Review LG L20 : Android Kitkat Termurah

Udah bosen sama ponsel android merk lokal yang murah dengan spec tinggi tapi punya banyak bugs.  Mostly merk lokal yang gue beli, OS androidnya bodong. Jadi ada beberapa apps google yang nggak jalan maksimal, macem Maps yang kaga akurat, compass nggak jalan, juga kamera yang bermegapixel tinggi tapi hasilnya cenderung keputihan. Dua merk lokal yang gue beli adalah Mito dan Advan, kapok dah beli merk local dengan iming-iming OS android terkini, core dan RAM tinggi serta kamera megapixel tapi bugs bertebaran. Makanya gue cari ponsel merk global yang murah meriah buat kebutuhan sehari-hari.

Setelah memilah-milih dengan budget yang amat menyesakan dada dengan terpaksa gue menjatuhkan pilihan ke LG L20 dual. Bukan apa-apa LG merk global dan selama masa promo dari 800 ribu diskon jadi 600 ribu dengan pembelian tunai dan kalau pakai kartu kredit cuma 500 rebu. Tapi harus beli di Carrefour! Nggak pake mikir langsung aja dah cabut ke Carrefour terdekat.

Paket Penjualan

Ampun minah no wonder bisa jatuh ampe 500 ribu! Soalnya dipaket penjualan Cuma di kasih charger aja! Jangankan micro sd, headset yang biasanya ada pun sampai ditiadakan, gantinya dikasih screen protector sama sebuah voucher blitz dan ini bukan voucher ternyata!!! Tapi semacam promo ticket, jadi kalau nonton ke blitz tunjukin voucher sama LG L20 terus dapet satu tiket gratis (buy 1 get 1) Aneh? Kenapa nggak voucher nonton aja sih toh sama aja bukan?

Body

Full plastic! Plus warna yang cathy semakin mirip mainan anak-anak, tapi finishingnya rapi banget dan nggak licin. Bentuknya yang super imut, bisa muat dimana aja dan enak digenggam.

Layar

Layar 3 inch sama dengan galaxy mini ini emang amat mengecewakan, mungkin memang sengaja diturunkan kualitasnya supaya harga murah. Densitas pixel serta warnanya rendah banged (133 ppi) tapi masih nyaman di mata, kalau boleh jujur layar L20 ini masih dibawah galaxy mini dan young karena masih TFT.

Layar 3 inch juga jadi masalah ketika harus ngetik, entah kenapa gue ngerasa kalau layar L20 ini lebih sempit dari pada galaxy mini dan young. Tapi presisi ketika ngetik cepat dan nggak meleset! Ini meminimalisir kesalahan ketik karena layar kecil.

Kamera
Contoh foto L20 outdoor, kurang focus karena nggak ada fix focus
Kamera L20 hanya 2MP tanpa auto focus dan blitz, hasilnya sih lumayanlah kalau buat selfie masih bisa bikin ganteng. Hasil gambar cenderung soft dan kurang detail karena nggak ada auto focus. Untuk ini bisa diakalin dengan install apps camera HDR. 


Suara

Satu lagi yang disunat LG. Suara L20 ini datar abis, pemutar music dengan volume max pun gagal menghadirkan dentuman bass. Mau nggak mau harus colok headset atau speaker.

Fitur dan OS  

Ok, boleh kecewa dengan dengan layar dan suara tapi fitur dan OS nggak ada yang kalahin. OS udah Kitkat booo, hape mana dengan bandrol 500 ribu udah kitkat! Belum lagi OS-nya full costume. Ada fitur knockcode (ketukan buat gantikan slide mode lock), dan beragam google apps yang udah preinstall seperti drive, photos, chrome. OS 4.2.2 ini stabil banged tanpa bugs macem merk local, karena full costume banyak yang unik misal bentuk tombol, keyboard, font yang bisa diubah dengan berbagai theme. Bahkan nggak perlu instal launcher karena L20 bisa ganti theme tanpa launcher cukup donlot aja di LG world.

Semua fitur standar seperti music player sampai memo sudah langsung terhubung ke third apps, missal memo sudah bisa langsung share ke drive atau chat messenger, music player langsung terhubung ke youtube, kamera dan gallery langsung ke apps photos buat edit. Bahkan apps standar ini diupdate berkala oleh LG.

Bahkan fitur save mode pun tersedia jadi nggak perlu instal apps save baterai, pokoknya L20 ini punya segudang fitur yang bikin nggak usah install beragam apps.

Dual Sim

Hebatnya lagi L20 udah dual sim, satu GSM dan satu WCDMA, Jadi buat  nelpon pake GSM terus buat data bisa pake smartfreen ataupun bolt (tapi gua belum coba bolt) Pengaturan dual simcard gampang tinggal swipe ke bawah di layar notification terus pencet sim1 atau sim 2. Tapi inget cuma satu sim card yang bisa 3G.

Hardware
Untuk processor L20 dipersenjatai dengan 1.0 GHz dual core dan RAM 512. Ok, banyak yang langsung kecewa dengan RAM yang cuma 512. Pasti banyak yang mikir bakalan lemot, nyatanya L20 justru tangguh dan anti lag. Dengan layar Cuma 3 inch tentunya ini bakal mengkompres beban RAM. Buka BBM, whatsapp dan line lancar tanpa lag plus L20 ini nggak panas.

Kalau untuk game, belum coba karena Cuma 3 inch dan pixel yang rendah jadi rada males buat donlot game. Dengan MT6572 (ini chipset yang biasa ada di hape china, dipakai buat nurunin harga) dan GPU Mali-400, harusnya game dengan grafik berat bisa jalan mulus.
Memori 4GB tapi setelah dipakai OS Kitkat buat user tinggal 1,3GB saja. 

Baterai

Si kecil L20 ini punya baterai Li-ion sebesar 1540 mAh, dengan layar densitas 133 ppi dan Cuma 3 inch. L20 mampu hidup seharian bahkan lebih sekalipun dipakai browsing. Gue uji coba pake dua kartu, 3 messenger plus instal apps dari google play seharian, L20 masih sanggup menyisakan 30% baterainya ketika jam 12:00 malam. Tentunya di daerah gue sinyal 3G-nya gampang dan kenceng ya.  Plus ada fitur save baterai sendiri dari LG.

Overall

Dengan harga 800 ribu LG L20 gue bilang sih masih worth to buy, sekalipun mengorbankan luas dan kualitas layar. Dikisaran harga segini merk global belum ada yang nandingin L20, Samsung dengan kisaran harga segitu rata-rata masih jelly bean, processor belum 1Ghz apalagi dual core (galaxy chat, mini 2, fame) dan umumnya Samsung pelit, OS nggak full costume. Memang merk local banyak dengan spec jauh lebih tinggi, layar 4 inch, Kitkat , dual core tapi umumnya OS merk local bodong dan punya seabreg bugs. Karena merk local cuma pasang OS seadanya yang penting bisa berfungsi. 

Note:
Periode promo Cuma di Carrefour dari tgl 29 agustus- 14 september. Harga normal 800 ribu, kalau beli cash 650 ribu, kalau beli pakai kartu kredit 550 ribu. Carrefour only available in white yang black mostly di counter hape.

Pasti banyak yang tanya bisa nggak pake PATH? Kalau coba instal di google play. PATH nggak bakalan nongol! Sebab layar L20 Cuma 3 inch nggak masuk criteria untuk PATH, jadi harus donlot file APK terus instal manual seperti galaxy mini dan young.

L20 ini nggak bisa baca back up data dari jelly bean Mito A87, entah mengapa semua apps yang udah gue back up di sd card sama sekali nggak terbaca.


L20 udah lama keluar di India bahkan sekarang L30 udah keluar di sana, bedanya layarnya 3,5 inch tapi densitas pixel cuma 125 ppi. Jadi buat yang nggak cocok dengan layar 3 inch bisa nunggu sapa tahu aja bentar lagi keluar juga di sini.

36 comments:

  1. Kayaknya hape ini nggak cocok untuk user dengan jempol gajah seperti saya, hehe. Tapi ulasannya menarik kok. Apalagi hp ini murah banget udah kitkat pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, layarnya lebih sempit dari pada galaxy mini sama young.

      Delete
  2. gan hh ni ada sensor gps g??
    ane pernah beli galstar tp gpsny cuman titik kedip" tanpa petunjuk arah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini ada kok, sensor GPS auto lock. Sedikit beda ada tanda panah dititik birunya jadi kita tahu ke arah mana. Tapi ya itu, layar cuma 3 inch plus titik biru kecil banget kalau mata minus ya susah lihatnya.

      Yang nggak ada sensor accelometer jadi nggak bisa pasang kompas.

      Delete
  3. Yg penting gps jalan gan, sabar nunggu dtngny di Madiun
    Ok thanks gan

    ReplyDelete
  4. gan, ne hh gua suka bingitts. di carefour medan ada gk promonya ya..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di Kompas sih iklannya all carefour, coba aja cek bang.

      Delete
  5. Mau nanya, hingga sekarang udah pernah install game? Pengen beliin buat adek T_T tapi takut game2nya gak begitu byk supportnya. apa gak enak buat dimainin di layarnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. LG L20 support semua game soalnya udah kitkat dan GPU Mali - 400 jadi game dengan grafik bagus bisa jalan, plus MTK 6572 overall lancar. Kalau enak sih, ya pasti lebih enak yang layarnya gede. Tapi kalau buat anak kecil yang jarinya imut harusnya nggak ada masalah.

      Gue instal death shooter lancar jaya tapi maenya kudu di zoom, ya gimana lagi cuma 3 inch jadi zombienya nggak keliatan, mana setingan malam hari pula.

      Delete
    2. jadi lancar ya bisa install apa aja, makasih banyak ya ^_^
      coba bisa jadi 4 inci ya, soalnya mantap banget karena udah kitkat.
      oke deh makasih banyak yaa udah mau review sama jawab pertanyaan2 hehe.

      Delete
  6. bro,mo tny ni pake minisim tau microsim yg hrs motng dulu?,trus netnya 3g im3 bisa jlan ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. micro sim, betul harus dipotong dulu. LG L20 Quad GSM, jadi bisa jalan di semua frekuensi. Harusnya 3G IM3 bukan masalah, bisa mulus jalan.

      Delete
  7. Mau tanya bro, direview atas wcdma dan gsm, untuk wcdma sendiri apakah memang bisa untuk Kartu smartfren bro? Dan brp skor di antutu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk WCDMA/UMTS cuma satu slot yang bisa di frekuensi 850/ 900/ 1900/ 2100 MHz, dan only 3G support jadi klo kartu CDMAnya nggak ada 3G, nggak bakal turun EDGE tapi lost sinyal dan kartu saya smartfreen yang lama, ituloh jaman-jamannya modem USB sekitar 2-3 tahun lalu. Bukan kartu baru yang dibundle diHP dan modem wifi sekarang.

      Atutu bencmarknya 9676 (really tired) general level, dengan harga gopek merk global lumayanlah dan nggak ada bugsnya macem merk lokal. Lagian layar 3 inch nggak mungkin dipake maen game dengan grafis berat pula.

      Delete
  8. om mau nanya om..tertarik nih sama lg l20.. itu klo kita jalanin internet wcdma nya yg gsm klo mau internetan gak jadi gprs kan om??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Misalkan lagi pake WCDMA , sinyal 3G gsm nggak bakal turun dan tetep bisa nerima email dan notification lain. So far sih gue gituh, karena emang di ibu kota gampang sinyal.

      Delete
  9. Maaf gan mau tanya,untuk slot memory eksternalnya yang di atas itu kan gan yang deket kamera.?terus untuk GPS nya sndri udah suport glonnas apa cuma a-gps.?

    ReplyDelete
  10. Iya itu slot sd cardnya yang deket kamera, sebelah tombol power. Udah support glonnas kok

    ReplyDelete
  11. Gan,kalau pake WCDMA,dtaruh slot 1 bisa kn?trus GSM'nya slot 2.

    ReplyDelete
  12. Harusnya sih bisa, soalnya nggak ada keterangan cuma satu slot aja WCDMA-nya. Tapi kalau cuma satu simcard yang bisa nerima paket data, kaga bisa dua-duanya.

    ReplyDelete
  13. @Pupu nggak ada, ini cari buat rot aja susah nggak ada yang bisa.

    ReplyDelete
  14. Kalau untuk root nya saya udh bisa, klau untuk CWM & CUSTOM ROM ni ada link nya gan http://www.cwm-twrp-recovery.club/mp3-0/lg-l20-6548.html tapi saya ga bsa downloadnya, klau bisa tlong download ntar share di blog agan uploadnya ke mediafire biar downloadnya gampang

    ReplyDelete
  15. @pupu: justru gue butuh banet rooternya malah dikasih cwm dulu, percuma klo nggak bisa ngeroot mah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar saya upload cara untuk root nya atau mnta pin bb nya aja biar saya kirim langsung file untuk root nya

      Delete
  16. eh, buset yang keleuzzz kudu bagi pin. Komen aja tar gue cek linknya.

    ReplyDelete
  17. Gue lupa link nya ntar gue upload ulang

    ReplyDelete
  18. Nih link nya https://drive.google.com/drive/u/0/mobile?gsessionid=ufL76MTzSTW3mPkXxD0ZqA

    ReplyDelete
  19. @pupu: kosong gan , pas dibuka this folder is empty???

    ReplyDelete
  20. Sayang terlalu kecil untuk saya. Pasti salah tekan terus

    ReplyDelete
  21. @tetei: memang nggak rekomen buat yang jarinya gede

    ReplyDelete
  22. Cari di youtube ada tutornya gan

    ReplyDelete
  23. Blog-nya keren Bos. Simple, loadingnya cepet walau banyak graphis

    ReplyDelete