Review Olympus SP-810UZ Proconsumer Hybird Bagi Travellers


Sebenarnya saya sudah hampir satu tahun memiliki proconsumer hybird ini, berhubung seri terbarunya sudah keluar jadi teringat belum sempat untuk mereview Olympus SP-810UZ. Sebenarnya camera ini termasuk DSLR dengan 14MP dan kemampuan superzoom mencapai 36X cukup untuk mencapai kulit bulan dan lebih dari cukup untuk mengintip apartemen sebelah. Sebagai hybird camera tentunya Olympus ini juga di jejali kemampuan fitur digital layaknya camdy, sebut saja beragam filter, membuat gambar 3D atau bahkan video HD. 
Sayangnya beragam fitur SLR dan camdy yang dijejali membuat pengoperasian DSLR ini tergolong sulit,   acap kali saya menyerah dalam mengatur iso,eksposure, macro jika ingin foto manual karena Olympus SP-810UZ sama sekali tidak memiliki eye level viewfinder semuanya harus dilakukan dalam layar selebar 3inchi. Mau tidak mau harus menyerah pada otomatis mode, hybird ini pun ternyata tidak memiliki EVF atau image stabilizer yang menjadikannya kelemahan terbesar, dengan kata lain gambar akan mudah goyang.Tapi anehnya fitur AF sangat baik bisa pilih on spot atau track, memfoto objek yang bergerak bukan masalah besar.
Diluar kelemahan terbesarnya tanpa EVF, Olympus SP-810UZ ini merupakan camera traveller yang compact dan komplit. Kualitas fotonya satu tingkat di bawah SLR tapi jangan bandingkan dengan camera digital biasa manapun karena Olympus SP-810UZ kuat dalam detail namun kurang dalam menampilkan warna. hal ini bisa diatasi dengan memakai fitur filter ala instagram agar warna yang dihasilkan bisa lebih keluar.
Secara keseluruhan Olympus SP-810UZ ini mampu memenuhi kebutuhan para travellers yang tidak mau ribet harus membawa SLR besar dengan beragam lensa atau travellers yang ogah liburannya hanya diabadikan lewat camdy yang menghasilkan gambar sekelas camera ponsel aka biasa saja.
  
 note: untuk sample foto silahkan click labels fotografi olympus

, , , ]

1 comments :

  1. Thanks for review, it was excellent and very informative.
    thank you :)

    ReplyDelete

subscribe by email

 

Social media share

Google adtag

Pop Up Facebook

Feedburner