Tour De Museum Part 12 : Tugu Proklamasi


Sebenarnya ini bukan museum tapi berhubung tempat yang historis banget dan kental dengan Indonesia jadi kenapa juga nggak dimasukan ke dalam label Tour De Museum. Tugu proklamasi yang bertempat di jalan proklamasi Jakarta Pusat ini, sejatinya adalah tempat di mana Soekarno pertama kali mengutarakan proklamasi. Ingetkan lapangan dimana Soekarno pidato proklamasi? Yang biasa kita liat di film-film jadul? Nah tempat itu adalah tugu proklamasi ini.


Kaga banyak yang bisa dilihat di tugu proklamsi, ini cuman taman besar dengan patung dan tugu tinggi sebagai peringatan tempat Soekarno berdiri. Tapi taman ini rapi dan bersih karena dijaga ketat satpam dan polisi, bahkan ada kantor operasionalnya segala loh. Tapi anda harus hati-hati kalau datang dengan rombongan dan membawa kamera, soalnya satpam dan polisi yang jaga suka maksa minta uang!. Jadi pura-pura aja anda orang iseng yang numpang lewat dan lihat-lihat. Padahal tugu proklamasi ini tempat umum, masa orang poto-poto kena charge!

Sekalipun ini merupakan tempat dengan nilai historis tinggi namun penataan dan pengelolaan nampak tidak jelas. Sepintas seperti taman biasa yang gemar dijadikan tempat mesum tukang ojeg dan sopir angkot, kalau tidak sekadar lewat tidak perlu menyempatkan diri untuk berkunjung. Mungkin tugu proklamasi ini jadi tempat nongkrong yang pas selepas lari pagi.

4 comments:

  1. wah,, pengelana Museum di Indonesia nih,, mantap...

    ReplyDelete
  2. Kalau di Palangkaraya ada namanya tugu sukarno...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelah mana tuh? Dulu ke palangkaraya nggak nemu monumen.

      Delete