Tin Industry : Mainan Kaleng Masa Kini

Masih ingat dengan mainan kaleng tahun 80-an? Sekarang ada yang namanya Tin Industry sebuah brand yang menjual beragam mainan kaleng dengan vintage look. Maksudnya adalah mainan kaleng yang diproduksi di jaman sekarang tapi tampilannya mengikuti vintage toys. Jadi buat kalian yang kangen sama mainan jadul tapi nggak nemu atau beli di kolektor mahal, lebih baik pesan lewat Tin Industry. 


Tin Industry punya beragam bentuk mainan kaleng, mulai dari yang berbentuk robot sampai dengan bianglala dan tukang es krim. Mainan kaleng ini nggak sesederhana kelihatannya, karena mereka didesign sedemikian rupa dengan mekanisme mekanik supaya bisa gerak. Cara menggerakan mainan kaleng ini pun jadul abis, karena setiap mainan dilengkapi oleh kunci putar.




Selain model dengan  kunci putar ada juga model baterai, biasanya model dengan baterai punya fungsi lebih. Misalkan ada yang bisa muter, dadanya kebuka, matanya bersinar bahkan ada yang bisa keluar asap.Kalau lihat yang model yang ini jadi inget mainan kaka gue tahun 90-an. 

                                                                Perlu diketahui sebelum membeli:
Biasanya sebelum membeli kalian disarankan untuk mencoba terlebih dahulu, karena banyak sekali mainan yang tidak memiliki petunjuk pengoperasian dalam packegingnya, jadi harus tebak-tebakan. Satu hal lagi yang harus diperhatikan, banyak customer yang membeli protes karena mainan kaleng mereka tidak mulus, ada gores dan tidak rata. Padahal hampir semua mainan kaleng ini begitu adanya, karena mostly dibuat by hand bukan dengan mesin besar serta disitulah letak keunikan mainan kaleng agar terlihat vintage.

Rata-rata orang membeli bukan untuk dimainkan namun untuk dipajang atau kolektor item. Mainan kaleng ini pun tidak memiliki after sales, jadi kalau ada kerusakan mau nggak harus bersabar. Mungkin karena ditujukan sebagai produk koleksi.



Bukan mainan anak kecil!

Walaupun terlihat unyu mainan kaleng ini sama sekali bukan untuk anak kecil! Batas umur untuk mainan kaleng ini adalah 14 tahun aka untuk remaja. Karena banyak sekali sudut serta partisi yang tajam hingga mudah untuk melukai anak kecil yang memainkan. Jadi kalau mikir beli untuk hadiah anak atau ponakan di bawah 14 tahun, salah besar! Karena mainan kaleng ini mampu melukai si kecil dengan mudah.


Sekalipun punya banyak bentuk, mainan kaleng yang paling banyak dibeli sama orang sini adalah model pesawat terbang dan mostly yang beli justru perempuan ketimbang lelaki. Mungkin bentuk robot memang kurang faimiliar dengan orang Indonesia dan perempuan umumnya suka beli pajangan buat lemari atau meja.


Kalau penasaran dengan mainan kaleng termahal jawabannya adalah noddy, karakter ciptaan penulis enid blyton tergolong limeted edition. Hanya ada sekitar 1000 buah saja yang dijual dan setiap pembelian akan disertai sertifikasi resmi dari museum of toys Singapore. Mainan Noddy yang mengendarai mobilnya ini di hargai sekitar Rp1,6 juta dan itu belum termasuk teman-temannya dalam satu set.


Kenapa Beli Mainan Kaleng Masa Kini?

Buat kalian yang suka dengan mainan kaleng vintage pastinya bingung kenapa harus beli mainan kaleng ini dari pada barang aslinya yang berusia puluhan tahun? Karena mainan kaleng produksi saat ini tergolong jauh lebih murah dari pada mainan kaleng produksi tahun 80-an ke bawah. Serta jauh lebih aman karena besi yang digunakan tidak akan berkarat seperti mainan tahun 80-an. 



Buat yang kangen masa lalu atau cari pajangan unik buat di meja kantor maupun ruang tamu, bisa dapetin mainan kaleng ini lewat klik link ini (the tin industry)

2 comments:

  1. Dulu pernah punya noddy sama mainan komedi putar.. dan sekarang entah kemana... jadi kangen mainan ituu ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang nggak disimpen padahal kalau sekarang harganya bisa selangit tuh

      Delete