadi kalau reader nggak punya blog bisa pake facebook, walaupun yang macam ini rawan abis sama spam.

3. Basic Content

Tulislah sesuatu yang mengena dengan kehidupan sehari-hari orang, kalau udah baca yang "gue banget" pasti orang sini bakalan komen. Tulisan gue yang paling banyak dikomen adalah review handphone, kenapa? Karena punya handphone adalah basic! Semua orang pengen dan butuh handphone. Apa lagi kalau kalian tulis hal-hal meye-meye macam sinetron,kawin, cinta, anak. Beuh, langsung tuh bejibun yang komen.   

Terus kalian baca ini masih nggak komen juga? Bingung gue.

5 comments:

  1. hehehe... idem gan, yang penting nge-blog deh...

    ReplyDelete
  2. oke deh gue komen hahahahaa

    kalo gue pribadi sih sebenarnya pengen punya banyak komen juga kaya blog blog seleb blogger, makanya kadang blogwalking

    tapi kadang lebih suka komen yang nyambung ama postingan, dan benci ama komen yang isinya " waaah bagus artikelnya" dan lain lain.

    tapi bagus lagi nyambung sama postingan dan banyak .

    ReplyDelete
  3. Artikelnya kurang panjang gan yang baca kehabisan bacaan.
    Salam kenal
    www.edybagus.ga

    ReplyDelete
  4. thanks ya masukannya, btw kunjungi blog saya
    bombastisx.blogspot.co.id
    di tunggu ya

    ReplyDelete