Berkebun Bumbu Dapur Sekaligus Bisnis Lele Dengan Aquaponics

Pengen berkebun atau bisnis lele tapi nggak punya tempat besar? Jangan takut karena sekarang ada sistem yang bernama aquaponics, berkebun sekaligus bisnis lele di tempat sempit. Lalu apa yang dimaksud dengan aquaponic? Basicly itu adalah sistem tanam hydro tapi dengan simbiosis mutualisme antara ikan dengan tanaman. Kelebihannya selain hemat tempat, anda pun bisa hemat waktu dan biaya. Karena tidak perlu menyirami, plus bisa tanam daftar bumbu dapur sehingga mengurangi ongkos bulanan rumah tangga. Belum lagi tanaman bumbu dapur yang ditanam, merupakan organic sehingga jauh lebih sehat dan plusnya anda bisa bisnis lele juga! Hebat nggak tuh?


Bentuk aquaponic bisa berbagai macam tinggal disesuaikan dengan space yang dimiliki, seperti di gambar ada dua jenis aquaponic satu besar dan satunya kecil. Kalau di lihat pada bagian bawah merupakan tangki air yang di isi oleh ikan lele, bisa juga jenis lain. Lalu ada pipa-piya yang berfungsi mengalirkan air ke atas yang ditempati oleh berbagai tanaman bumbu dapur.



Jadi air yang berada di tangki bawah untuk ternak lele, akan diangkat ke atas kemudian tanaman bumbu dapur ini akan menyaring air tersebut plus memberinya unsur hara, kemudian diturunkan lagi ke bawah. Jadi tanaman dapat makanan dari air kotor lele dan lele jadi sehat karena airnya di saring oleh tanaman. Sehingga kerja anda tinggal melamun sambil nunggu panen.

Kesulitan
1.Kesulitan dari berkebun di rumah ini adalah membuat sistem aquaponic itu sendiri, karena harus bikin rancangan aliran air, juga harus membolongi pipa paralon sendiri.
2. Aquaponic tidak bisa dilakukan di dalam ruangan karena tanaman membutuhkan cahaya matahari, kalau sampai nggak dapet warnanya bisa kuning lalu layu. Ingat sistem ini dialiri air 24 jam.
3.Untuk menarik air naik melalui pipa menggunakan listrik, memang nggak gede sama kaya pakai aquarium. Tapi kalau mati listrik mau nggak mau harus siram manual.

Kelebihan
1. Hemat tempat, karena fleksibel bisa dibuat dengan ukuran berapapun sesuai kehendak.
2. Investasi, karena anda bisa mengurangi cost membeli bumbu dapur plus dapet duit tambahan dari ternak lele maupun ikan lainnya.
3. Bisa punya bumbu dapur organik dan ikan lele organik. Tahukan berapa harga produk organik di swalayan.
4. Kaga perlu capek, gali lobang, tangan kotor kena tanah, tinggal manyun aja nunggu panen. 
5. Air lele nggak bau seperti kolam lele pada umumnya, karena air disaring oleh tanaman. Plus lele hasil aquaponics jauh lebih sehat dari pada lele di tambak, yang cuma dikasih pelet dengan tempat yang berdesak-desakan.



Untuk tanaman nggak harus bumbu dapur, bisa apapun namun kalau kita tanam bumbu dapur hasilnya bisa dipakai sendiri. Media penanaman simpel, tinggal beli saja bibit lalu masukan ke dalam gelas plastik yang sudah di bolongi. Ingat tanaman yang ditaruh dalam sistem aquaponic bukan dari bibit tapi yang sudah disemai.


Sekalipun tinggal manyun nunggu panen, bukan berarti tanaman tidak perlu dirawat. Secara otomatis tanaman yang ditanam akan mengundang berbagai serangga yang juga hama, seperti ulat atau kepik. Mau nggak mau memang harus rajin buat merhatiin tanaman, biar nggak habis dimakan serangga.


Gimana bisa berkebun dengan santai, menghemat pengeluaran dapet duit juga dari ternak lele. Sebenernya nggak sulit kok pakai sistem aquaponics ini, tinggal telaten dan rajin saja. Kalau tertarik dan ingin belajar lebih lanjut bisa ke bos lele gentong

5 comments:

  1. kunjungi forumnya orang yang suka berkebun , ada tanaman GRATIS setiap minggunya www.tanaman.id

    ReplyDelete
  2. buat ukuran laham 3x3 meter kira2 modalnya berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, kurang tahunya bisa langsung hubungi bos lele gentong ada linknya di paragraf terakhir.

      Delete
  3. Mau usaha kuliner kamu makin cepat dikenal? Coba deh kamu gunakan packaging makanan Greenpack. Yakni packaging makanan yang terbuat dari kertas foodgrade aman untuk makanan serta ramah terhadap lingkungan. Lebih lengkap tentang Greenpack dapat Anda temukan di sini http://www.greenpack.co.id/

    ReplyDelete
  4. sangat menarik, sekali jalan banyak manfaat yang bisa didapat...

    Jual Bibit Tanaman Buah, Bunga, dan Sayur
    Telp. 0852 9208 8944
    WA. 0856 4307 7157
    BB. 7585807C
    www.bibittanamansuper.com

    ReplyDelete