Review MITO A78 android lokal dengan procesor 1Ghz



Sedang mencari android lokal dengan spec tinggi? Anda mungkin akan sama terjebaknya seperti saya. Kebetulan  pencarian saya berakhir pada sebuah merk lokal yakni MITO A78 dengan spec RAM 256 dan processor 1Ghz MTK, memory 4 GB, 4 inch LCD capasitive kalau boleh jujur MITO A78 seharga IDR 800.000 ini satu tipe dengan andromax seharga IDR 1,4 juta. Dengan alasan ini pula saya akhirnya menjatuhkan pilihan pada MITO A78 hanya saja MITO A78 masih berkutat di gingerbred 2.3.5 toh bukan masalah karena tidak akan terasa bedanya untuk pemakaian sehari-hari.
Packeging.
Kotak penjualan amat sangat sederhana hanya box kecil berisi kabel USB dengan kepala charger serta sebuah headset cukup sudah, namanya juga hanya IDR 800 ribu. Bentuknya persegi serta glossy mudah meninggalkan sidik jari dan jika di tilik lebih baik bentuknya seperti copyan dari HTC one tapi material terbuat dari plastik tingkat tinggi.

Sayangnya sekalipun sudah hotswap sdcard tidak bisa dicabut karena terhalang baterai, aneh bukan? Penempatan simcard pun sulit di raih karena terhalang baterai.

Gingerbread 2.3.5
Ketika saya pertama kali mencoba gingerbread berkuatan 1Ghz ini barulah sadar mengapa MITO A78 bisa semurah ini, karena gingerbread yang di pasang adalah versi bodong tanpa costumize apapun. Bahkan memory sebesar 4Gb yang di tulis di web dan di kardus adalah memory kosong tanpa OS android, jadi kalau sudah di instal gingerbread memory yang saya terima hanya sebesar 140MB! Tapi hal ini bisa diakali dengan aplikasi link2sd serta estaskmanager agar memory selalu lapang.

Gingerbread bodong ini rupanya memberikan banyak masalah seperti touchscreen yang tidak presisi serta suara camera yang tidak bisa di mute, amat di sarankan untuk segera diroot sehingga bisa memute camera dengan menginstal camera mute dari google play, root juga membuat touchscreen menjadi pas dan tepat sasaran. Cara paling mudah meroot MITO A78 adalah dengan menginstal poot.apk

Dan amat tidak disarankan untuk mengutak atik gingerbread MITO A78 ini, karena sulit sekali mencari firmware jika anda salah memasang costume rom dan ingin melakukan flash rom.


Performa
Procesor 1Ghz walaupun tipe MTK memang bukan isapan jempol, karena menjalankan beberapa aplikasi berat tanpa lag juga game-game HD bisa berjalan mulus.  Layar sebesar 4 inch enak dilihat walaupun tidak jelas berapa kedalaman warnanya. Baterai LI-Ion sebesar 1.400mAh tergolong amat sangat awet untuk browsing di daerah gampang sinyal 3G bisa seharian lebih, bahkan untuk standby bisa dengan 4 hari lebih. Dan untuk kamera dengan hanya 2 megapixel tidak ada yang istimewa standar biasa saja, sama halnya dengan samsung galaxy Y.
    

Kesimpulan setelah masa uji 1 minggu maka MITO A78 dengan IDR 800.000 hanya perlu pintar sedikit mengakali OS bodong dan memory, selebihnya MITO A78 ini bisa diandalkan untuk kebutuhan sehari-hari.

   Kelebihan:                                          
1.       Harga IDR 800.000
2.       Layar LCD 4 inch capasitive WVGA
3.       Procesor 1Ghz MTK
4.    Dual sim

Kekurangan:
1.       OS android gingerbread 2.3.5 bodong
2.       Headset murahan suara sember
3.       Memory bukan 4Gb tapi hanya 140MB 
, , , ]

33 comments:

  1. Bisa tethering hotspot wifi ga Gan,,,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan ane dah coba kok bisa wifi di rumah, tapi pas coba wifi di kantor rada susah connecnya. Curiganya sih kalau wifinya yang di protec ia rada ribet koneknya

      Delete
  2. maksimal bisa instal brp aplikasi.?? Bisa upgrade ke ICS ga.??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan udah di tulis sisa memory 140MB kalau instal apps ya ngga terhingga selama pakai link2 sd dan sudah di root, kalau tanya bisa berapa applikasi buat apa instal ke ICS? toh pasti ngga bakalan tau dan kerasa apa bedanya.

      Delete
    2. tapi mas kalo mw instal aplikasi lagi ya tinggal penyimpanannya diubah di kartu memory
      abang gwe bisa tuh

      Delete
    3. teteup aja untuk beberapa apps semisal facebook, kompas dan widget nggak bisa dipindah, harus internal. 140MB terlalu kecil apps beautiful weather aja bisa sampe 25MB

      Delete
  3. Namanya juga cina gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi dengan harga segitu dan fitur yang ada sih lebih dari lumayan, tinggal putar otak dikit aja buat ngakalin gingerbread yang bodong.

      Delete
  4. aku punya a 78 tak kasih aplikasi angry bird sampai 5 versi,poweramp,wechat,line,kakaotalk,equalizer,nos,poked rall,bahkan game se kelas real racing 3 berhasil ke instal.overall tak rugi pokoke

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau aplikasi mah sudah pasti bisa kan dia udah 1Ghz plus andreno, masalahnya ya itu dengan sisa memori 140 MB mesti mikir dua kali apa aja yang kudu diinstal

      Delete
  5. berarti smua kluaran mito a78 OS android gingerbread 2.3.5 nya bodong smua ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup gingerbread 2.3.5 yang masih kosong tanpa costumize, cuma sebagai base OS saja

      Delete
    2. maksudnya bodong gimana ya??

      Delete
    3. OS gingerbread 2.3.5 apa adanya, misal kalau mau pasang wallpaper cuma bisa landscape ngga bisa vertical, accelometer kadang jalan kadang ngga terus ngga di pasang swipe buat ngetik, ngga ada talkback. Singkat kata cuma buat jalan aja OS-nya ngga dikasih kelebihan apapun macam dihape merk global.

      Delete
  6. berarti smua kluaran mito a78, OS android gingerbread 2.3.5 nya bodongan smua gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya begitu dah udah bawaan dari pabriknya

      Delete
  7. bisa pake aplikasi path ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa di instal path karena sudah pakai GPU andreno 200, sayangnya hasil camera cenderung keputihan dan burem jadi harus pakai apps lain misal cymera sama hdr.

      Delete
  8. lo tgl 140, nginstal d memory bsa exsternal bsa gx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung aplikasinya kalau bisa di instal di memory ya bisa di pindahin tapi kalau ngga terpaksa di internal contohnya Facebook apps ini ngga bisa di instal di ekternal jadi terpaksa makan memory internal sama halnya dengan aplikasi widget dan launcher yang harus di instal di internal supaya bisa jalan.

      Delete
    2. Gan ane juga punya mito a78 kok gaa bisa ya ngedownload di play store
      Kata nya gini mulu gan
      "Penyimpanan yang tersedia tidak memindai"
      Ane mohonn pencerahan nya ya agan agan semua

      Delete
    3. Ya itu artinya memori internal kamu penuh! instal link2sd buat mindahin semua aplikasi di internal ke memori card dengan catatan harus di root terlebih dahulu.

      Delete
  9. mw tny clo upgrade ke android jellybean 4 bisa ga?

    ReplyDelete
  10. Kalau diliat dari specnya sih bisa untuk di upgrade ke jellybean, tapi berhubung ini merk lokal nggak ada yang sedian updatenya, kecuali googling sendiri cari yang cocok inget resiko ditanggung sendiri

    ReplyDelete
  11. makasih banyak gan, hampir aja ane beli ni hp, klu gitu ga jadi beli deh hahahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama btw inihape klo jatoh dikit erordah

      Delete
  12. cara hapus instagram gimana si?ga bisa terus mau di apgrade malah gagal katanya pemasangan gagal copot apl sebelumnya??ga ngerti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah bukannya gampang ya? Tinggal ke android setting terus manage application nah apus dah. Boo, masa setingan bahasa handphone lo pake Indonesia? No wonder tanya hal beginian

      Delete
  13. Kalo batrai a78 cocoknya sama batrai apa ya?
    Ada yg tau....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada yang cocok gan, kecuali mau beli sparepart sendiri ke mito service

      Delete
  14. kalo room ori nya ada? hp ane botloop nih,
    tulunnk, tulunk,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada om, ane juga udah nggak pake room ori pake room micromax ninja.

      Delete