Kehidupan Liar Di Tengah Danau Istana Bogor

Siapa sangka sebuah pulau buatan yang terdiri dari sekumpulan pohon dan tanaman bakau ini, ternyata menjadi tempat berteduh bagi sebuah kehidupan liar. Pulau buatan di tengah danau istana Bogor ini menjadi tempat singgah bagi para burung laut "saya tidak tahu jenisnya" namun terdapat dua species berbeda yang menjadikan pulau buatan ini sebagai tempat singgah mereka.

Terus terang di tengah kota macet penuh angkot merajalela, kehadiran dua species burung besar ini merupakan hal mengembirakan. Membuktikan bahwa kehidupan liar bisa muncul di tempat sekecil pulau buatan di tengah danau taman kota, sekalipun hanya dijadikan hotel dalam perjalan jauh burung-burung ini. Bukan tidak mungkin jika di tengah kota dibuatkan berbagai ekosistem mungil, maka akan lebih banyak lagi species burung yang singgah. Bahkan nantinya ekosistem kecil yang ditebar banyak di segala penjuru kota bukan hanya tempat singgah namun juga dijadikan tempat bertelur. Nantinya beragam ekosistem kecil yang disinggahi beraneka ragam species burung bisa dijadikan ekowisata dan eduwisata yang jauh lebih menarik dari pada sekadar memberi makan rusa totol dipinggir pagar istana Bogor.   




Pada bagian atas pulau buatan atau pada pohon-pohon tertingginya dihuni oleh species sejenis bangau, kaki merah mereka yang panjang mengindikasikan jika mereka memang burung yang mencari mangsa di perairan. Dari segi ukuran tergolong besar dan paruh yang besar dan lancip memang ciri utama untuk mengais ikan dari dalam air.


Species kedua mendiami bagian bawah pulau buatan, burung ini jauh lebih kecil dari pada species yang mendiami puncak pepohonan. Namun mereka jauh lebih aktif dengan mencari ikan di sekitaran pulau buatan danau istana Bogor, berbeda dengan saudara mereka yang di atas pohon, nampaknya hanya numpang istirahat saja.



4 comments:

  1. Jadi mupeng dengan Istana Bogor karena belum kesampain ke sana.
    Bisa melihat dari dekat atau menyeberang ke pulau tersebut nggak?
    Salam kenal ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau istana Bogor memang harus nunggu open house, ini dilihat dari seberang kebun raya. Karena istana Bogor sama Kebun raya Bogor emang satu area. Kalau nyeberang nggak mungkin, soalnya pulaunya jauh banget. Ini pake zoom kamera kok. : )

      Delete
  2. Andaikan saja di danaunya juga di kasih teratai atau ikan, mungkin orang yang berkunjung akan bawa pancingan hehehehe
    Nice post :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teratai sama ikan banyak kok, ini cuma diphoto dari sudut yang bersih aja. Kalau mau lihat yang dari dekat klil aja post ini http://www.everybodygoesblog.com/2012/09/danau-istana-bogor.html

      Delete