Pengalaman dan Tips Membeli Kelinci Mahal

Hi guys, gue mo share aja beberapa tips sebelum membeli kelinci hias yang mahal, berhubung gue punya dua jenis kelinci hias yang lumayan menguras kantong dan udah setahun lebih jadi papa buns. Jadi punya banyak hal yang bisa dishare buat kalian sebelum membeli.

1.       Riset
Sebelum beli hal amat gue sarankan adalah riset  terlebih dahulu! Mau beli jenis apa? Bulu panjang atau bulu pendek? Cocok nggak dengan keadaan rumah maupun ketersediaan waktu buat ngurus. Sama apa saja yang harus tersedia sebelum beli kelinci, jangan beli dulu terus baru cari kandang, makanan, vitamin etc. Dan yang paling parah jangan sampai ketika sudah beli ternyata nggak mampu ngurus, ini banyak terjadi sama orang-orang yang beli english anggora. Karena dipikir  kelinci anggora minim perawatan, gampang dan murah meriah.

2.       Membeli di rabbitry terkemuka.
Jangan pernah beli kelinci di pinggir jalan dan pasar hewan! Karena umumnya tukang jualnya suka  nipu, kelinci masih perlu disapih induknya malah sudah dijual. Belum lagi kelinci ini dipajang di pinggir jalan yang panas dan berdebu, plus parahnya jenisnya nggak tentu. Si penjual suka nakal bilang jenis anggora ternyata kelinci bligon. Pokoknya nggak terjamin.
Kalau beli dipetshop  gimana? Terus terang  jauh lebih baik dari pada pasar hewan dan pinggir jalan tapi seringnya petshop pasang harga gila-gilaan belum lagi nggak ada after salesnya.
Membeli kelinci di rabbitry jauh lebih terjamin, selain pure breed. Rabbitry pun kasih after sales. Jadi kalau ada apa-apa dengan kelinci bisa langsung tanya, bahkan rabbitry nggak segan buat datang lagi dan sembuhin kelinci yang dibeli. Pengalaman gue beli fuzzy lop dan netherland dwarf di salah satu rabbitry nggak pernah mengecewakan, kalau ada apa-apa tinggal kontak aja. Kalau dinas luar gue bisa nitipin kelinci di rabbitry, kalau vitamin atau obat nggak ada di petshop terdekat tinggal kontak rabbitry.

3.       Pedigree atau non pedigree?
Apa sih pedigree dan non pedigree?  Artinya kelinci pedigree punya surat akte kelahiran dan sertifikasi plus tato telinga untuk membuktikan kalau kelinci yang dibeli merupakan keturunan langsung dari indukan berkualitas dalam arti induk yang suka menang juara show. Sementara non pedigree nggak dapat akte kelahiran dan sertifikasi tapi bukan berarti kelinci non pedigree jelek. Umumnya hanya karna sulit dilacak aja silsilahnya.
Kalau niat beli untuk peliharaan saja cukup beli kelinci kelinci non pedigree karena kelinci pedigree punya harga jual dua kali lihat lebih tinggi


4.       Beli diharga starter
Umumnya rabbitry yang punya stock akan menjual di harga  starter yakni harga ketika kelinci sudah lepas sapih dari 3 sampai 4 bulan. Ini adalah harga paling rendah yang rabbitry bisa tawarkan, karena semakin tua akan semakin mahal. Harga kelinci hias umur 4 bulan sudah barang tentu jauh lebih murah dari kelinci umur 7 bulan apa lagi kalau sudah peak 1 tahun harga bisa menyentuh jutaan.
Waktu beli si Kimchi solid colour fuzzy lop, mau nggak mau gue kudu ngerogoh kocek 250 ribu, itu ketika masih 3 bulan kalau aja si Kimchi berumur 5-7 bulan bisa-bisa gue jedotin pala ke tembok, gegara kudu nguras duit sebesar 500 rebu.


Sementara si Momo kelinci mini (netherland dwarf) gue beli di harga starter 140 ribu dengan umur 3 bulan. Kebetulan harga si Momo bisa jatuh karena failed chesnut, maksudnya  warna si Momo nggak seluruhnya chesnut tapi dia punya marking putih di kaki depan. Sekalipun begitu andai Momo gue dapet waktu umur 7 bulan tetep gue kudu merogoh duit sebesar 200-300 ribu.

5.       Jangan takut inden
Jangan terburu-buru beli kelinci hias mahal, kalau anda nggak nemu yang dimau ketika datang ke rabbitry, nggak perlu maksa untuk beli. Pilihan adalah pindah ke rabbitry lain atau anda bisa inden pada rabbitry kelinci yang dimau.
Awalnya gue pengen banget kelinci lop berhubung hampir semua rabbitry out of stock lop akhirnya gue menjatuhkan pilihan pada fuzzy lop. Tapi nggak ada warna yang gue mau, yakni solid colour black. Mau nggak mau gue kudu inden selama dua bulan ke rabbitry sampai akhirnya dapet si Kimchi fuzzy lop solid colour black dengan bottom grey.

Apa sih yang bikin kelinci mahal
1.       Yang pasti sih jenisnya, gue udah give up cari lop murah meriah yang solid colour blue. Karena harga starternya aja udah 700 ribu! Apa lagi yang solid colour blue. Usut punya usut ternyata kelinci lop tergolong sulit dibiakan, makanya jarang banget rabbitry yang punya lop.
2.       Warna, entah kenapa solid colour cenderung jauh lebih mahal dari pada broken.
3.       Pedigree, kelinci dengan pedigree udah pasti muahal bingit gans. Berhubung gue cuma cari temen buat di rumah jadi nggak perlu yang keturunan ningrat.


Note:
Gue bukan breeder! Jadi ke depannya semua kelinci akan disterilkan. Untuk sekarang gue belum nemu dokter hewan yang rekomen buat nangani kelinci. Mensterilkan kelinci adalah wajib! Karena untuk menghindari over populasi, agresifitas serta membuat kelinci jauh lebih sehat dan panjang umur.


My buns are cage free! Gue nggak mengkandangkan karena kelinci bukan untuk di kandang, mereka butuh bingky atau loncat selama 30 menit sampai 1 jam. Kecuali si Momo netherlanda dwarf yang mostly di dalam kandang, bukan apa-apa karena saking mininya kalau di lepas, gue susah carinya. Belum lagi takut dimakan kucing lewat. 

Nggak Punya Duit Buat Beli?
Ingat pikir masak-masak sebelum membeli  karena kelinci  mampu hidup sampai 10-12 tahun, itu artinya komitmen jangka panjang.  Hal ini yang nggak ada dipikiran orang sini kalau mau adopsi peliharaan termasuk kelinci.

Punya duit dan mampu ngurus belum tentu mampu berkomitmen karena banyak banget  yang punya kelinci harga  selangit  tapi ujungnya mati-matian cari orang yang mau dihibahin kelincinya. Beragam alasan dari mulai sibuk kerja atau kuliah sampai bini nggak suka atau lagi bunting ada aja alasan untuk menyingkirkan kelinci yang sudah lama dipelihara.

Jadi kalau minat beli kelinci hias tapi bokek kalian bisa buka forum pecinta kelinci di kaskus (klik di sini) . Cukup modal bensin buat dateng sama angkut kalian bisa pulang dengan kelinci hias idaman.


6 comments:

  1. waktu itu beli Kimchi dimana ya bro? bisa share alamatnya? matur nuwun nggih

    ReplyDelete
    Replies
    1. masuk aja ke group facebook peternak kelinci, disitu nanti pilih aja rabbitry yang bagus.

      Delete
  2. bro, ada rekomen dokter sterilin kelinci ga ya? dan utk sterilin kelinci harganya brp ya kira2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya untuk kelinci ke dokter cucu di http://pdhbvet.com/jadwal-praktek-dokter/sunter/ kemaren ada yang steril jatuhnya 800-900 ribu.

      Delete
  3. Maksudnya disterilkan itu apa bro?
    Maklum newbie ane.

    ReplyDelete