Review Advan T1J Tablet 7 Inch. Beserta Tips Kekurangan dan Kelebihan


Iseng cari handphone android baru malak kepincut sama sebuah tablet 7 inch. Advan  Vandroid T1J seharga 1,1 jeti, untuk sebuah tablet 7 inch harga ini tergolong murah dan yup, emang gue termasuk orang yang gelap mata kalau liat barang murah meriah. Tapi worth it kah dengan harga segitu? Setelah 3 minggu pemakaian maka bisa gue simpulkan begini.

Dengar harga 1,1 jeti dari packaging jangan berharap banyak anda cuma dapet dus sama headset dan tentunya charger dengan dua tipe standard an USB. Untungnya layar  selebar 1024x600 udah ditempel anti gores. Vandroid T1J ini full plastic material dan gampang tergores, gua sarankan untuk cepat-cepat beli flip cover. Body Vandroid ini juga sama sekali nggak bisa dibuka! Vandroid Cuma menyisakan bagian bawah untuk masukin simcard sama sdcard.

Layar:
Layar selebar 7 inch (1024x600) ini bisa bikin browsing puas dari pada pake android standar. Sayang layar  ini belum IPS dan warna cenderung over namun masih bisa dimaklumi.


Hardware
Dengan processor dual core 1,3Ghz! MTK8312 Vandroid T1J mampu menjalankan segala macam aplikasi bahkan game 3D paling berat sekalipun mampu dieksekusi berkat GPU-400 MP. Sayang  seribu sayang RAM Cuma dikasih 512MB, meninggal nggak tuh!!! Akibat hal ini kalau lagi multitasking ada aplikasi yang bakalan otomatis ditendang aka shutdown tiba-tiba. Untungnya T1J kasih memori internal sebesar 4 Gb walaupun 2 Gbnya udah kepake buat system, jadi sisa buat user 2GB itu lebih dari pada cukup.

Satu hal yang bikin gue cukup bingung adalah ketidakmampuan T1J buat menjalankan aplikasi compass, pertama gue pikir karena nggak punya sensor gerak atau apalah itu. Tapi kok bisa buat maen game doodle jump serta game lain yang butuh sensor gerak?

Satu hal yang jarang ada di tablet 7 inch adalah tv, yup vandroid punya tv sekalipun gue nggak  pake.

Operating System:
Macem android lainnya T1J udah disuntik Jelly Bean terbaru versi 4.2.2 semua aplikasi terbaru bisa dengan mudah dinstal. Satu lagi penyakit merk lokal adalah OS-nya bodong atau apa adanya tidak ada kostumisasi seperti halnya merk premium.

Ketika gue coba pakai google map buat cari jalan, gue nggak ngerti apa yang salah. Sekalipun mampu lock posisi kita lewat satelit bukan bts, google maps T1J nggak bisa ngefollow! Yang ada dia malah beku dan gue harus merefresh berapa kali biar tahu udah seberapa jauh jalan.   

Camera:
Dengan dual kamera belakang dan depan tentunya jadi kelebihan sendiri, tapi sialnya baik kamera depan maupun kamera belakang sama busuknya. Kalau mau bagus harus outdoor sebab kalau indoor hasilnya cenderung keputih-putihan khas kamera handphone merk cina. Padahal kamera belakang ini 5,5 MP tapi gue nggak bisa liat bedanya dengan kamera depan yang cuma VGA.

Baterai:
Vandroid T1J punya kapasitas baterai 3000 mAH itu bisa kepake buat seharian, pemakaian standar bisa bertahan sampe sehari (7-10 jam) kalau rajin browsing pake HSDPA bisa sampai setengah hari. Gue nggak tahu apakah satu ini kekurangan atau kelebihan karena baterai unibody, atau tidak bisa dicopot karena menyatu dengan body. Sekalipun begitu T1J jauh dari pada bisa disebut berat.

Tips Kalau Sudah Terlanjur Beli:

Camera:
Ok kameranya emang nggak bisa diandelin, salah satu tips yang bisa gue kasih adalah harus instal aplikasi kamera macem camera 360, camera FV atau lainnya.

OS:
Note jangan me-root Jelly Bean Vandroid T1J karena lumayan susah nggak seperti merk premium yang mudah. Juga jangan sekali-kali memakai custom root!!!! Karena belum ada custom root yang sesuai dengan T1J.

Hardware:
Ok, kalau udah diinstal segala rupa, rada suka ngehang dan kalau lagi buka apps suka tiba-tiba shutdown. Sekalipun dual processor tapi RAM 512MB yang bikin mati gaya. Untung kalian baca blog gue karena ada tips buat ngatasin hal ini tanpa harus me-root dan paka RAM swapper yang ribet…bet…bet.

 Instal aplikasi Ram Booster, Clean Master dan Greenify donate. Biarkan ketiga apps itu jalan karena mereka bertiga bakal bikin RAM bernafas lega dengan selalu memberikan sisa 50MB sampai 105 MB, jadi nggak ada aplikasi yang dishutdown tiba-tiba.

Baterai:
Baterai 3000 mAH emang pas buat tablet 7 inch karena bisa bertahan seharian, tapi imbasnya kalau ngecharge lama banget! Bahkan bisa 10 jam, cuma buat charger full! Supaya baterai tahan lebih lama dan cepat ketika discharge ini tipsnya.

-         Agar baterai bisa bertahan seharian  bahkan lebih gue sarankan agar pakai wallapaper gelap atau hitam dan instal theme supaya semua icon bisa dimasukan ke dalam folder.

-          Untuk mengatasi charging yang lama ketika charging matikan vandroid T1J atau matikan 3G-nya, dalam satu jam saja bisa hampir penuh.

       "Terus terang sekarang tablet ini gue cuma dipake buat browsing sama maen game aja."





9 comments:

  1. Harganya cukup terjangkau ya mas,,, yah namun ram nya cuman 512 yah -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. BIasalah produk lokal emang suka setengah-setengah kalau bikin

      Delete
  2. Oh ia,ktanya bisa djadi'in power bank ,cranya gmna yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa tapi nggak pernah di coba, jadi nggak tahu. Btw ngapain juga baterainya boros mau dijadiin power bank.

      Delete
  3. Om advan ane mati kehabisan batre cara ngatasin nya gimna ya

    ReplyDelete
  4. om, klo kapasitas RAM nya bisa di tambah atau dinaikin gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buset dah, mane ade android bisa dinaikin kapasitas RAMnya? Palingan di swap.

      Delete
  5. Kamera saya gak bisa di. Buka,,, galerinya juga gak bisa di buka.. Cara ngatasinnya gimana om.. Pliss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dulu direset ulang (setelan pabrik) kalau tetep nggak bisa berarti firmware kameranya kehapus.

      Delete